8 Film Horor dengan Adegan Jumpscare Terbaik & Terburuk, Mana yang Paling Seram?

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 20 November 2019, 20:00
Menjadi salah satu unsur penting dalam film horor, berikut adalah beberapa film horor dengan adegan jumpscare terbaik dan terburuk yang pernah ada.

Siapa di antara kamu yang suka menonton film-film horor?

Demi menciptakan situasi tegang dan menyeramkan, umumnya para film maker akan menyelipkan adegan-adegan jumpscare yang membuat susana horor semakin terasa.

Meskipun menjadi jantungnya dari film horor, tapi tak jarang adegan-adegan jumpscare tersebut disajikan secara kurang sempurna atau bahkan terlalu sempurna sehingga sukses membuat para penonton ketakutan.

Nah, di artikel kali ini Jaka bakal bahas beberapa film horor yang menampilkan adegan jumpscare terbaik sekaligus terburuk.

Film Horor dengan Adegan Jumpscare Terbaik

Meskipun ada beberapa film horor tanpa adegan jumpscare yang tetap mampu menyajikan suasana horor, tapi adegan tersebut justru jadi daya tarik tersendiri bagi film dengan genre ini.

Berikut adalah beberapa film horor dengan adegan jumpscare terbaik yang mampu membuat penontonnya jantungan.

1. The Conjuring (2013)

Disutradarai oleh sutradara handal film-film horor populer, James Wan, film The Conjuring bercerita tentang sebuah keluarga yang dihantui oleh roh-roh jahat di rumah tempat mereka tinggal.

ADVERTISEMENT

Terinspirasi dari kisah nyata yang dialami oleh keluarga Warren, film The Conjuring berhasil menyajikan nuansa horor lengkap dengan adegan jumpscare-nya.

Menariknya, adegan jumpscare yang muncul setiap beberapa menit tersebut disajikan dengan sangat baik dan nggak pernah terduga sehingga berhasil membuat penonton menjerit ketakutan.

Oleh karenanya nggak mengherankan kalau film yang berdasarkan kisah nyata ini mendapat rating bagus dari para kritikus di situs Rotten Tomatoes.

2. It (2017)

Film yang diadaptasi dari novel karya Stephen King dengan judul serupa ini jadi film horor dengan adegan jumpscare terbaik selanjutnya, geng.

Mengambil setting di tahun 1980-an, film It bercerita tentang sekelompok anak-anak yang diteror oleh hantu bernama "Pennywise" yang memanifestasikan dirinya sebagai mimpi terburuk setiap anak.

Berkat tangan berbakat sutradara Andy Muschietti, adegan-adegan jumpscare yang ditampilkan di film It mampu memberikan ketegangan di setiap momennya.

3. The Babadook (2014)

Dirilis pada tahun 2014 lalu, film The Babadook menjadi salah satu film horor dengan adegan jumpscare terbaik yang benar-benar dapat membuat penontonnya teriak histeris.

Terbukti, film horor satu ini telah berhasil mendapat pujian dari para kritikus saat penayangannya di Festival film Sundance 2014 silam.

Film The Babadook sendiri bercerita tentang sebuah buku dongeng misterius yang berubah menjadi teror menyeramkan.

4. The Orphanage (2007)

Bukan cuma berhasil membangun nuansa mistis lewat kehadiran arwah-arwah menyeramkan saja, film The Orphanage juga menawarkan sejumlah jumpscare yang semakin menambah kesan horornya.

Terlebih plot twist yang disajikan dalam film ini juga mampu membuat cerita semakin menegangkan.

Film yang dirilis pada tahun 2007 ini sendiri bercerita tentang Laura yang berusaha menghidupkan kembali sebuah panti asuhan menjadi panti anak-anak cacat.

Film Horor dengan Adegan Jumpscare Terburuk

Tak dapat dipungkiri kalau adegan jumpscare menjadi salah satu unsur yang menjadi alasan ketakutan para penontonnya.

Tapi sayangnya beberapa film horor berikut ini justru menampilkan adegan jumpscare yang dinilai sangat buruk lho. Apa saja filmnya? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

5. The Nun (2018)

Menjadi salah satu film horor yang paling dinanti kehadirannya pada tahun 2018 lalu, siapa sangka kalau ternyata banyak pecinta film horor yang merasa kecewa dengan film satu ini lho.

Film The Nun bahkan dianggap memiliki plot yang nggak jelas dan bisa dibilang gagal dalam membangun ketegangan di dalam ceritanya.

Valak yang merupakan hantu utama dalam film ini justru nggak ditampilkan dengan cara yang sama seramnya dengan yang ada di film The Conjuring 2.

6. Insidious: The Last Key (2018)

Meskipun banyak yang menanggap kalau cerita dalam film Insidious: The Last Key cukup menyeramkan, tapi nggak sedikit juga orang yang menilai kalau adegan jumpscare dalam film ini nggak cukup bagus, geng.

Hal itu didasari oleh kesuksesan yang berhasil diraih oleh seri pertama franchise film Insidious yang ditayangkan pada tahun 2010 lalu.

Bahkan, banyak pihak yang menilai kalau film Insidious: The Last Key hanya menjual nama besar franchise film Insidious saja lho.

7. Ouija (2014)

Disutradarai oleh Stiles White, Ouija rupanya jadi film horor dengan adegan jumpscare terburuk selanjutnya, geng.

Mengandalkan unsur jumpscare di dalam ceritanya, tapi siapa sangka kalau justru hal itulah yang membuat film ini terlihat terlalu memaksakan.

Terlebih film prekulenya, Ouija: Origin of Evil yang mendapat review baik dari para kritikus hanya menambah buruk film horor satu ini.

8. The Woman in Black (2012)

Dibintangi oleh aktor ternama Daniel Radcliffe, film yang diadaptasi dari sebuah novel karya Susan Hill berjudul The Woman in Black ini jadi film berikutnya yang memiliki adegan jumpscare terburuk.

Hal itu dikarenakan film ini menawarkan plot yang nggak ada di dalam novel untuk memberikan kesan seram bagi penonton.

Sayangnya, banyak pihak yang menilai kalau hal tersebut nggak dilakukan dengan cukup baik. Terlebih film ini juga dibuat dengan rating PG-13 yang artinya banyak adegan yang dibuat ramah untuk ditonton anak-anak.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa film horor dengan adegan jumpscare terbaik dan terburuk yang sudah Jaka kumpulkan khusus buat kamu.

Meskipun menjadi unsur penting dalam sebuah film horor, tapi hal itu juga rupanya bisa jadi malapetaka pada keseluruhan cerita yang disajikan lho.

Baca juga artikel seputar Film Horor atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

10 Adegan Gak Masuk Akal yang Selalu Ada di Film Horor, Klise Abis!

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!

10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata

10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!

25 Film Indonesia Terbaik & Terbaru 2020 | Banyak Drama & Horor!

Ngeri Abis!! 10 Film Horor Ini Terkena Kutukan Sungguhan

Kembali Keatas