7 Perusahaan Teknologi Tertua di Dunia | Samsung Paling Legend?

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 30 Agustus 2019, 14:00
Dari sekain banyak perusahaan teknologi yang ada saat ini, kira-kira perusahan apa, sih, yang umurnya paling tua? Penasaran? Yuk, simak artikelnya berkut ini!

Berbicara mengenai teknologi, saat ini ada banyak sekali perusahaan teknologi baru yang bermunculan di berbagai wilayah di seluruh dunia.

Hal ini tentunya berbanding lurus dengan pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, geng.

Tapi, dari sekian banyak perusahaan teknologi tersebut, kamu tahu nggak, sih, perusahaan apa yang paling tua di dunia, geng?

Daripada penasaran, mending simak saja, yuk, artikel Jaka selengkapnya berikut ini.

Perusahaan Teknologi Tertua di Dunia

Telah hadir sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu, berikut adalah beberapa perusahaan teknologi tertua yang ada di dunia.

1. General Electric Company (1892)

Sebelum komputer, aplikasi perangkat lunak, dan internet semakin canggih seperti sekarang, lampu merupakan salah satu penemuan teknologi terbaik pada masanya, geng.

Berawal dari sebuah perusahaan bola lampu pijar dan peralatannya, General Electric Company kemudian melebarkan sayap bisnisnya dengan berfokus pada sektor kesehatan, aviasi, dan energi.

ADVERTISEMENT

General Electric Company atau yang lebih dikenal dengan sebutan GE sendiri awalnya merupakan gabungan dari dua perusahaan yang sempat bersaing saat itu.

Kedua perusahaan tersebut adalah Edison General Electric Company yang dibangun oleh Thomas Alva Edison pada 1890 dan Thomson-Houston Company. Keduanya kemudian bergabung pada tahun 1892.

Itu artinya, perusahaan GE ini sudah hadir memenuhi kebutuhan konsumennya sejak 127 tahun yang lalu. Wah, sudah tua banget ya, geng?

2. AT&T (1901)

American Telephone & Telegraph Company atau yang sering disingkat AT&T adalah perusahaan yang menyediakan jasa telekomunikasi internet, suara, video, data, dan jasa profesional lainnya untuk bisnis, rumah tangga, dan lainnya.

Dengan beragam produk yang dijualnya, AT&T pernah menjadi perusahaan ketiga terbesar di Teexas pada tahun 2012 lalu.

Menelusuri awal berdirinya perusahaan ini, AT&T awalnya adalah salah satu anak perusahaaan Bell Telephone Company yang didirikan pada tahun 1877 oleh Alexander Graham Bell setelah penemuan teleponnya.

AT&T kemudian menjadi perusahaan utama setelah mengakusisi perusahaan Bell pada 31 Desember 1899 karena alasan hukum dan resmi terdaftar di NYSE dua tahun kemudian yaitu pada 1901.

Jika menghitung tahun berdirinya perusahaan ini, itu artinya perusahaan AT&T saat ini sudah berumur 118 tahun lho, geng.

3. IBM (1915)

Menjadi salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia, mungkin sebagian dari kamu sudah nggak asing lagi dengan nama perusahaan satu ini, ya, geng.

International Business Machines (IBM) adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual software dan hardware komputer.

Sebelum dikenal sebagi perusahaan penyedia software dan hardware komputer, IBM awalnya adalah perusahaan Computing-Tabulating-Recording (CTR) yang membuat mesin tabulasi.

Nama CTR kemudian terdaftar di NYSE pada tahun 1915 dan mulai mengadopsi nama IBM beberapa tahun setelahnya. Saat ini, perusahaan IBM sendiri sudah berumur 104 tahun.

4. Xerox (1936)

Perusahaan teknologi tertua di dunia selanjutnya adalah Xerox yang kini sudah berumur 83 tahun.

Xerox adalah perusahaan global Amerika yang menjual produk dan layanan dokumen cetak dan digital di lebih dari 160 negara di dunia.

Perusahaan ini awalnya bernama Haloid Company, perusahaan pembuat kertas dan peralatan fotografi.

Pada tahun 1936, Haloid kemudian mulai menjual saham kepada publik meskipun namanya belum terdaftar di New York Stock Exchange (NYSE) hingga tahun 1961.

Kemudian, pada tahun yang sama perusahaan ini mulai mengadopsi nama Xerox.

5. Texas Instruments (1953)

Texas Instruments (IT) adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang berpusat di Dallas, Texas, Amerika Serikat, yang mengembangkan dan memasarkan semikonduktor dan teknologi komputer.

Perusahaan TI awalanya didirikan dengan nama Geophysical Service Incorporated dan berubah menjadi Texas Instruments pada tahun 1951.

Meskipun begitu, tapi perusahaan ini baru terdaftar di bursa efek New York dua tahun setelahnya, yaitu 1953.

Saat ini perusahaan Texas Instruments sendiri sudah menginjak usia yang cukup tua yaitu 66 tahun, geng.

6. Sony (1946)

Sempat ikut meramaikan pasar gadget Indonesia, nama besar Sony tentunya sudah banyak dikenal oleh publik.

Sony sendiri adalah perusahaan elektronik yang berpusat di Tokyo, Jepang, dan menjadi salah satu perusahaan terbesar di Jepang dan dunia.

Awalnya Sony didirikan dengan nama perusahaan Telekomunikasi Tokyo dengan sekitar 20 karyawan dan produk pertama yang mereka jual adalah rice cooker.

Namun, saat ini Sony sendiri lebih memfokuskan penjualannya pada barang elektronik seperti HP, TV, kamera, dan lainnya.

Didirikan pada tahun 1946, itu artinya saat ini perusahaan Sony sudah menginjak usia 73 tahun, geng.

7. Samsung (1938)

Siapa sangka kalau umur salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia ini juga sudah tua lho, geng.

Didirikan oleh Lee Byung-chull pada 1 Maret 1938 di Korea Selatan, Samsung telah beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja.

Selain produk HP Android yang terkenal, Samsung juga menjual beberapa produk elektronik lainnya seperti TV, kamera, AC, dan masih banyak lagi.

Samsung sendiri saat ini sudah memasuki usia 81 tahun.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa perusahaan teknologi tertua yang ada saat ini, geng.

Ternyata, perusahaan-perusahaan raksasa teknologi di atas sudah cukup tua juga, ya, geng. Bahkan ada di antaranya yang sudah berumur lebih dari 100 tahun.

Baca juga artikel seputar Perusahaan Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

7 Benda Termahal yang Dimiliki Bos Perusahaan Teknologi, Harganya Bikin Merinding!

10 Istri CEO Teknologi Tercantik yang Bikin Semangat Kerja, Nomor 7 Model Cuy!

7 Bos Teknologi Paling Kejam di Dunia, Steve Jobs Paling Dibenci Karyawannya?

7 Bos Teknologi Dengan Rumah Paling Mewah, Nomor 5 Punya Pulau Pribadi!

China Sudah Siap dengan Jaringan 6G, Indonesia Masih Heboh Sama Segitiga!

Sering Dikira Punya Barat, Ternyata Brand & Perusahaan Teknologi Terkenal ini Berasal dari China!

undefined
Kembali Keatas