Foto Selfie Siap Gantikan Password untuk Verifikasi Identitas

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 18 Oktober 2016, 11:30
Selain untuk narsis, foto selfie juga ternyata bisa digunakan sebagai pengganti password loh.

Tren foto selfie yang merebak di seluruh dunia, memang membuat banyak pabrikan ponsel berlomba-lomba melengkapi kamera depan yang tak kalah bagusnya dengan kamera belakang. Selain untuk narsis, foto selfie ternyata juga bisa digunakan sebagai pengganti password loh.

Salah satu perusahaan yang telah menerapkan hal tersebut adalah MasterCard. Perusahaan penerbit kartu kredit itu telah meluncurkan sebuah aplikasi bernama Identity Check Mobile. Dengan aplikasi ini, para konsumen dapat menggunakan kartu kredit mereka secara online dan dapat memverifikasi identitas mereka dengan melihat ke kamera smartphone di ponsel mereka. Konsumen akan diminta berkedip guna mencegah seseorang melakukan kecurangan menggunakan foto.

BACA JUGA
  • Sekarang Kamu Bisa Selfie dengan Android Sepuasnya Hanya dengan Bersiul Loh!!
  • Adu Filter Video Selfie Snapchat Vs Snow, Mana yang Paling Seru?

Foto Selfie Siap Gantikan Password untuk Verifikasi Identitas

Foto selfie kamu akan disimpan oleh MasterCard pada server mereka secara enkripsi. Rencananya, mulai tahun depan MasterCard akan menyimpan foto selfie konsumen dalam Identity Check Mobile sebagai tindakan pencegahan keamanan.

MasterCard telah memulai program ini di Eropa. Sebanyak 92 persen dari pelanggan yang berpartisipasi mengatakan bahwa mereka ingin login ke aplikasi mobile banking dengan menggunakan biometrik bukan menggunakan password.

Ini bukan sistem yang telah disempurnakan, tapi banyak perusahaan yang senang menggunakannya. Misalnya, Bank HSBC UK memungkinkan nasabah perbankannya untuk membuka rekening online menggunakan foto selfie dibandingkan foto resmi kaku setengah badan yang sering kita gunakan di KTP maupun SIM.

ARTIKEL TERKAIT

Sang Misterius Xiaomi Meri Nongol di AnTuTu dan Geekbench, Seperti Apa?

Samsung Rilis Chromebook Pro, Dilengkapi Pen Ala Galaxy Note 7

Kerja Sama dengan Amerika, Nokia Uji Coba Jaringan 5G Kecepatan Tinggi

Makin Canggih! Google Kini Bisa Bedakan Berita Asli dan Hoax

HTC Bolt, Ini Smartphone atau Modem?

APPS TERKAIT
Mi Launcher (MIUI) 1.1.3
Apps Nikao
MiHome 3.7.0
Apps XDA Developers
AnTuTu Benchmark
Apps AnTuTu
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
undefined
Kembali Keatas