7 Fakta Mencengangkan Libra, Mata Uang Digital Facebook!

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 04 Juli 2019, 14:00
Facebook memperkenalkan mata uang digital terbarunya bernama Libra. Sebelum kamu menggunakan uang ini, pastikan kamu simak fakta menarik seputar Libra berikut ini!

Apakah kamu senang berkecipung di dunia mata uang digital?

Saat ini, transaksi keuangan tak hanya melalui tunai tapi bisa juga melalui uang digital. Tak hanya menguntungkan, tapi juga mudah untuk digunakan dan terhubung dengan banyak layanan.

Belakangan ini muncul sebuah uang digital baru dari Facebook yang dinamakan dengan Libra. Berbeda dengan uang digital lainnya, Libra diklaim lebih aman dan terpercaya.

Kamu yang penasaran dengan mata uang digital ini, berikut adalah fakta menarik seputar Libra. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

7 Fakta Mencengangkan Libra, Mata Uang Digital Facebook

Mata uang digital atau yang sering dikenal dengan cryptocurrency merupakan jenis uang yang tersimpan secara digital dan dapat melakukan transaksi secara online.

Hingga saat ini, sudah lebih dari seribu tipe mata uang digital di seluruh dunia. Tipe mata uang ini pertama kali dibuat oleh Satoshi Nakamoto yang bernama Bitcoin pada 2009.

Sejak kemunculannya, muncul banyak mata uang digital lain di dunia dengan bentuk yang beragam. Belakangan ini, muncul sebuah mata uang digital baru dari perusahaan multinasional besar, Facebook.

ADVERTISEMENT

Mata uang digital yang mereka buat disebut dengan Libra. Berbeda dengan lainnya, Libra memiliki sistem yang diklaim lebih aman dan tidak mengambil data pribadi tiap penggunanya.

Kamu tertarik untuk menggunakan mata uang digital ini? Pastikan kamu simak dahulu fakta menarik Libra berikut ini:

1. Tidak Seperti Bitcoin

Libra memang merupakan sebuah mata uang digital yang digunakan untuk transaksi secara online. Namun, sifatnya berbeda dengan mata uang digital seperti Bitcoin.

Libra bisa kamu akses melalui aplikasi tanpa harus memiliki akun bank, serta dioperasikan dalam sebuah 'blockchain' di bawah Libra Association.

Libra dapat menampung seribu transaksi per detik, hal ini dapat tercapai berkat bahasa pemrograman terbaru bernama Move yang dikhususkan untuk Libra.

2. Dipimpin oleh Mantan Wakil CEO PayPal

Libra yang merupakan anak perusahaan dari Facebook dipimpin oleh seorang pria mantan wakil CEO PayPal yang bernama David Marcus. Pria ini mengakhiri jabatannya di PayPal pada 2014.

Marcus yang kini menjadi pemimpin cryptocurrency Libra, bukan pertama kalinya bekerja di bawah perusahaan Facebook. Sebelumnya, ia bekerja sebagai wakil pemimpin produk Facebook Mesaging.

Ia juga bekerja di dalam proses pengembangan Facebook Messenger sebagai aplikasi mobile. Kedudukannya di dalam proyek terbaru Facebook ini tentu akan membawa namanya lebih tinggi dari sebelumnya.

3. Punya Anak Perusahaan Bernama Calibra

Libra memiliki sistem keuangan untuk mengatasi masalah pengguna yang tidak ingin informasi pribadinya tercampur dengan data finansialnya.

Dikutip dari Bloomberg, Facebook membuat cabang Libra yang bernama Calibra untuk layanan dompet digitalyang terpisah dengan Facebook dalam jenis mata uang yang sama dengan Libra.

David Marcus, selaku pemimpin Libra mengatakan bahwa Calibra akan menyimpan data finansial pengguna dalam server yang berbeda dan tidak akan dibagikan dengan server Facebook.

Simpelnya, kamu dapat menggunakan Libra atau Calibra dalam jenis mata uang yang sama. Namun, data yang kamu kirimkan tidak akan menyatu di antara keduanya.

Kemungkinan, kamu dapat transfer keuangan dari Calibra ke Libra dan sebaliknya.

4. Didukung oleh 27 Perusahaan Besar

Libra yang dipimpin oleh David Marcus, didukung oleh 27 perusahaan besar di dunia yang bergerak dalam bidang keuangan di antaranya adalah PayPal, MasterCard, Visa, dan banyak lagi.

Namun, Libra membuka peluang untuk perusahaan lain untuk ikut menjadi partner dengan syarat tertentu seperti memiliki nilai pasar sebesar 1 juta USD atau memiliki setidaknya 20 juta pelanggan tiap tahunnya.

Dengan adanya dukungan dari banyak perusahaan besar ini, Libra mampu menjadi sebuah cryptocurrency yang terpercaya.

5. Tak Terbatas Untuk Facebook

Sebagai bagian dari Facebook, Libra tak hanya terbatas untuk pengguna Facebook saja. Namun, mata uang digital ini dapat diakses melalui Instagram, Facebook Messenger, dan WhatsApp.

Dikutip dari Fox Business, kamu juga bisa menggunakan layanan langsung dari Libra itu sendiri seperti aplikasi atau web untuk transaksi.

Anyone can onramp and off-ramp to this new digital currency and pay one another across the world - David Marcus

6. Diatur Oleh Perusahaan Non-Profit

Libra diatur dalam Libra Association yang merupakan sebuah organisasi non-profit di Geneva, Switzerland. Organisasi non-profit atau nirlaba ini berarti tidak adanya tujuan untuk menghasilkan laba.

Perusahaan yang bergabung dalam Libra Association pun tidak akan mengontrol lebih dari 1% jaringan blockchain pada mata uang digital Libra.

Hal ini menjadikan Libra sebagai anak perusahaan Facebook yang murni dibuat untuk menciptakan mata uang sendiri yang khusus berada di kalangan Facebook.

7. Diluncurkan Pada 2020

Nah, untuk kamu yang gak sabar untuk mencoba mata uang digital Libra, sayangnya saat ini belum diluncurkan. Libra direcanakan untuk meluncur secara resmi pada 2020.

Peluncurannya pun dapat diundur karena Libra harus menyesuaikan dengan regulasi pemerintah serta mencari kerja sama antar bank di dunia.

Serta Facebook akan testnet atau server uji coba agar para developer dapat memberikan kesan dan mengetahui jika ada berbagai kesalahan dapat server melalui program bug bounty.

Akhir Kata

Itu dia fakta menarik mata uang digital Libra yang harus kamu ketahui sebelum digunakan nantinya. Apakah kamu ada fakta lain seputar Libra?

Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Uang Digital atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

ARTIKEL TERKAIT

8 Film Terbaik yang Dibintangi John Cena | Jadi Pengganti The Rock di Fast & Furious?

9 Film dengan Budget Rendah yang Memperoleh Keuntungan Fantastis

Cari Inspirasi Online! Inilah 7 Akun Instagram Berisi Ide Masakan Praktis Wajib Follow

10 Film Terbaik yang Pernah Dibintangi Keanu Reeves | Pernah Main Film Horror?

3 Bahaya Charge Baterai HP di Mobil, Bisa Bikin Baterai Meledak?

6 Tokoh Anak Kecil Tersadis dalam Film, Nomor 5 Titisan Iblis!

undefined
Kembali Keatas