7 Sutradara yang Membenci Filmnya Sendiri, Banyak Film Gagal!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 14 Desember 2021, 13:45
Para sutradara ini terang-terangan menunjukkan kebencian terhadap film garapannya karena berbagai alasan. Duh, kok gitu? Kepoin semuanya di sini, geng!

Sutradara menjadi tokoh sentral dalam proses pembuatan film. Para sutradara diibaratkan seperti otak yang mengatur keseluruhan fungsi dan kerja dari suatu film.

Ikatan batin di antara sutradara dan film garapannya sering kali tercermin dengan sangat jelas, sampai-sampai banyak sutradara yang rela mengeluarkan uang pribadi mereka demi sebuah adegan yang mereka mau.

Hal sebaliknya justru ditemukan pada beberapa sutradara yang bukannya menunjukkan kecintaan mereka terhadap film garapannya dan malah cenderung membenci karyanya tersebut.

Beberapa alasan mendasar seperti ketidakcocokan visi dengan pemain, intervensi dari pihak studio, maupun ketidakpuasan pribadi menjadi penyebab mengapa ada sutradara yang sampai membenci filmnya sendiri.

Para sutradara ini terang-terangan menunjukkan ketidakpuasan mereka melalui wawancara maupun media sosial pribadinya, geng.

Siapa saja sih, sutradara yang membenci film buatannya sendiri? Berikut informasi selengkapnya!

1. David Fincher, Alien 3 (1992)

Sumber foto: medium.com

David Fincher masih kurang berpengalaman ketika dipercaya untuk menggarap seri ketiga dari franchise film klasik Alien.

Dengan waktu persiapan sekitar lima minggu saja dan script yang belum selesai, Fincher harus bergegas memulai proses pembuatan film fiksi ilmiah yang satu ini.

ADVERTISEMENT

Pada akhirnya, film ini memang kurang diterima dengan baik di pasaran dan menjadi pengalaman buruk bagi sang sutradara.

Pada sebuah wawancara tahun 2009, sang sutradara terang-terangan mengatakan bahwa film ini adalah hal terburuk yang terjadi pada dirinya.

2. Tony Kaye, American History X (1998)

Sumber foto: newstatesman.com

Tony Kaye dan Edward Norton terlibat perseteruan hebat pada saat proses pembuatan film American History X.

Mereka berdua memiliki visi berbeda tentang bagaimana film ini seharusnya dibuat dan mencoba untuk saling mendominasi satu sama lain.

Perseteruan ini membuat Kaye terang-terangan menyalahkan sang aktor dan menyebutkan bahwa dia tidak suka dengan film garapannya yang satu ini.

Meskipun menjadi buah pertengkaran, film American History X mendapatkan banyak pujian dari para kritikus.

3. Michael Bay, Transformers: Revenge of the Fallen (2009)

Sumber foto: rogerbert.com

Transformers menjadi franchise film aksi yang dipercayakan kepada Micahel Bay.

Meskipun begitu, sutradara yang terkenal suka sekali membubuhkan ledakan ke filmnya ini, mengutarakan ketidakpuasannya terhadap seri kedua dari franchise tersebut.

Michael Bay mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa hasil akhir di film ini memang sangat buruk.

Sang sutradara menyalahkan protes yang dilakukan oleh para penulis di film ini sebagai penyebab utama buruknya film tersebut.

4. Mathieu Kassovitz, Babylon A.D. (2008)

Sumber foto: amc.com

Babylon A.D. seharusnya menjadi film fiksi ilmiah sukses seperti halnya novel Babylon Babies yang menjadi sumber referensi film ini.

Sayangnya, Mathieu Kassovitz sebagai sutradara di film ini terlibat pertengkaran hebat dengan pihak produser dan studio yang memproduksi film ini.

Dia mengatakan bahwa pihak studio tidak menghargai cerita dan visi yang ia miliki untuk film yang satu ini.

Sang sutradara bahkan menolak untuk dilibatkan dalam proses promosi film aksi gagal yang dibuatnya ini.

5. Joel Schumacher, Batman and Robin (1997)

Sumber foto: movieassault.com

Film Batman and Robin dinilai sebagai salah satu film superhero paling buruk yang pernah dibuat dan hal ini juga diakui oleh sang sutradara.

Joel Schumacher sebagai sutradara di film ini tidak ingin mengelak dan mengatakan bahwa film garapannya ini tidak seburuk yang dikatakan banyak orang.

Dalam wawancara tersebut, Schumacher bahkan mengatakan bahwa dia berhutang maaf kepada semua penggemar Batman atas film garapannya tersebut.

Film superhero ini memang banyak dibenci banyak penggemar Batman, salah satunya karena kostum Batman di film tersebut memiliki puting.

6. Josh Trank, Fantastic Four (2015)

Sumber foto: eggplante.com

Film yang seharusnya menjadi film reboot yang mendongkrak kepopuleran film superhero pendahulunya ini, malah jadi salah satu film superhero paling gagal.

Cerita yang terbilang aneh dan juga pemilihan karakter yang terlalu jauh dengan versi komiknya menjadi alasan utama film ini kurang diterima di pasaran.

Josh Trank sebagai sutradara di film ini bahkan membuat postingan di sosial medianya bahwa film ini bukan versi film terbaik yang bisa dia buat.

Fantastic Four bahkan menjadi salah satu film yang dibenci bahkan sebelum tayang secara resmi di berbagai bioskop.

7. Alan Taylor, Thor: The Dark World (2013)

Sumber foto: disneyplus.com

Thor: The Dark World menjadi salah satu film yang kurang sukses di franchise film MCU.

Film yang satu ini seolah-olah hanya menjadi film perantara yang menerangkan kekuatan dari salah satu Infinity Stone.

Alan Taylor sebagai sutradara di film ini mengatakan bahwa awalnya ia diberi kebabasan untuk melakukan semua proses syuting sesuai kehendaknya, namun kemudian pihak Marvel merubah film ini sekehendak mereka.

Alan mengatakan bahwa pengalaman bekerja dengan Marvel ini menjadi pengalaman buruk baginya dan berharap bahwa kejadian yang sama seperti yang dia alami jangan sampai menimpa orang lain.

Akhir Kata

Itu dia 7 sutradara yang membenci film buatannya sendiri. Para sutradara di film ini memiliki alasan yang berbeda-beda atas kebenciannya itu.

Ketidaksinambungan ini kerap kali menyebabkan film yang diproduksi mengalami penurunan kualitas dan film tersebut berakhir sebagai film gagal, geng.

Hal seperti ini seharusnya bisa dihindari untuk meminimalisir kerugian dari berbagai pihak yang terlibat dalam proses pembuatannya. Setuju?

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT

25 Film Action Terbaru dan Terbaik 2022, Penuh Aksi Menegangkan!

41 Film Action Terbaik & Terbaru 2022, Seru dan Menegangkan!

50 Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2022, Hangat & Bikin Baper!

12 Rekomendasi Film Barat Terbaru dan Terbaik 2023, Semuanya Wajib Ditonton!

8 Cameo Paling Mengejutkan di Film Hollywood, Sosok Terkenal Semua!

7 Artis Hollywood yang Merendahkan Film Marvel, Kesal Karena Gak Diajak Main?

undefined
Kembali Keatas