Gara-Gara Ciutan? 7 Sutradara yang Hengkang dan Dipecat dari MCU

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 22 April 2022, 14:00
Menjadi sutradara adalah sebagai seorang penentu suatu kesuksesan film. Tapi beberapa sutradara ini hengkang dan dipecat saat film masih produksi.

Dalam sebuah produksi film, sutradara merupakan salah satu sosok terpenting selain pemeran utama.

Peran sutradara sebagai pengarah proses syuting memiliki tanggung jawab besar terhadap keberhasilan proses dan hasil dari suatu film. Namun, beberapa sutradara ternyata gak bisa memberikan hasil yang maksimal bahkan sutradara yang memiliki prilaku buruk, geng.

Hal ini bisa membuatnya ditarik dari kursi sutradara, meskipun proses produksi film masih berlangsung. Posisi sutradara ini pun akan langsung digantikan oleh pengganti yang lebih kompeten dan dianggap bisa membawa film tersebut menjadi sukses.

Kalau pemeran utama yang dipecat dari suatu film mungkin bagi kamu biasa karena bisa jadi alasannya adalah aktor yang gak cocok menjadi karakter itu. Tapi gimana dengan sutradara?

Sutradara pun bisa dipecat dari suatu film loh, geng. Selain dipecat, ada juga beberapa sutradara yang malah hengkang dari film yang masih diproduksi.

Nah, film Marvel merupakan film superhero yang selalu mendapatkan kesuksesan, gak heran kalau beban sebagai sutradara untuk film Marvel memiliki tanggung jawab yang besar.

Bukan hanya permintaan dari bos Marvel-nya saja, tapi juga ekspektasi penggemar yang tinggi harus dipenuhi oleh sang sutradara. Karena bebannya ini membuat sang sutradara hengkang atau bahkan dipecat saat syuting masih dalam proses.

Biar kamu gak makin penasaran, langsung aja cek daftarnya di bawah ini.

ADVERTISEMENT

1. Patty Jenkins

Sutradara pertama yang memutuskan untuk hengkang dari film Marvel adalah Patty Jenkins dari film Thor: The Dark World. Film kedua dari Thor ini memang punya sejarah yang kacau dalam produksinya, geng.

Sejak awal dipilihnya Patty Jenkins untuk menyutradarai Thor 2, Jenkins selalu bilang ingin membawa film ini seperti Space Opera dengan sentuhan Romeo and Juliet. Kemudian, sutradara wanita pertama di MCU ini keluar dari proyek film tersebut dengan alasan bahwa dirinya bukan sutradara yang tepat untuk film ini.

Patty Jenkins digantikan oleh sutradara lain, yaitu Alan Taylor. Jenkins mengaku bahwa ia pesimis dengan jalan cerita ingin buat. Ia khawatir dirinya akan disalahkan atas kegagalan dari film ini jika tetap berada di proyek tersebut.

Nyatanya benar, film Thor: The Dark World terbilang sebagai salah satu film yang tidak disukai dari seluruh film yang ada di MCU.

2. Edgar Wright

Sutradara Edgar Wright mundur dari pembuatan film superhero Marvel "Ant-Man".

Alasan Wright mundur dari film yang dibintangi oleh Paul Rudd ini karena perbedaan visi dan ide terkait film "Ant-Man". Cukup banyak orang yang kecewa dengan pengumuman ini karena sejak awal keterlibatan Edgar Wright sendiri menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk film Ant-Man.

Edgar Wright sudah mulai bekerja untuk project Ant-Man dari tahun 2006 dan terdaftar sebagai co-writer dan co-produser. Wah lama juga ya, geng.

3. Joss Whedon

Sutradara Joss Wedon mengundurkan diri dari MCU setelah menyelesaikan film The Avengers: Age of Ultron. Joss Whedon mengaku nggak tahu lagi apa yang harus dilakukan untuk film Marvel selanjutnya, terutama terhadap sang penjahat utama, Thanos (Josh Brolin).

Posisi Joss Whedon digantikan oleh Russo Brothers yang sukses membawa karakter Thanos ke layar lebar.

Meski sudah keluar dari MCU, Joss Whedon masih meneruskan menggarap serial televisi Agent Of Shield yang juga salah satu produk Marvel.

4. James Gunn

Kali ini bukan sutradara yang hengkang, melainkan dipecat dari film Marvel. James Gunn sutradara dari film Guardians of the Galaxy dipecat oleh pihak studio.

Alasan pemecatan Gunn dikarenakan kicauan-kicauan lama yang dilakukannya di Twitter. Kicauan lama itu muncul kembali dan menunjukkan lelucon menghina tentang pemerkosaan dan pedofilia.

Setelah kejadian pemecatan, Gunn pun meminta maaf pada malam harinya, dan menerima keputusan studio yang sudah memecatnya. Tak lama berselang, akhirnya pihak Disney selaku pemilik Marvel mempekerjakan kembali Gunn untuk seri ketiga Guardian of The Galaxy.

5. Jon Watts

Jon Watts merupakan sutradara dari film Spider-Man: Homecoming dan Spider-man: Far From Home. Jon Watts dikatakan sebagai salah satu sutradara jenius yang berhasil membawa nuansa baru bagi karakter Spider-Man.

Kemunculan berita Disney dan Sony sedang dalam tahap negosiasi baru mengenai kerjasamanya selama ini, membuat beberapa media mainstream justru memberitakan bahwa Spider-Man keluar dari MCU.

Dari konflik yang terjadi antara Sony dan Marvel ini, berimbas dengan mundurnya Jon Watts dari kursi sutradara film Spider-Man. Dengan berakhirnya konfilk antara Disney dan Sony, Jon Watts pun kembali menyutradarai film ketiga Spider-Man yaitu No Way Home yang dirilis pada akhir tahun 2021 dan menuai sukses besar.

6. Ava DuVernay

Kali ini bukan sutradara yang hengkang, maupun dipecat. Sutradara yang melejit berkat film Selma (2014) sekaligus nomine "Best Picture" di ajang Academy Awards 2015 ini, Ava DuVernay (42) sempat dirumorkan akan menyutradarai film superhero Black Panther.

Marvel Studios telah berdiskusi dengan Duvernay tentang kemungkinan menyutradarai Captain Marvel atau Black Panther.

DuVernay mengungkapkan kepada Essence Magazine, telah melepas kesempatan menyutradarai film Black Panther karena perbedaan visi cerita.

7. Scott Derrickson

Daftar sutradara yang keluar dari film Marvel yang terakhir adalah Scott Derrickson yang awalnya sebagai sutradara film Doctor Strange 2.

Belum mulai produksi, sang sutradara Scott Derrickson sudah dikabarkan keluar atau mengundurkan diri dari proyek sekuel film Doctor Strange.

Tentu saja ini adalah berita yang cukup mengejutkan karena Scott Derrickson sendiri adalah sutradara yang menggarap film Doctor Strange pertama.

Alasan keluarnya Scott Derrickson dari proyek Film Doctor Strange 2 dikarenakan adanya perbedaan kreatif.

Akhir Kata

Nah, itu dia beberapa sutradara yang hengkang dan dipecat dari film yang diproduksinya. Ternyata dibalik suksesnya film Marvel ada konflik di baliknya ya, geng.

Share pendapat kamu di kolom komentar bawah, ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ersa Syabilla Hasanah.

ARTIKEL TERKAIT

7 Aktor dan Sutradara yang Saling Benci, Bikin Film Gagal Total!

7 Aktor yang Bertengkar dengan Sutradara saat Produksi Film, Gak Profesional!

7 Aktor yang Sukses Banting Setir Jadi Sutradara, Cari Tantangan Baru?

7 Film Terburuk yang Disutradarai Sutradara Terkenal, Gak Layak Tonton!

7 Sutradara yang Membenci Film Superhero, Iri Bilang Bos!

7 Sutradara yang Membenci Filmnya Sendiri, Banyak Film Gagal!

undefined
Kembali Keatas