Asyik, Kini Kamu Bisa Akses Wikipedia Secara Offline di Smartphone!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 28 July 2015, 10:59
Ya, Wikipedia baru saja melengkapi aplikasi Android dan iOS nya dengan fitur Save Page sehingga kamu dapat menikmati artikel tertentu dimanapun dan kapanpun tanpa harus terhubung dengan internet.

Sebenarnya di era serba canggih saat ini, koneksi internet yang mumpuni memang merupakan hal yang diperlukan ya. Namun di negara Indonesia, koneksi tersebut masih merupakan impian setiap orang. Nah Wikipedia rupanya mengerti akan hal itu dan akhirnya menyediaan fitur yang bisa membuat kamu dapat menikmati setiap tulisan yang kamu inginkan melalui situs ensiklopedia terbesar di dunia tersebut, bahkan tanpa perlu koneksi internet sama sekali.

Ya, Wikipedia baru saja melengkapi aplikasi Android dan iOS nya dengan fitur Save Page sehingga kamu dapat menikmati artikel tertentu dimanapun dan kapanpun tanpa harus terhubung dengan internet. Fitur ini cocok sekali untuk kamu gunakan ketika sedang bepergian ke tempat yang sulit terhubung dengan internet, namun membutuhkan informasi dari Wikipedia.

Langkah penggunaan fitur ini juga gampang kok. Bagi pengguna Android, kamu hanya perlu menekan tombol opsi (tombol garis tiga) dan pilih Save Page. Selain itu ,bagi kamu pengguna iOS, kamu hanya perlu menekan tombol hati di bagian bawah layar dan artikel yang dikehendaki pun akan langsung tersimpan. Mudah bukan? Nah apabila kemudian kamu ingin mengakses kembali halaman tersebut, kamu hanya perlu ke main menu di aplikasi Wikipedia dan pilih Saved pages.

Keuntungan dari Wikipedia Offline ini apa sih?

Salah satu keuntungannya adalah, ketika kamu harus bepergian menggunakan pesawat dan mengharuskan smartphone kamu dalam mode airplane, maka kamu bisa membaca halaman Wikipedia tanpa harus membutuhkan koneksi internet lagi deh. Selain itu, apabila kamu sedang berada di tengah alam bebas dan harus bermalam di tengah hutan, maka kamu bisa menyiapkan Wikipedia Offline sebagai bahan survival demi mengetahui mana tanaman yang layak untuk dimakan maupun yang beracun. Selamat mencoba!

Wikipedia 2.5.191
Apps Productivity Wikimedia Foundation
DOWNLOAD

Sumber: Field Guide

Artikel Menarik Lainnya:

Kembali Keatas