10 Orang Indonesia Ini Jadi Artis di Luar Negeri, Tak Dihargai di Tanah Air?

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 14 April 2021, 16:20
Hampir tidak terdengar namanya di Indonesia, artis-artis Indonesia ini malah terkenal di luar negeri dan berhasil mencapai prestasi gemilang.

Tidak selamanya talenta emas dapat dieksplorasi dengan mudah di negara Indonesia, salah satunya talenta di bidang seni.

Beberapa orang yang di Indonesia hanya menjadi sosok orang biasa malah melejit menjadi aktor, penyanyi, bahkan anggota girlband top di luar negeri.

Datang dari background yang berbeda-beda, 10 orang Indonesia ini sukses menjajaki dunia panggung hiburan di luar negeri. Cari tahu, yuk!

1. Nicole Zefanya

Perempuan yang punya nama panggung NIKI ini adalah penyanyi yang cukup terkenal di Amerika Serikat, lho!

Lagu hits-nya berjudul "Lowkey" yang dirilis oleh label 88 rising bahkan telah mencapai lebih dari dua puluh juta views di youtube.

Kerennya lagi, gadis kelahiran tahun 1999 ini pernah menyanyikan lagu Indonesia Raya di depan ribuan penonton saat konser Head In The Clouds Festival, di LA State Historic Park, Amerika Serikat.

2. Anggun C. Sasmi

Penyanyi yang pernah menjadi salah satu juri Indonesian Idol, Anggun C. Sasmi, merupakan penyanyi terkenal di Perancis asal Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan salah satu lagunya berjudul What We Remember yang berhasil meraih peringkat Top 10 di Billboard Dance Chart.

ADVERTISEMENT

Walaupun sudah pindah status kewarganegaraan menjadi warga Perancis, penyanyi ini tidak pernah lupa akan kampung halamannya.

Buktinya, ia selalu menyempatkan untuk pulang ke Indonesia paling tidak empat kali dalam setahun.

3. Rich Brian

Sama seperti NIKI, rapper yang memiliki nama asli Brian Immanuel Soewarno ini juga artis dari 88rising.

Awalnya, ia dikenal sebagai rapper bernama Rich Chigga yang membawakan lagu Dat $tick pada tahun 2016, tapi ia kemudian mengganti namanya menjadi Rich Brian pada tahun 2018.

Selain itu, Rich Brian juga pernah melakukan beberapa tur konser dunia seperti di Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Satu lagi, Brian juga pernah menjadi tamu kehormatan di Majalah TIME, lho!

4. Dita Karang

Dita Karang menjadi penyanyi Indonesia pertama yang bisa debut di Korea Selatan di usianya yang ke 23 tahun.

Perempuan asal Yogyakarta ini merupakan salah satu member dari girlband K-pop Secret Number.

Sebelum debut di Korea Selatan, Dita Karang pernah menempuh pendidikan di AMDA College and Conservatory of the Performing Arts di New York, Amerika Serikat.

5. Claudia Emmanuela

Penyanyi yang satu ini terkenal di salah satu negara di benua Eropa karena berhasil memenangkan ajang pencarian bakat The Voice Germany 2019.

Pantas saja, Claudia Emmanuela rupanya sudah melatih kemampuan vokalnya dengan mengikuti les vokal semenjak usia 4 tahun lho.

Selain bernyanyi, ia juga pandai memainkan alat musik yaitu piano dan ukelele.

Penyanyi asal Cirebon ini sekarang sedang menempuh pendidikan di Jerman sebagai mahasiswa di Universitas Munchen.

6. Hessel Steven Wong

Aktor pria tampan dari Indonesia ini terkenal di berbagai negara di kawasan Asia Tenggara, salah satunya Thailand.

Di usianya yang sudah 37 tahun karier Hessel Steven Wong semakin meluas hingga ke sepuluh negara yang berbeda seperti Tiongkok dan Filipina.

Wajahnya juga sudah menghiasi berbagai macam iklan produk dari Toyota, Wall s, hingga Sony.

7. Loudi atau BLEU

Penyanyi yang memiliki nama asli Edward Wen ini merupakan penyanyi yang pernah debut di Korea Selatan sebagai anggota boyband 14U.

Sayangnya, boyband 14U dinyatakan resmi bubar dua tahun setelah debut, yaitu pada tahun 2019 lalu.

Tapi, kamu tidak perlu sedih karena pada tahun 2021 pria kelahiran 13 April 1996 tersebut akan debut kembali di bawah naungan agensi JN Entertaiment.

8. Yannie Kim

Wanita asal Indonesia yang kini eksis di panggung hiburan Drama Korea sebagai artis ini ternyata sudah tinggal di Korea Selatan selama 20 tahun sekaligus menemukan jodohnya di sana.

Yannie Kim menjadi salah satu aktris Indonesia yang membintangi drama Korea seperti Hospital Ship dan Voice Season 3.

Ia sendiri muncul pertama kali di layar televisi Korea Selatan pada tahun 2008.

Kemudian, pada tahun 2012 lalu, aktris yang bernama asli Mustafa Yani ini meraih penghargaan Mrs. Korea World Best Talent. Bikin bangga!

9. Zhavanya Meidi

Penyanyi yang lebih akrab disapa dengan nama Vanya ini menambah daftar orang Indonesia yang terjun ke dunia K-Pop dengan tergabungnya ia dalam grup Z-Girls.

Zhavanya Meidi merupakan jebolan dari salah satu acara yang tayang pada tahun 2017 di Global TV berjudul The Next Boy/Girl Band, tepatnya di musim pertama.

10. Yoshi Sudarso

Tahukah kamu bahwa aktor asal Indonesia yang jago bela diri ini sudah malang melintang di dunia perfilman Hollywood?

Yup, Yoshi Sudarso pernah menjadi pemeran ranger biru dalam film Power Ranger Dino Charge dan menjadi double stuntman di film Maze Runner.

Walau orang Indonesia asli, Yoshi sudah tinggal selama lebih dari 20 tahun di Amerika Serikat mengalami kesulitan untuk berbahasa Indonesia sehingga harus kembali belajar bahasa dari negara asalnya sendiri. Waduh, sampai lupa!

Akhir Kata

Ternyata keren-keren banget kan, talenta yang dimiliki oleh orang-orang Indonesia? Beneran tidak kalah dengan artis-artis luar negeri, lho.

Meski begitu, semoga lebih banyak orang Indonesia yang bakatnya bisa diapresiasi di tanah air dulu sebelum berkiprah di kancah internasional.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
undefined
Kembali Keatas