Bikin Bangga! Startup Lokal Ini Berhasil Kembangkan Aplikasi Augmented Reality Untuk Belajar Alquran

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 07 Oktober 2016, 20:30
Kabar membanggakan datang dari developer lokal. Pasalnya Blastocode Studio berhasil memperkenalkan sebuah produk Augmented Reality yang akan membantu kamu belajar Al-Quran.

Menjadi startup bukanlah hal mudah. Butuh keseriusan dalam menjalankan setiap programnya. Maka dari itu, kita harus bisa menghargai setiap karya yang dihasilkan oleh startup atau developer lokal. Tak heran jika kemudian pemerintah pun menggalakkan gerakan sejuta startup di Indonesia.

Saat pemerintah tengah menggalakkan startup lokal, kabar baru datang dari developer lokal yang akan membuat kita bangga. Blastocode Studio, startup lokal asal Bekasi, resmi meluncurkan produk AR (Augmented Reality) mereka yang pertama. Kerennya, ini adalah produk baru dari startup lokal yang menggunakan teknologi baru di dalam smartphone!

BACA JUGA
  • 10 Aplikasi Android Lokal Karya Anak Bangsa Paling Populer di Google Play Store
  • 5 Aplikasi Lokal yang Pasti Ada di Setiap Smartphone!
  • Rusia Blokir Software Microsoft Office Demi Produk Lokal Mereka

Startup Lokal Unjuk Gigi dengan Game Baru

Saat tren game Augmented Reality mulai diterima masyarakat lewat game Pokemon GO, sebuah gebrakan dihadirkan oleh Blastocode Studio. Mereka meluncurkan sebuah produk flashcards untuk membantu anak-anak dalam menghafal huruf-huruf hijaiyah. Bila sebelumnya Blastocode Studio hanya meluncurkan produk-produk yang murni digital yaitu mobile-apps: "Salat of the Prophet" dan "Electro Shape", kali ini sedikit berbeda karena yang diluncurkannya adalah perpaduan antara produk cetak berupa flashcards dan produk digital pelengkapnya berupa mobile app untuk mengakses konten Augmented Reality-nya.

Widhi Muttaqien, CEO dari Blastocode Studio menjelaskan bahwa teknologi AR ini dapat diberdayakan di dalam dunia pendidikan. Alasan paling utama kenapa AR ini akan sangat mendukung dunia pendidikan adalah self-learning-capability atau kemampuan-belajar-mandiri tanpa adanya guru. Menurutnya, daripada anak-anak dengan bebas mengakses Internet dan melihat konten berisi kekerasan, minuman keras, pornografi dan hal-hal negatif yang lain, lebih baik dituntun untuk bisa self-learning. Makanya, dihadirkanlah aplikasi Flashcards Arabic AR ini sebagai pembelajaran yang bisa diakses oleh anak-anak secara mandiri sehingga mereka tidak bereksplorasi ke media-media yang tidak bisa kamu kontrol kontennya.

Cara Kerja Produk

Bagaimana cara kerja produk ini? Pertama, tentunya kamu harus memiliki produk flashcards terlebih dahulu. Untuk mendapatkannya bisa melalui pemesanan online atau melalui jalur-jalur reseller yang tersedia. Kemudian kamu harus download mobile app-nya ke smart-device.

Aplikasinya tersedia gratis untuk platform Android dan juga iOS. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk mendapatkannya. Akan tetapi tentu saja meskipun aplikasinya gratis, produk ini tidak bisa berjalan tanpa adanya fisik flashcards-nya. Setelah keduanya tersedia kamu bisa aktifkan aplikasinya lalu arahkan camera-device kamu ke produk flashcards-nya dan kamu bisa melihat konten 3D AR ini muncul di layar.

Untuk pengguna Android, kamu bisa download aplikasi Flashcards Arabic AR di sini. Sementara untuk pengguna iOS, bisa download Flashcards Arabic AR dari link ini. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai produk ini, kamu bisa mengunjungi landing page Flashcards Arabic AR di link http://flashcardshijaiyah.com/.

ADVERTISEMENT
ARTIKEL TERKAIT

PENTING! Inilah 4 Alasan Kamu Harus Menyembunyikan Alamat IP

Bukan Sihir Tapi Sulap, Begini Cara Menyalakan Smartphone Tanpa Menekan Tombol Power

Cara Menyingkirkan Aplikasi Bawaan di Smartphone Samsung Tanpa Root

5 Jenis Permainan Kartu yang Paling Populer di Indonesia

APPS TERKAIT
Google Allo 2.0.000.RC16
Apps Google Inc.
Google Photos 2.6.0.141921143
Apps Google Inc.
Google Drive for Android 2.20.101.09.40
Apps Google
Google Pixel Launcher and Wallpaper Picker 7.1-3231428
Apps ajcrew
undefined
Kembali Keatas