7 Pekerjaan Ini Akan Diambil Oleh Robot di Masa Depan, Ada Pekerjaan Kamu?

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 23 Desember 2021, 17:00
Apakah kamu pernah berpikir bahwa pekerjaan yang kita lakukan sekarang akan diambil oleh robot? Tentu saja tidak. Kita hanya berpikir kalau pekerjaan kita hanya akan diambil oleh orang lain, bukan robot.

Apakah kamu pernah berpikir bahwa pekerjaan yang kita lakukan sekarang akan diambil oleh robot? Tentu saja.

Hal ini didukung oleh pernyataan seorang penulis dari Fast Future Publishing yang menyebutkan akan ada beberapa pekerjaan manusia yang akan direbut oleh robot dalam beberapa tahun ke depan.

Menurut mereka, pada tahun 2020 sampai 2030, AI (Artificial Intelligence) akan menguasai 20-30% pekerjaan manusia.

Ada banyak bidang pekerjaan yang diperkirakan akan dikuasai robot. Namun, 7 bidang ini sangat dominan dikuasai oleh para robot di masa depan.

Hmmm... Apa saja, ya? Apakah sudah ada yang benar-benar terjadi? Simak artikelnya, geng!

1. Customer Service

Sumber foto: Sumber: digitalhotelier.com

Kamu pasti tahu Chatbots kan? Chatbots merupakan salah satu fitur unik dimana kamu bisa saling bercakap-cakap atau mengobrol dengan robot.

Layaknya manusia, Chatbots juga akan merespons semua perkataan dan pertanyaan yang kamu ucapkan. Mungkin kamu tidak sadar bahwa inilah cikal bakal customer service di masa depan.

AI satu ini memiliki fungsi dan peran yang hampir sama dengan customer service sungguhan. Mereka bisa menjawab pertanyaan, mengobrol, dan menyelesaikan masalah kecil.

ADVERTISEMENT

Kita tidak tahu seberapa pintar Chatbots di masa depan, namun ada kemungkinan besar Chatbots di masa depan akan merebut profesi customer service.

2. Akuntan

Sumber foto: Sumber: YouTube - DocuPhase

Akuntan merupakan sebuah profesi yang sangat mengandalkan ketelitian, kecepatan, serta kehati-hatian. Dan semua kemampuan tersebut sudah ada pada diri robot.

Bagi perusahaan besar, biasanya mereka lebih menekankan hasil akhir yang sempurna daripada hasil pengauditan yang baik.

Seperti yang kita tahu, pekerjaan akuntan merupakan pekerjaan yang sangat mengandalkan komputer. Contoh kecil, yaitu seperti proses perkalian, pembagian, penjumlahan, dan sebagainya.

Inilah faktor paling besar kenapa di masa depan, seorang akuntan akan digantikan oleh robot.

3. Sopir Mobil

Sumber foto: Sumber: facebike.gr

Bukan hanya gadget yang terus berkembang, teknologi otomotif juga seakan tidak mau kalah. Self-driving (mobil yang dapat menyetir sendiri) merupakan salah satu fitur canggih mobil zaman now.

Namun, teknologi ini baru dimiliki oleh beberapa merek mobil saja. Kita ambil contoh Nissan X-Trail yang memiliki teknologi self-driving bernama ProPilot dan tentu saja, mobil listrik pabrikan Tesla.

Dengan fitur ini mobil akan melaju sendiri, mulai dari setir, gas, kopling, hingga rem mobil akan bergerak secara otomatis. Canggih, bukan?

Walaupun fitur ini dapat berjalan dengan baik, namun teknologi ini masih belum dapat dikatakan sempurna. Meski demikian, mungkin saja di masa depan nanti kamu bisa kebut-kebutan dengan fitur self-driving.

4. Pemandu Wisata

Sumber foto: Sumber: deviantart.net

Bukan hanya di sektor bisnis dan transportasi, robot juga akan mengambil alih di sektor hiburan, salah satunya pemandu wisata. Canggihnya lagi, pemandu wisata ini dapat dipesan secara online karena fitur ini dapat diakses secara virtual.

Perlu kamu tahu, teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality merupakan cikal bakal layanan pariwisata dari robot pemandu wisata.

Dengan teknologi ini kamu dapat menjelajahi dan melihat dunia luar dari dalam rumah. Augmented Reality dan Virtual Reality merupakan teknologi yang belum sepenuhnya sempurna karena kedua teknologi tersebut masih memiliki beberapa bug dan kekurangan.

Namun, para ilmuwan mengatakan bahwa di masa depan kedua teknologi ini akan menjadi sangat nyata, seperti memungkinkan penggunanya untuk mencium aroma dan merasakan sprei hotel yang lembut.

5. Asisten Pribadi

Sumber foto: Sumber: businessinsider.com

Google Assistant, Siri, Cortana, Alexa, dan Bixby merupakan awal mula dari robot asisten pribadi. Di masa depan nanti, kamu dapat memerintah mereka untuk belanja, membersihkan rumah, menjaga rumah, dan masih banyak lagi.

Memang masih terlihat aneh bagi kita sekarang, namun di masa depan hal ini akan menjadi hal yang biasa.

6. Pekerja Konstruksi

Sumber foto: Sumber: blog.willis.com

Pekerjaan yang akan diambil alih oleh robot berikutnya adalah pekerjaan konstruksi. Para ilmuwan mengatakan bahwa Drone, Printer 3D dan robot lainnya akan menggantikan manusia dalam bidang konstruksi.

Drone dapat membawa bahan bangunan dan meletakkan besi dari udara, sementara Printer 3D akan membuat bahan dan alat bangunan yang diperlukan.

Selain itu, bisa saja robot manusia di masa depan nanti akan menggantikan para kuli dan tukang di zaman sekarang.

Tidak ada yang tahu, namun jika hal tersebut dapat terwujud maka pembangunan di dunia ini akan semakin maju dan berkembang sangat pesat. Siap-siap beralih profesi ya, hihi.

7. Wartawan

Sumber foto: Sumber: i4j.info

Wartawan merupakan profesi yang pasti diambil alih oleh robot. Wartawan merupakan seseorang yang bertugas untuk mengumpulkan data, mencatat, menganalisis, dan menulis sebuah laporan dari kejadian tertentu.

Setelah mereka membuatnya, lalu laporan tersebut dimuat dalam bentuk video atau tulisan dalam bentuk artikel.

Semua tugas di atas seharusnya dapat dilakukan oleh sebuah robot pintar di masa depan. Wartawan robot juga memiliki keunggulan sendiri, yaitu menghemat biaya pembuatan berita.

Karena wartawan robot ini bisa dikirim ke medan paling mengerikan sekalipun, tentunya dengan biaya yang lebih murah daripada mengirim wartawan manusia.

Akhir Kata

Itulah 7 pekerjaan yang akan diambil oleh robot di masa depan. Terlihat mengerikan memang, ada banyak bidang pekerjaan yang bisa diambil alih oleh robot di masa depan nanti. Apakah semua prediksi di atas benar-benar akan terjadi? Kita hanya bisa menunggu.

ARTIKEL TERKAIT

Masa Depan Bidang Kesehatan! Inilah 7 Robot Medis Super Canggih

Bikin Merinding! Ini 9 Robot Perang Paling Canggih di Seluruh Dunia

8 Handphone China Paling Aneh yang Bisa Bikin Kamu Tercengang!

Cara Pake Robot Canggih di WhatsApp Android

Bahaya! 6 Metode Ini Sering Digunakan Hacker untuk Meretas Ponsel

undefined
Kembali Keatas