5 Kasus Polisi dan Tentara Gadungan yang Pernah Viral, Sampai Bohongi Istri 7 Tahun!

Ditulis oleh Jaka - Senin, 13 Desember 2021, 18:10
Sejumlah kasus polisi dan TNI gadungan ini pernah viral di media sosial, geng. Ada yang sampai bohongi istri 7 tahun lamanya, lho. Ini daftar selengkapnya!

Menjadi anggota polisi maupun TNI adalah impian dari banyak orang. Maka tak heran, jika tes atau seleksi masuk ke kedua instansi itu terbilang ketat dan selalui diikuti oleh banyak peserta.

Meski begitu, kamu tidak boleh langsung percaya begitu saja setiap ada orang yang mengaku polisi atau tentara, geng. Pasalnya, banyak juga, lho, para polisi atau TNI gadungan yang kerap meresahkan masyarakat.

Hanya bermodalkan seragam yang dibeli dari pasar, para polisi atau TNI gadungan ini pun bebas berkeliaran di tengah masyarakat dan berhasil meraup keuntungan dengan dalih penegakan hukum.

Kebetulan, Jaka sudah merangkum sejumlah kasus viral anggota TNI-Polri gadungan yang sempat menghebohkan publik, geng. Penasaran? Langsung simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Mantan Napi Mengaku Polisi

Bagaimana bisa seorang mantan napi yang seharusnya sudah pernah ditindak oleh pihak kepolisian, justru kedapatan mengaku sebagai seorang polisi?

Memang terdengar aneh, namun itulah yang terjadi pada AR, seorang polisi jadi-jadian asal Sumatera Barat ini.

Tidak tanggung-tanggung, AR bahkan mengaku sebagai perwira polisi berpangkat AKBP yang sedang bertugas di Polda Sumbar, lho.

Ia berhasil ditangkap saat menemani pacarnya, AC, untuk mengurus perceraian di Pengadilan Agama Painan, Pesisir Selatan, pada Kamis (09/12/2021).

ADVERTISEMENT

Kasus ini bermula saat keluarga AC merasa curiga terhadap AR, lantaran AR terus mengajak AC yang telah berkeluarga untuk menikah dengannya. Pihak keluarga sang pacar pun kemudian menanyakan identitas AR ke Polres Pesisir Selatan.

Usut punya usut, AR ternyata bukanlah seorang anggota polisi. Ia bahkan diketahui merupakan seorang mantan napi kasus rudapaksa pada tahun 2000 silam. Parah!

2. TNI Gadungan Bentak Anggota Provos

Seorang tentara gadungan di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, berhasil diamankan oleh anggota TNI Kapten Inf M Manurung saat sedang melintas di jalan lintas Ujung Tanjung-Bagansiapiapi, hendak menuju markas, Selasa (14/09/2021).

Kapten Inf Manurung yang kala itu sedang bersama dengan seorang anggota Provos, tak sengaja melihat seorang pria berseragam TNI AD sedang mengendarai sepeda motor.

Merasa ada yang salah dengan seragam yang dikenakan si pria, keduanya lalu meminta anggota TNI AD itu untuk berhenti dan ditanyai identitasnya.

Namun, pelaku justru membentak anggota Provos yang hendak memberhentikannya tersebut.

"Petugas melihat brevet yang digunakan pelaku salah tempat penggunaan. Saat ditanya, pelaku malah menjawab dengan nada keras," kata Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, seperti dilansir dari Kompas, Senin (13/12/2021).

Saat dibawa ke Pos POM TNI AD di Bagansiapiapi, pelaku akhirnya mengaku bahwa dirinya bukanlah anggota TNI.

3. Anggota Polisi dan Bhayangkari Gadungan

Belum lama ini, video yang memperlihatkan seorang pria berseragam polisi dan perempuan yang mengenakan pakaian bhayangkari viral di media sosial.

Kedua pria dan wanita yang tampak dalam video itu ternyata hanyalah seorang warga sipil biasa.

RA, pria berseragam polisi dalam video, merupakan warga Rengasdengklok yang sehari-harinya bekerja sebagai petugas keamanan di sebuah gudang.

Sementara sang wanita, RW, adalah seorang pegawai swasta yang bertempat tinggal di Cikampek.

Saat diamankan polisi, RW mengaku tidak tahu kalau RA ternyata bukanlah polisi. Di satu sisi, keduanya mengaku baru kenal sejak Oktober 2021.

Adapun seragam polisi yang dikenakan RA rupanya dibeli secara online, geng. Hadeh...

4. Mayjen TNI Gadungan Tipu Puluhan Wanita

Seorang TNI gadungan yang mengaku berpangkat Mayjen akhirnya berhasil diamankan oleh Polda Jawa Timur. Pelakunya diketahui bernama Agung Supriyana, pria 38 tahun asal Kediri.

Setidaknya, ada sebanyak 22 laporan dari masyarakat yang merasa tertipu dengan aksi marinir gadungan tersebut, geng.

Para korban yang kebanyakan adalah perempuan itu mengaku tidak terima dengan modus Agung yang selalu mengatasnamakan aparat militer.

5. TNI Gadungan Bohongi Istri Selama 7 Tahun

Sudah menikah selama tujuh tahun lamanya, AS sama sekali tidak tahu kalau suaminya Saiful Muis ternyata hanya mengaku-ngaku sebagai TNI AU yang bertugas di Bandung, geng.

Melihat Muis yang jarang sekali ke kantor, AS pun mulai menaruh kecurigaan terhadap sang suami. Terlebih, ia tak kunjung dinikahi secara resmi walaupun keduanya sudah dikaruniai anak.

Setelah dilaporkan oleh AS, Muis akhirnya diamankan pada 22 Januari 2020 silam di rumah istrinya untuk dibawa ke Makodim 0710/Pekalongan.

Kepada petugas, Muis mengaku sengaja berbohong agar dirinya bisa lebih terpandang di hadapan istri dan keluarganya.

"Saya malu pulang ke rumah di Blora karena mendaftar TNI gagal terus sudah empat kali. Makanya saya enggak pulang, biar orang rumah tahu saya jadi TNI," kata Saiful saat diinterogasi petugas.

Sementara itu, AS selama ini mengaku tidak diberikan nafkah yang layak dari Muis, bahkan setelah mereka sudah memiliki anak sekalipun.

Kasus ini tidak dilanjutkan secara hukum. Namun, AS memilih bercerai dengan suaminya yang selama ini mengaku sebagai tentara.

Akhir Kata

Jadi itulah tadi sejumlah kasus polisi dan TNI gadungan yang kisahnya pernah viral di media sosial, geng.

Semoga dengan adanya kasus ini, kamu pun lebih waspada terhadap warga sipil yang hanya mengaku-ngaku sebagai aparat, ya!

Baca juga artikel seputar Viral atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

7 Fakta Menarik Tentang Harbolnas, Penunggu Tanggal Cantik Wajib Tahu!

9 Potret Rumah Seleb TikTok Tanah Air, Rumah Baru Cimoy Montok Jadi Sorotan!

7 Artis yang Pernah Mengganti Nama Anaknya, Takut Keberatan Nama?

Viral Kakek Muslim di Minahasa Hibahkan Tanah Untuk Gereja, Warganet: Semoga Diberkati!

11 Potret Orang yang Nggak Paham Menggunakan Barang, yang Emosian Dilarang Masuk!

6 Fakta Tersembunyi John Lennon, Ingin Bercinta dengan Pria Hingga Merasa Dirinya Tuhan

ARTIKEL TERKAIT

5 Aplikasi Nonton Iklan Dapat Uang 2022, Bisa Cari Cuan Sambil Rebahan!

Kaum Muda di China Jadi Kaum Rebahan | Capek Kerja Mati-matian Tapi Dibayar Pas-pasan

Kesuksesan Petani Susu Indonesia di Selandia Baru | Sangat Disegani!

Mendadak Tajir, Petani Ini Temukan Berlian Seharga Rp976 Juta di Ladang

10 Film Populer yang Ternyata Menyimpan Berbagai Kesalahan yang Mengejutkan

14 Gambar Jorok Ini Ada Karena Kesalahan Spasi

undefined
Kembali Keatas