Jangan Ngaku ALAY Sejati Kalau Facebook Kamu Belum Pake Fitur Ini!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 17 Juli 2015, 08:59
Kata siapa cuma manusia yang bisa pakai bahasa alay? Untuk kamu para mantan alay, Facebook secara official menyediakan tulisan alay sebagai bahasa antar mukanya

Siapa sih yang tidak tau bahasa alay? Jaka jamin hampir semua anak muda saat ini mengetahuinya, atau bahkan kamu sendiri juga menggunakan bahasa atau tulisan alay? Tenang, kali ini kita gak akan membahas tentang kegemaranmu itu kok. Jaka melalui artikel ini akan memberi tau bahwa Facebook juga secara official menyediakan bahasa antar muka yang mirip dengan tulisan alay kok. Namanya Leetspeak.

Leetspeak merupakan jenis bahasa slang yang pertama kali muncul dalam Bulletin Board System (BBS) sekitar tahun 1980-an. Bahasa leet digunakan oleh para user elite di forum tersebut untuk menghindari filter yang dipasang oleh moderator untuk memantau dan menghindari munculnya percakapan antar user mengenai topik-topik sensitif seperti hacking dan cracking. Secara umum leetspeak menggunakan dua corak dalam mengganti suatu kata menjadi bentuk baru, yaitu merubah huruf dalam suatu kata menjadi seolah salah ketik dan merubah kata tersebut menjadi seperti ASCII art yang terdiri dari huruf, angka, maupun simbol.

Apa hubungannya sama Facebook? Sekarang kamu coba deh klik tanda panah kebawah yang ada di kanan atas facebookmu dan pilih Setting. Di sana kamu akan menemukan pilihan untuk merubah bahasa (Language). Kemudian pilihlah bahasa ** Leet speak"**. Bagaimana? Sudah cukup pusing?

Facebook memasukkan bahasa ini ke pilihan antar mukanya sebagai penghormatan terhadap bahasa yang dulu sempat populer di ranah internet tersebut. Jadi kamu para mantan alay bisa bernostalgia deh hehe. Selamat mencoba!

Facebook Home 1.3
Apps Social & Messaging Facebook, Inc.
DOWNLOAD

Artikel Menarik lainnya:

undefined
Kembali Keatas