Resmi! BlackBerry OS Stop Beroperasi, Ini Daftar Ponsel yang Terkena Dampaknya!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 05 Januari 2022, 12:05
Sayonara! Blackberry OS resmi stop beroperasi, geng. Apa saja daftar ponsel BB yang terkena dampaknya? Yuk, simak selengkapnya di artikel Jaka ini!

Sistem operasi (OS) BlackBerry resmi berhenti untuk selamanya mulai Selasa, 4 Januari 2022. Artinya, setelah tanggal tersebut, perangkat yang menggunakan layanan OS BlackBerry tidak bisa lagi digunakan, geng.

Adapun sistem operasi BlackBerry yang resmi berhenti adalah BlackBerry 7.1 OS, BlackBerry 10, BlackBerry PlayBook OS 2.1, dan versi-versi sebelumnya.

Tahun lalu, BlackBerry memang pernah mengumumkan akan suntik mati semua layanan lawasnya, termasuk OS untuk BlackBerry 10 yang dirilis pada 2013.

Sementara itu, BlackBerry 7.1 dan OS tablet PlayBook yang ikut menjadi korban dalam pemberhentian ini memulai debutnya pada 2011 silam.

Pemberhentian ini juga akan berpengaruh pada penggunaan aplikasi, seperti Enhanced Sim Based Licensing (ESBL)/Identity Based Licensing (IBL), alamat email yang di-hosting BlackBerry, dan BlackBerry Link.

Selain itu, keputusan ini juga akan berdampak pada BlackBerry Dekstop Manager, BlackBerry Blend, serta BlackBerry Protect yang berguna untuk mengunci, menemukan, atau menghapus BBOS dari jauh.

Sumber foto: techunwrapped

Dilansir dari laman Metro, Rabu (05/01/2022), pihak BlackBerry mengklaim bahwa hal ini tidak akan berpengaruh pada BlackBerry Protect versi terbaru. Versi terakhir dari OS BlackBerry sendiri dirilis pada 2013 silam.

ADVERTISEMENT

"Mulai 4 Januari 2022, perangkat yang menjalankan layanan (OS) ini tidak akan beroperasi lagi. Kami berterima kasih kepada seluruh pelanggan dan mitra yang sudah setia selama bertahun-tahun," demikian pernyataan resmi dari BlackBerry, geng.

Pihak BlackBerry beralasan bahwa keputusan ini diambil karena haluan bisnis perusahaan yang sudah berubah arah.

Kini, mereka mengklaim akan fokus menjalankan layanan keamanan cerdas untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau pemerintah di seluruh dunia.

Ponsel BlackBerry atau yang populer disebut BB itu memang pernah mengalami masa kejayaannya di awal tahun 2000-an, sebelum akhirnya kalah bersaing dengan kehadiran Android dan iPhone.

Tidak hanya itu, BlackBerry bersama BlackBerry Messenger (BBM) pun pernah sangat populer karena hanya bisa digunakan oleh pengguna ponsel BlackBerry. Apalagi, BlackBerry juga menjadi pioner dalam menghadirkan ponsel dengan keypad Qwerty kala itu.

Namun, seperti yang diketahui, munculnya iPhone bersama iOS-nya dan ponsel-ponsel berbasis OS Android secara perlahan mulai menenggelamkan BlackBerry.

Bahkan agar tetap bisa eksis, BlackBerry pun sempat beralih ke Android, geng. Sayangnya, keputusan itu ternyata tidak mampu menyelamatkan mereka dari keterpurukan.

Mereka pun sempat beberapa kali memperpanjang dukungan untuk sistem-sistem operasi lawasnya. Namun setelah segala upaya itu dilakukan, BlackBerry tetap harus menemui akhir riwayatnya, geng.

Sumber foto: lifewire

Nah, supaya lebih jelas lagi, berikut ini Jaka tampilkan daftar perangkat yang sudah tidak bisa lagi digunakan per tanggal 4 Januari 2022:

BlackBerry 10:

BlackBerry 7.1 OS dan versi sebelumnya:

Lainnya:

BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi sebelumnya:

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT

WhatsApp Rilis Fitur Baru untuk Transaksi Aset Kripto, Semudah Berkirim Pesan!

Mengenal Apa Itu Web 3.0 dan Pengaruhnya pada Aset Kripto, Bukan Web Biasa!

4 Aset Kripto Berbasis Metaverse yang Menjanjikan, Tips Biar Cuan Banyak!

7 Cryptocurrency Paling Mahal Selain Bitcoin, Punya 1 Perak Bikin Tajir Melintir!

7 Aplikasi Jual Beli Rumah Terbaik di 2021, Wujudkan Impian Hunian Idamanmu!

7 Komputer dengan Harga Paling Mahal di Dunia, Mending Beli Rumah Sekalian!

undefined
Kembali Keatas