7 Film Superhero Indonesia Terbaik 2020, Lebih Bagus dari Avengers?

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 26 Juni 2020, 08:00
Kamu harus nonton film superhero Indonesia ini! Dijamin nggak kalah dengan film superhero bikinan luar negeri!

Film bertema superhero sedang ramai diperbincangkan di dunia perfilman dan menjadi salah satu tontonan yang menarik untuk segala kalangan.

Mulai dari superhero Marvel hingga DC, setiap muncul filmnya selalu saja ramai penonton. Nah, bagaimana dengan dunia perfilman di Indonesia?

Belakangan ini Indonesia juga mulai memproduksi beberapa film superhero, loh. Apa saja filmnya? Yuk, simak daftar film superhero Indonesia terbaru dan terbaik di tahun 2020 ini!

Rekomendasi Film Superhero Indonesia Terbaru & Terbaik 2020

Superhero atau pahlawan super merupakan karakter fiksi yang pada umumnya memiliki kekuatan luar biasa dan dapat melakukan aktivitas di luar kemampuan manusia pada umumnya.

Dikutip dari Guinness World Records, sejarah superhero pun bermula pada tahun 1936, yaitu The Phantom yang diciptakan oleh Lee Falk sebagai comic strip di koran.

Kekuatan super yang dimiliki oleh superman dalam komik itu menginspirasi pembuatan pahlawan super lainnya.

Hingga saat ini muncul beragam pahlawan super dengan berbagai macam kekuatan. Hal ini juga menginspirasi pembuatan pahlawan super asal Indonesia.

ADVERTISEMENT

Buat kamu yang penasaran dengan beragam film superhero indonesia dari zaman dulu hingga sekarang, berikut Jaka tampilkan daftarnya!

1. Rama Superman Indonesia (1974)

Pertama, kita akan terlebih dahulu membahas film superhero Indonesia jadul yang satu ini. Berjudul Rama Superman Indonesia, film ini dirilis pada bulan Oktober 1974.

Film ini sendiri menceritakan tokoh Andi, seorang penjaja koran yang mendapat kekuatan super dari sebuah kalung ajaib. Ia pun ditugaskan untuk menangkap gembong Naga Hitam yang berusaha mencuri sebuah bahan peledak.

Nantinya kamu bakal melihat keseruan Rama Superman dalam menangkap penjahat dan membela yang benar. Coba tanya orang tuamu, pasti mereka pernah menonton film favorit ini!

Judul Rama Superman Indonesia
Tayang 16 Oktober 1974
Durasi 1 jam 14 menit
Produksi PT Jakarta Putrajaya Film , PT Serama Film
Sutradara Frans Totok Ars
Cast Boy Shahlani, August Melas, Djauhari Effendi, dkk
Genre Action, Drama

2. Pendekar Tongkat Emas (2014)

Pendekar Tongkat Emas merupakan salah satu film superhero Indonesia dengan unsur persilatan yang sangat kental. Film ini pertama kali tayang pada 2014 yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah. Kabarnya, film ini menghabiskan dana sebesar Rp20 Miliar, loh!

Kisah Pendekar Tongkat Emas ini sangat simpel, namun seru untuk ditonton. Berkisah tentang Cempaka, seorang jawara Padepokan Tongkat Emas.

Saat itu, Cempaka harus menurunkan tongkat emasnya kepada salah satu dari keempat muridnya. Sehingga mereka harus saling bertarung untuk menunjukkan siapa yang terbaik.

Film ini tak terlalu mengandalkan CGI dalam filmnya, membuat kualitas film menjadi lebih nyata dan menyenangkan untuk ditonton. Jaka jamin adegan berantemnya realistis abis!

Judul Pendekar Tongkat Emas
Tayang 18 Desember 2014
Durasi 1 jam 51 menit
Produksi Miles Films, KG Studio
Sutradara Ifa Isfansyah
Cast Tara Basro, Christine Hakim, Eva Celia Latjuba, dkk
Genre Action, Adventure, Drama
Rating 6.2/10 (IMDb.com)

3. Satria Heroes: Revenge of Darkness (2017)

Memiliki judul lain yakni Satria Heroes: Pembalasan Kegelapan, film ini diadaptasi dari serial Satria Garuda BIMA-X, serial tokusatsu Indonesia.

Kenapa mirip dengan serial Kamen Rider? Karena memang pihak Indonesia bekerja sama dengan pembuat serial Kamen Rider, yakni Ishimori Productions.

Nantinya, kamu bakal menyaksikan aksi keren dari Satria Bima Garuda dalam melawan penjahat dan membela kebenaran. Berasa sedang nostalgia ke masa kecil, geng!

Judul Satria Heroes: Revenge of Darkness
Tayang 4 Mei 2017
Durasi 1 jam 32 menit
Produksi Rizki Bukit Sinema, Ishimori Production, MNC Pictures
Sutradara Kenz Maihara, Amandha Wyanto
Cast Abio Abie, Adhitya Alkatiri, Stella Cornelia, dkk
Genre Action, Fantasy, Sci-Fi

4. Valentine (2017)

Film superhero Indonesia yang satu ini terlebih dahulu tayang di Indonesia pada tahun 2017. Kemudian, pada tahun 2019, film ini kembali ditayangkan dalam versi dubbing bahasa Inggris di Amerika Utara.

Valentine menjadi salah satu film superhero Indonesia yang diperankan oleh wanita. Film ini berkisah tentang seorang pelayan kafe yang memiliki kekuatan super untuk menegakkan keadilan.

Ia pun bertemu dengan seorang sutradara yang membawa dirinya untuk berpetualang melawan penjahat di kota Batavia, sebagai seorang pahlawan bernama Valentine.

Rencananya, Valentine digadang-gadang menyaingi aneka superhero wanita terkuat sepanjang masa. Mampukah ia menyejajarkan dirinya di depan mereka?

Judul Valentine
Tayang 23 November 2017
Durasi 1 jam 45 menit
Produksi Skylar Pictures
Sutradara Ubay Fox, Agus Pestol
Cast Arie Dagienkz, Matthew Settle, Ahmad Affandy, dkk
Genre Action, Adventure

5. 3: Alif Lam Mim (2015)

Nah, kalau film 3: Alif Lam Mim ini adalah salah satu film pahlawan Indonesia yang memiliki tema film futuristis. Kisahnya menceritakan tentang persahabatan dan persaudaraan 3 pemuda.

Mereka memiliki latar belakang yang berbeda dan saling membantu satu sama lain untuk mengatasi masalah. Mereka pun bersama-sama melakukan perlawanan atas penindasan oleh pemerintah.

Film ini ditayangkan pada 2015 lalu yang disutradarai oleh Anggy Umbara. Film ini diperankan oleh beberapa pemeran film aksi ternama, seperti Abimana Aryasatya dan Cecep Rahman.

Judul 3: Alif Lam Mim
Tayang 1 Oktober 2015
Durasi 2 jam 3 menit
Produksi FAM Pictures, Tripar Multivision Plus
Sutradara Anggy Umbara
Cast Cornelio Sunny, Abimana Aryasatya, Agus Kuncoro, dkk
Genre Action, Drama, Thriller
Rating 7.2/10 (IMDb.com)

6. Wiro Sableng 212 (2018)

Film superhero Indonesia pertama adalah pemilik senjata kapak 212, apa lagi kalau bukan pendekar sakti Wiro Sableng yang kembali meramaikan dunia film aksi Indonesia.

Sudah rilis sejak 30 Agustus 2018, film ini berkisah tentang seorang pendekar yang diutus oleh gurunya untuk melawan murid yang berkhianat, Mahesa Birawa.

Kisah Wiro Sableng 212 penuh dengan aksi dan komedi yang akan membuat kamu terus kecanduan untuk menonton. Apalagi dengan model karakter yang dirancang sangat baik, membuat film ini berada di kelasnya sendiri.

Judul Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212
Tayang 30 Agustus 2018
Durasi 2 jam 3 menit
Produksi Lifelike Pictures, Fox International Productions, 20th Century Studios
Sutradara Angga Dwimas Sasongko
Cast Vino G. Bastian, Yayan Ruhian, Fariz Alfarazi, dkk
Genre Action, Adventure, Comedy
Rating 7.2/10 (IMDb.com)

7. Gundala (2019)

Pahlawan Indonesia dengan kekuatan listrik, siapa lagi kalau bukan Gundala? Pahlawan ini pertama kali diperkenalkan pada 1969, diciptakan oleh Hasmi.

Film superhero Indonesia yang menceritakan kisah Gundala pernah ditayangkan pada 1981 dengan judul Gundala Putra Petir.

Dirilis pada tahun 2019, film ini mengisahkan perjuangan seorang ilmuan bernama Sancaka yang hendak menegakkan keadilan di tempatnya yang dipenuhi dengan kejahatan. Disutradarai oleh Joko Anwar, kamu harus nonton film ini!

Judul Gundala
Tayang 29 Agustus 2019
Durasi 2 jam 3 menit
Produksi Bumilangit Production, Legacy Pictures
Sutradara Joko Anwar
Cast Abimana Aryasatya, Tara Basro, Bront Palarae, dkk
Genre Action, Adventure, Drama
Rating 7.1/10 (IMDb.com)

Akhir Kata

Itulah tadi 7 film superhero terbaik dari zaman dahulu hingga terbaru di tahun 2020 yang harus kamu tonton. Gimana pendapatmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

ARTIKEL TERKAIT

7 Film Ini Tidak Boleh Diremake Hollywood, Auto Ancur!

7 Film yang Naskahnya Bocor ke Publik, Nyaris Gak Tayang di Bioskop?

7 Film Populer yang Nggak Perlu Dibuat Sekuelnya, Buang-Buang Uang!

7 Film Batman Terbaik yang Pernah Diproduksi, Mana Favoritmu?

7 Film Ini Dicintai Kritikus Tapi Dibenci Penonton, Kok Bisa?

7 Drama Korea dengan Plot Twist Terbaik, Endingnya Bikin Shock!

Kembali Keatas