7 Teknologi Militer Terkuat Korea Utara, Lebih Canggih dari Amerika?

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 24 Agustus 2019, 21:00
Seberapa kuat militer Korea Utara saat ini? Untuk menggambarkan kekuatannya, berikut adalah sejumlah teknologi militer Korea Utara yang paling mengerikan!

Seberapa kuat militer Korea Utara? Teknologi apa yang mereka miliki untuk sistem pertahanan negara?

Korea Utara selalu dikenal sebagai negara yang tertutup dan memiliki sejumlah kekuatan militer yang cukup besar. Bahkan, negara ini memiliki program nuklir.

Tak hanya itu, kekuatannya pun didukung dengan sejumlah teknologi perang lain yang dapat menyerang maupun mempertahankan negara dari serangan darat, udara, dan laut.

Berikut adalah sejumlah teknologi militer yang dimiliki oleh Korea Utara. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

Teknologi Militer Terkuat Korea Utara

Korea Utara adalah sebuah negara di bagian Asia Timur yang meliputi bagian utara Semenanjung Korea. Negara ini selalu dikenal sebagai negara yang tertutup.

Bahkan, warganya pun memiliki kesulitan untuk menggunakan produk dari luar. Alhasil, suasana sebagaian kota di Korea Utara terasa seperti 'berhenti' dalam satu waktu.

Pakaian yang dikenakan dan model rambut masyarakatnya sangat monoton. Hal ini sangat bertolak-belakang dengan Korea Selatan. Walau begitu, Korea Utara memiliki sejumlah persenjataan yang kuat.

ADVERTISEMENT

Bahkan, saat ini dikatakan ada sekitar 20 hingga 30 senjata nuklir yang siap untuk digunakan. Sehingga menjadikan Korea Utara sebagai salah satu negara yang ditakuti.

Selain senjata nuklir, teknologi militer apa yang dimiliki oleh Korea Utara?

1. Nongo-Class Missile Boat

Pertama adalah sebuah senjata yang digunakan oleh militer angkatan laut Korea Utara bernama Nongo-Class Missile Boat.

Perahu militer ini memiliki senjata yang kuat dan kecepatan yang luar biasa karena dapat melaju hingga 50kts atau 92 km/jam.

Senjata yang digunakan adalah sebuah pistol berpeluru 76mm, rudal anti-kapal 4 x Kh-35, dan pistol Gatling 30mm.

Saat ini, diperkirakan hanya ada 6 Nongo-Class Missile Boat dan akan diperbanyak di waktu yang akan datang.

2. KN-09 MLRS

Selanjutnya adalah sebuah mobil yang membawa roket bernama KN-09 MLRS. Teknologi ini mampu menghabisi musuh dalam radius 200 km berkat senjata roket 8 x 300mm.

Kekuatan senjata ini dikatakan mampu melebihi kekuatan Smerch MLRS milik Rusia. Senjata ini memiliki sistem pengisian ulang peluru yang lebih canggih.

Musuh yang menyerang dari daratan dijamin akan kewalahan dalam menghadapi senjata yang satu ini. Amerika Serikat namapknya harus waspada dengan teknologi perang Korut yang satu ini.

3. MiG-29S 'Fulcrum'

Untuk urusan pertahanan udara, pesawat MiG-29S 'Fulcrum' ini jagoannya. Pesawat tempur ini adalah bagian dalam Korean People's Air Force (KPAF).

Pesawat ini membawa 6 buah misil udara yang terdiri dari R-60 dan R-27 air to air, terletak di masing-masing sayap pesawat. Seluruh kekuatan pesawat ini digunakan oleh Kumsong Guard Air Regiment ke-55.

Kamu ingin mencoba naik pesawat jet kece ini, geng?

4. Nodong Medium Range Ballistic Missile

Selain KN-09 MLRS, Korea Utara juga memiliki teknologi senjata untuk darat bernama Nodong Medium Range Ballistic Missile. Senjata ini masuk dalam daftar misil jarak medium.

Nodong Medium Range Ballistic Missile dapat menyerang musuh dalam radius 1500km dan memiliki akurasi yang sangat baik berkat fitur CEP (Circular Error Probability).

Kendaraan yang digunakan ditenagai oleh bahan bakar cair dan dapat menampung beban hingga 1000kg. Sehingga segala jenis rudal atau nuklir sekalipun dapat ditampung.

5. KN-06 Pongae-5 Surface to Air Missile

KN-06 Pongae-5 Surface to Air Missile adalah sebuah senjata yang baru-baru ini dikembangkan oleh Korea Utara. Teknologi militer ini didasari oleh truk 6x6 Kamaz dan dilengkapi dengan 2 hingga 3 rudal.

Tiap ruang misil dinamakan dengan Transporter Erector Launcher (TEL) yang mampu meluncurkan misil dalam radius 150km. Bukan hanya digunakan untuk pertahanan darat, senjata ini juga bisa untuk pertahanan udara.

KN-06 sering dibandingkan dengan senjata pertahanan Rusia bernama S300. Namun, KN-06 ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar. Mantap!

6. Koksan M-1989 170mm Self-Propelled Howitzer

Nah, kalau Koksan M-1989 170mm Self-Propelled Howitzer ini sering digadang-gadang menjadi salah satu teknologi militer Korea Utara yang paling kuat dalam hal pertahanan darat.

Koksan M-1989 ini kabarnya pernah di ekspor ke Iran saat perang saudara Iraq-Iran terjadi, geng.

Senjata utaman tank baja ini menggunakan peluru 170mm yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa berfungsi.

Tak hanya itu, ada juga sebuah pistol turret di dalam tank canggih ini. Tank ini dikatakan mampu menampung hingga 12 peluru dan mampu membasmi musuh dalam radius 60 km. Luar biasa!

7. KN-08 Inter-Continental Ballistic Missile

Terakhir adalah salah satu senjata yang paling mengerikan dari Korea Utara bernama KN-08 Inter-Continental Ballistic Missile. Senjata ini mampu membawa segala jenis rudal.

KN-08 pun dikatakan mampu meluncurkan misil dalam radius 8 hingga 10 ribu kilometer. Sehingga mampu mencapai negara AS jika peperangan terjadi.

Senjata ini pertama kali ditampilkan dalam sebuah parade dengan bentuk seperti sebuah truk kayu yang dimodifikasi dengan sebuah Transporter Erector Launcher (TEL). Buset!

Saat ini, teknologi perang ini masih sekadar mockup saja dan belum resmi beroperasi dan dipakai oleh militer Korea Utara.

Akhir Kata

Itu dia teknologi militer Korea Utara yang paling kuat dan mengerikan. Sebagian di antaranya sudah digunakan dan lainnya masih dalam masa pengembangan.

Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Teknologi Senjata atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi

ARTIKEL TERKAIT

10 Teknologi Perang Paling Canggih Milik Indonesia, Tidak Selemah yang Prabowo Sebutkan!

10 Teknologi Perang Rahasia Milik Amerika Serikat, Ada Senjata Pemusnah Massal?

Bikin Merinding! Ini 9 Robot Perang Paling Canggih di Seluruh Dunia

6 Skenario Kiamat Paling Mengerikan yang Disebabkan oleh Teknologi

AS Uji Coba Robot Perang Pada 2020, Transformers Jadi Nyata?

10 Peralatan Perang yang Digunakan Pahlawan Indonesia Untuk Melawan Penajajah

undefined
Kembali Keatas