Waspada! Hacker Klaim Berhasil Bajak 3,2 Juta Router

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 08 Desember 2016, 16:30
Cybercriminal yang menyebut diri sebagai BestBuy mengklaim telah berhasil membajak 3,2 juta router. Bagaimana ceritanya?

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, serangan cyber terus menunjukkan peningkatan. Bahkan, baru-baru ini ada sekelompok hacker yang mengklaim bahwa mereka telah berhasil membajak 3,2 juta home router. Wah, gimana ceritanya ya?

Jadi, Senin lalu, cybercriminal yang menyebut dirinya sebagai BestBuy mengaku telah menyiapkan server yang secara otomatis akan terhubung ke router yang rentan dan mendorong update firmware berbahaya.

BACA JUGA
  • Netgear Nighthawk X6, Router Paling Powerful di Kelasnya
  • Router WiFi Tercepat di Dunia Ini Berbentuk Seperti Alien
  • Cara Mengetahui IP Router Bermodal Command Prompt (CMD)

Hakcer Berhasil Bajak 3,2 Juta Router?

Dilansir dari Motherboard, setelah router menginstal firmware, hal itu akan memberinya akses tetap dan mampu mengunci penyedia layanan internet dan produsen perangkat. Dalam chat online, BestBuy mengatakan:

"Mereka milik kita, bahkan setelah reboot. Mereka tidak akan menerima firmware baru dari Internet Service Provider atau siapa pun. Router akan selalu terhubung ke kami. Bot tidak bisa mati sampai kamu membuang perangkat ke tempat sampah."

Untuk membuktikan klaimnya, BestBuy berbagi URL yang menunjukkan live statistik Access Control Server (ACS) yang digunakan untuk menggulirkan firmware berbahaya. Menurut pantauan motherboard, jumlah perangkat yang "dibobol" terus bertambah dari 500.000 pada Senin pagi, hingga lebih dari 1,3 juta hanya dalam beberapa jam kemudian.

Para pakar keamanan langsung mengecek pertanyaan BestBuy, dan cerita itu dikatakan masuk akal. Ini kabar yang benar-benar buruk bagi pemilik router dan penyedia internet. Bagaimana pendapat kamu?

ARTIKEL TERKAIT

Xiaomi Rilis Headphone Baru, Kualitas HD Harga Cuma Rp 500 Ribuan

AWAS! 99% Charger Palsu Apple Ternyata Sangat Berbahaya

Curi 5.700 iPhone Senilai 21 Miliar, Mantan Petinggi Foxconn Dituntut 10 Tahun Penjara

Google Terlibat Erat Dalam Pembuatan Perangkat Nokia Baru?

Anti Lemot! MediaTek Umumkan 2 Chipset dengan Prosesor 10 Core

Resmi! Begini Cara Main Instant Games di Facebook Messenger

APPS TERKAIT
Expeditions 2.2.190521016
Apps Google Inc.
Offline Browser 5.6
Apps Daniel Huber
Cashtree: Bagi bagi Hadiah Terus 1.6.2.1
Apps VITI GLOBAL LIMITED
Freelancer - Hire & Find Jobs 3.0.3
Apps Freelancer.com
undefined
Kembali Keatas