7 Karakter Anime Atheis, Bikin Dilarang Tayang di Indonesia?

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 29 Mei 2022, 08:30
Kamu pernah penasaran enggak sih sama agamanya karakter anime? Ternyata, banyak loh yang memilih untuk menjadi atheis!

Entah mengapa orang Indonesia sering kepo dengan agama public figure. Tak salah jika majalah infotainment sering mengulas agama para artis.

Tidak hanya itu, terkadang agama karakter anime pun juga kerap membuat penasaran. Ketika melihat anime, kita melihat para karakternya pergi ke kuil atau merayakan natal.

Di Jepang sendiri, agama yang lumayan dominan adalah Budha, Shinto, dan Kristen. Itulah mengapa kita sering melihat karakter anime yang menjalani ritual agama-agama tersebut.

Walaupun begitu, tetap ada karakter anime yang digambarkan tidak mempercayai Tuhan alias atheis. Dilansir dari ReelRundown, inilah 7 karakter anime yang atheis!

1. Edward Elric (Fullmetal Alchemist)

Sumber foto: Amino Apps

Just a matter of time, Rose. Science will find a way. Science is the answer to everything. If I were you, I'd drop the scriptures and pick up an alchemy book. We're the closest thing to gods there are.

Karakter anime populer dari anime Fullmetal Alchemist, Edward Elric, pernah menyebutkan bahwa ia tidak percaya dengan keberadaan Tuhan.

Ia meyakini bahwa segala sesuatu di dunia bisa dijelaskan dengan sains. Jika ada hal yang tidak bisa dijelaskan melalui sains, Edward percaya itu hanya masalah waktu.

Ia juga pernah menyuruh karakter lain untuk lebih memilih buku kimia dibandingkan kitab suci. Bahkan, Edward menganggap manusia adalah makhluk yang paling mendekati Tuhan!

ADVERTISEMENT

2. Roy Mustang (Fullmetal Alchemist)

Sumber foto: Amino Apps

There is no such thing as God.

Selain Edward, Roy Mustang dari anime yang sama juga pernah mengungkapkan ketidakpercayaannya dengan Tuhan secara gamblang.

Percakapan ini pernah ia ucapkan ketika sedang berbicara dengan King Bradley pada episode 50. Ia berkata bahwa tidak ada yang namanya Tuhan.

3. Wrath (Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Sumber foto: Fullmetal Alchemist Database Wiki - Fandom

Open your eyes. 'God' is nothing more than a construct created by man to inspire fear and promote order. If you wish to see me struck down, for all these atrocities, use your own hands to do so, not 'God's'.

Di versi reboot dari anime Fullmetal Alchemist, Fullmetal Alchemist: Brotherhood, ada seorang karakter atheis bernama Wrath.

Dalam episode 30, ia mengungkapkan bahwa Tuhan tidak lebih dari ciptaan manusia yang terinspirasi dari rasa takut. Wah, seram juga ya, geng!

4. Revy (Black Lagoon)

Sumber foto: YouTube

It's power. Something a lot more useful than God. Rock. Besides this, what do you put value on? God? Love? Don't make me laugh.

Revy dari anime Black Lagoon terkenal dengan sifatnya yang pemarah dan impulsif. Ia juga sama sekali tidak percaya dengan keberadaan Tuhan.

Pada episode 6, Revy sedang berbincang dengan Rock. Ia mengatakan bahwa banyak hal yang lebih berguna daripada Tuhan.

Hal ini didasari atas pengalamannya yang pernah terlantar di jalanan. Ia merasa jika ada Tuhan, harusnya Ia akan menolong dirinya yang sedang kesusahan.

5. Misaki Nakahara (Welcome to the N.H.K.)

Sumber foto: Amazon.in

The problem is... I don't know where God is, much less how to defeat him. Unlike the others, I can't believe in God, since I have a poor imagination.

Dalam sebuah pidato, Misaka Nakahara dari anime Welcome to the N.H.K. mengatakan pemikirannya tentang Tuhan.

Ia menyatakan ingin mengalahkan Tuhan! Masalahnya, ia tidak tahu di mana Tuhan berada karena ia tidak bisa percaya dengan Tuhan karena daya imajinasinya lemah.

6. Roronoa Zoro (One Piece)

Sumber foto: DevianArt

I don't believe in Him (God), so why should I pray to him?

Roronoa Zoro dari anime One Piece merupakan salah satu karakter anime yang paling terkenal akan kemampuan mengayunkan pedangnya.

Dalam sebuah perbincangan dengan Nami dan Chopper, ia mengakui bahwa dirinya tidak pernah berdoa kepada Tuhan karena ia tidak percaya dengan keberadaannya.

7. Sanzo Genjou (Saiyuki)

Sumber foto: Saiyuki Wiki - Fandom

I don't believe in anyone, nor do I believe in God. I just believe in myself.

Karakter anime terakhir yang mengakui dirinya tidak percaya Tuhan adalah Sanzo Genjou dari anime Saiyuki.

Dalam salah satu episode, ia mengatakan bahwa dirinya tidak pernah percaya pada siapapun, termasuk Tuhan. Ia hanya percaya pada dirinya sendiri.

Akhir Kata

Itulah daftar karakter anime yang atheis, geng. Mungkin masih banyak, tapi Jaka rasa daftar yang ada di atas sudah cukup mewakili.

Jaka sendiri belum tahu apakah dengan sikap mereka tersebut membuat animenya dilarang tayang di Indonesia. One Piece sendiri pernah muncul di televisi, jadi sepertinya bukan masalah.

Jangan sampai ikut-ikutan ya, karena negara Indonesia berlandaskan Pancasila, di mana sila pertama adalah Ketuhanan yang Maha Esa.

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT

7 Kostum Karakter Anime Terbaik, Terinspirasi dari Pakaian Tradisional!

10 Karakter Anime Paling Lemah yang Pernah Ada, Padahal Karakter Utama!

8 Transformasi Karakter Anime Paling Keren, Bisa Jadi Dewa!

30+ Karakter Anime Tercantik 2022, Waifu Favorit Para Wibu!

9 Karakter Anime yang Asli Indonesia, Nomor 3 Mirip Tsunade!

13 Karakter Anime Cantik yang Ternyata Cowok, Cantiknya Menjebak!

undefined
Kembali Keatas