10 Negara yang Menjual Rokok dengan Harga Termahal, Sampai Rp360 Ribu Sebungkus!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 29 Juni 2022, 06:30
Inilah sepuluh negara di dunia yang menjual rokok dengan harga paling mahal, geng. Apa saja? Berikut adalah ulasan selengkapnya!

Kamu termasuk perokok aktif dan sering mengeluhkan harga rokok yang mahal? Kalau iya, perlu diketahui bahwa tarif cukai rokok di Indonesia masih terbilang rendah dibanding sejumlah negara lain, lho.

Pasalnya, banyak negara di dunia yang menetapkan kebijakan seperti ini agar warganya tidak merokok sembarangan apalagi di kawasan umum, geng.

Selain dianggap mencemari udara, kandungan yang ada di dalam rokok juga dinyatakan berbahaya bagi kesehatan masyarakat - bahkan bisa menyebabkan kematian.

Nah, bagi industri rokok sendiri, kenaikan cukai akan berdampak pada berkurangnya penjualan rokok. Sementara bagi konsumen, hal ini akan membuat para perokok harus merogoh kocek lebih dalam.

Lantas, negara mana saja kah yang memiliki harga rokok paling mahal di dunia? Kalau kamu penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini, geng!

1. Singapura (Rp147.194)

Sumber foto: Twitter/Straits_Times

Singapura termasuk dalam 10 besar negara yang menjual harga rokok paling mahal di dunia. Di Singapura sendiri, harga rokok dibanderol sebesar 10,32 dolar AS atau sekitar Rp147.194.

Singapura sendiri cukup serius untuk menurunkan jumlah perokok di negaranya. Mereka pun telah menerapkan sejumlah kebijakan anti-rokok sejak tahun 70-an.

ADVERTISEMENT

2. Israel (Rp155.181)

Sumber foto: AFP/Menahem Kahana

Sama seperti Singapura, Israel juga masuk dalam 10 besar negara dengan harga rokok termahal di dunia. Di Israel, per bungkus rokok dihargai sebesar 10,88 dolar AS atau sekitar Rp155.181.

Pada tahun 2019 saja, pemerintah Israel telah menaikkan pajak dan cukai rokok dengan tujuan agar konsumsi tembakau di negara mereka dapat diturunkan.

Setidaknya, pemerintah Israel menetapkan pajak sebesar 85 persen dari harga produk rokok yang dijual di negaranya.

3. Islandia (Rp165.022)

Sumber foto: iStock

Sementara di Islandia, harga untuk 20 batang rokok dibanderol mencapai 11,57 dolar AS atau sekitar Rp165.022.

Selain mahal, rokok memang menjadi salah satu produk dengan pengawasan yang sangat ketat di Islandia.

Bagi orang yang ingin membeli rokok di Islandia, setidaknya harus berusia minimal 18 tahun yang dibuktikan dengan kartu identitas. Merekok di tempat umum juga sangat dilarang di negara tersebut.

4. Prancis (Rp165.450)

Sumber foto: NewsBeezer

Prancis menetapkan harga 20 batang rokok sedikit lebih mahal dari Islandia, yakni sebesar 11,60 dolar AS atau setara Rp165.450.

Pemerintah Prancis sendiri memang sangat serius untuk mengurangi jumlah perokok di negaranya. Menurut data, merokok menjadi salah satu faktor atas 78.000 kematian di Prancis setiap tahunnya.

5. Kanada (Rp169.587)

Sumber foto: iStock

Untuk menetapkan harga rokok, Kanada sepertinya bersanding dengan Islandia dan Prancis karena memiliki banderol yang tidak jauh berbeda.

Di Kanada sendiri, harga untuk 20 batang rokok berada di angka 11,89 dolar AS atau sekitar Rp169.587. Pemerintah Kanada juga menetapkan larangan merokok bagi penduduk di bawah usia 21 tahun.

6. Britania Raya (Rp220.078)

Sumber foto: Visanews

Secara hukum, Britania Raya masih membolehkan masyarakatnya untuk mengonsumsi rkok. Namun, harga jualnya sendiri terbilang tinggi yakni sekitar 15,43 dolar AS atau Rp220.078 per bungkusnya.

Oleh karena itu, penduduk di sana pun mulai banyak yang beralih terhadap produk rokok elektrik karena regulasi terhadap produk semacam itu masih terbilang longgar.

7. Norwegia (Rp223.215)

Sumber foto: Thinkstock

Tidak beda jauh, harga rokok di Norwegia juga terbilang sangat fantastis, geng. Jika ingin membeli rokok di negara ini, setidaknya harus siap merogoh kocek sebesar 15,65 dolar AS atau Rp223.215 untuk satu bungkusnya.

Negara ini pun terbilang cukup keras dalam menetapkan larangan merokok. Sebagai contoh, toko-toko di negara ini sangat dilarang untuk memajang produk rokok di etalase mereka.

8. Irlandia (Rp231.488)

Sumber foto: Pexels

Membanderol harga rokok sebesar 16,23 dolar AS atau Rp231.488 per bungkus, Irlandia kini masuk dalam tiga besar negara yang menjual harga rokok paling tinggi di dunia.

Sama seperti di Norwegia, pemerintah Irlandia pun cukup keras dalam menetapkan larangan merokok, geng.

Setidaknya, warga di Irlandia dilarang mengonsumsi rokok di tempat umum, kantor-kantor, restoran, transportasi umum, fasilitas pendidikan, dan fasilitas kesehatan.

9. Selandia Baru (Rp346.590)

Sumber foto: AFP/Marty Melville

Selandia Baru menempati urutan ke-dua sebagai negara yang mematok harga rokok paling mahal di dunia. Di negara ini, pemerintahnya pun telah melarang warganya untuk merokok karena alasan kesehatan.

Tidak tanggung-tanggung, bagi warga yang kedapatan merokok di tempat selain yang telah ditetapkan, akan dikenakan sanksi berupa denda, geng.

Harga satu bungkus rokok di Selandia Baru rata-rata dijual dengan harga 24,30 dolar AS atau sekitar Rp346.590.

10. Australia (Rp368.128)

Sumber foto: Sydney.com

Melansir data dari Numbeo, harga rokok di Australia jenis Marlboro (isi 20 batang) dibanderol 25,81 dolar AS atau setara Rp368.128.

Harga yang begitu tinggi itu membuat Negeri Kanguru ini dinobatkan sebagai negara dengan harga rokok termahal di dunia, lho.

Australia sendiri memang menerapkan aturan yang ketat bagi para perokok, geng. Pemerintah di sana tidak ingin warganya merokok di sembarang tempat karena dapat membahayakan kesehatan penduduk.

Akhir Kata

Jadi itulah tadi sepuluh negara yang menjual rokok dengan harga paling mahal di dunia, geng. Tentunya, sejumlah kebijakan itu diambil dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan penduduk di negaranya.

Nah, jika kamu tinggal di sejumlah negara di atas, apakah kamu masih mau mengonsumsi rokok, geng? Sampaikan pendapatmu sama Jaka, ya!

Baca juga artikel seputar Fakta Unik atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

Viral Kakek Muslim di Minahasa Hibahkan Tanah Untuk Gereja, Warganet: Semoga Diberkati!

Viral Kisah Suami Diceraikan Karena Nafkahi Istri Rp30 ribu, Warganet: Segitu Bisa Beli Apa?

5 Kasus Polisi dan Tentara Gadungan yang Pernah Viral, Sampai Bohongi Istri 7 Tahun!

Petisi Boikot Nikita Mirzani Trending di Medsos, Warganet: Penebar Kebencian dan Keributan!

10 Potret Bapack-Bapack yang Bucin Banget Sama Peliharaan, Udah Kayak Ngasuh Anak!

9 Potret Rumah Seleb TikTok Tanah Air, Rumah Baru Cimoy Montok Jadi Sorotan!

ARTIKEL TERKAIT

5 Aplikasi Nonton Iklan Dapat Uang 2022, Bisa Cari Cuan Sambil Rebahan!

Kaum Muda di China Jadi Kaum Rebahan | Capek Kerja Mati-matian Tapi Dibayar Pas-pasan

Kesuksesan Petani Susu Indonesia di Selandia Baru | Sangat Disegani!

Mendadak Tajir, Petani Ini Temukan Berlian Seharga Rp976 Juta di Ladang

10 Film Populer yang Ternyata Menyimpan Berbagai Kesalahan yang Mengejutkan

14 Gambar Jorok Ini Ada Karena Kesalahan Spasi

undefined
Kembali Keatas