Cara Screen Recording Android Seperti di KitKat

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 08 November 2013, 09:00
Android KitKat punya fitur screen recording sebagai pengganti screenshot. Bagaimana cara mengaktifkannya?

Android KitKat yang baru dirilis beberapa waktu lalu jauh berbeda dengan Android Ice Cream Sandwich yang sebelumnya memiliki kemampuan screenshot. Android KitKat hadir dengan kemampuan screen recording.

Berikut ini cara untuk meaktifkan fitur tersebut. Pertama pastikan SDK Tools yang ada merupakan versi terbaru. Setelah itu hubungkan Android ke komputer dan buka command line. Proses screen recording ini menggunakan instruksi adb sederhana yang akan tersimpan di ponsel kamu.

Code:

adb shell screenrecord /sdcard/yourfilename.mp4

Kamu bisa menamainya dengan sembarang nama dan menyimpannya di direktori ponsel kamu. Jika sudah selesai, silakan copy file video ke komputer atau tempat penyimpanan yang lain.

Dengan kode di atas, kemampuan rekam adalah 4Mbps. Dengan kecepatan itu mungkin tidak cukup. Apabila perlu tambahan, maka yang bisa dipakai adalah kode berikut.

Code: adb shell screenrecord bit-rate 8000000 /sdcard/yourfilename.mp4

Untuk menghentikan screen recording, tekan CTRL-C di keyboard. Mudah kan? Selamat mencoba!

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

ADVERTISEMENT
undefined
Kembali Keatas