GOKIL! Robot Ini Bisa Dikendalikan Oleh Pikiran Manusia!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 26 August 2015, 12:00
Sebuah teknologi bernama exoskeleton dikembangkan oleh peneliti di Jerman dan Korea. Gokilnya, robot ini dikendalikan oleh pikiran manusia.

Pernahkah kamu berkhayal suatu saat kamu bisa mengendalikan robot dengan pikiranmu sendiri dan menyuruhnya sesuka hatimu? Bersiaplah karena mungkin sebentar lagi khayalan itu menjadi nyata. Sebuah teknologi dikembangkan oleh peneliti di Jerman dan Korea. Gokil! Robot ini dikendalikan oleh pikiran manusia.

Kalau kamu berpikir tentang robot seperti di Real Steel atau Pacific Rim, mungkin kamu akan kecewa tapi dengan adanya teknologi seperti ini, bukan mustahil suatu saat robot seperti dalam film Pacific Rim akan menjadi kenyataan. Exoskeleton adalah perangkat robot yang dipakai pada kaki seseorang. Gokil! Robot inilah yang bisa dikendalikan melalui pikiran seseorang melalui alat bantu lainnya yang menyerupai topi dan dikenakan di kepala. Topi atau helm ini ditutupi dengan elektroda yang memfasilitasi hubungan antara otak dan mesin.

BACA JUGA
  • MENGEJUTKAN! Inilah Robot Pertama Yang Melakukan Pembunuhan di Jerman
  • Gila! Fans STAR WARS Bikin BB-8 Droid Jadi Nyata!

Exoskeleton merupakan sebuah robot yang diciptakan para ilmuwan guna menolong orang dengan keterbatasan fisik tidak bisa berjalan seperti mereka yang menderita cedera tulang belakang yang parah atau orang-orang dengan penyakit neurodegenerative, seperti amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Banyak peneliti yang bekerja untuk membangun teknologi yang bisa membantu orang-orang untuk memperoleh kembali kontrol atas pergerakan tubuh mereka melalui kombinasi antara robot dan kekuatan otak (awalnya disebut brain-computer interface control systems).

Pada tahun 2012 ada seorang penderita stroke yang menggunakan mind-controlled robotic arm namun diharuskan untuk menjalani operasi otak agar robotic arm yang dipakainya berfungsi dengan baik. Kerennya, robot exoskeleton yang dikembangkan oleh peneliti di Korea University di Seoul dan Technical University (TU) of Berlin tidak membutuhkan operasi otak untuk menjalankannya.

Alih-alih operasi otak, pengguna robot exoskeleton hanya membutuhkan topi yang terdiri dari elektroda kecil yang melekat pada kulit kepala. Topi ini disebut skullcaps yang menjadi penghubung otak pengguna dengan robot exoskeleton. Hal ini biasanya digunakan dalam electroencephalograms (EEG), yakni sebuah metode pencatatan aktifitas listrik dengan menempatkan bahan konduktif pada kulit kepala (gelombang otak kemudian dipindai pada grafik layaknya denyut jantung).

Sepertinya teknologi memang berkembang ke arah yang lebih baik. Mungkin sepuluh atau dua puluh tahun dari sekarang, tidak akan ada lagi orang yang tidak bisa berjalan karena keterbatasan fisiknya. Bagaimana menurut kamu sendiri? Tinggalkan komentar pada kolom komentar di bawah ini ya!

Transformers Age of Extinction 1.8
Games DeNA corp
DOWNLOAD
Battle Mechs
Games RPG Asgard Venture
DOWNLOAD

Sumber: Live Science

Artikel Menarik Lainnya

Kembali Keatas