11 Film Sejarah Islam Terbaik, Tontonan Selama Ramadhan

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 22 Maret 2022, 13:30
Film sejarah Islam memang selalu mampu mengundang rasa penasaran, meskipun hanya diminati oleh beberapa kalangan saja. Berikut pilihan judul terbaiknya!

Kamu suka sejarah? Lagi cari rekomendasi film sejarah Islam yang seru dan punya banyak pengetahuan baru? Berarti kamu berada di tempat yang tepat!

Kamu bisa banget menambah wawasan dan ketakwaan kamu sebagai penganut agama Islam dengan cara nonton film sejarah Islam, geng.

Apalagi bulan suci Ramadhan bakalan tiba dalam hitungan hari saja. Daripada ngabuburit ke luar rumah, lebih baik nonton film tentang Islam yang inspiratif berikut ini. Dijamin seru!

Ini juga bisa jadi alternatif tontonan buat kamu yang bosan nonton film romantis, horor, komedi, atau pun action Hollywood yang biasanya. Tebalkan iman dan perdalam pengetahuan seputar agama Islam dengan daftar film sejarah Islam terbaik yang sudah Jaka rangkum berikut ini!

1. "The Message" (1977)

Film pertama yang ingin Jaka bagikan adalah cerita mengenai perjalanan Syiar Rasulullah SAW yang berjudul "The Message".

Film sejarah Islam yang diproduksi pada tahun 1976 ini mengisahkan tentang perjalanan dakwah Nabi Muhammad SAW di gua Hiro dan Mekkah. Khususnya di masa-masa awal sejarah Islam.

Kisah Rasulullah ini diceritakan lewat perspektif sang paman dan juga anak angkatnya. Dirilis dalam versi bahasa Inggris dan bahasa Arab, kamu bakal menemukan cerita menggugah iman tentang kemuliaan Rasulullah.

ADVERTISEMENT

Khususnya dalam menaklukan musuh-musuhnya, beliau sebisa mungkin memilih berperang melalui jalan damai dan menghindari perang pembantaian.

Saking kerennya film ini, bahkan berhasil mendapat nominasi Best Original Score di ajang Academy Awards ke-50. Film ini diproduksi oleh negara Libya, Maroko, Lebanon, Syria, dan Inggris.

Judul The Message
Tayang 8 Juli 1977
Durasi 2 jam 57 menit
Sutradara Moustapha Akkad
Pemain Anthony Quinn, Irene Papas, Michael Ansara
Genre Biography, Drama, History
Rating 8.2/10 (IMDb.com)

2. "Fetih 1453" (2012)

Ada banyak sekali kisah dan sejarah Islam di dunia ini yang bukan hanya tentang perjalanan dakwah saja. Salah satunya yang dikisahkan dalam film berjudul "Fetih 1453" ini.

"Fetih 1453" adalah film sejarah Islam yang disutradarai oleh Faruk Aksoy, seorang pria kelahiran Turki yang pernah menempuh pendidikan di Universitas Istanbul.

Dalam filmnya, Aksoy mengisahkan seputar penaklukan Konstantinopel oleh tentara Turki Utsmani di bawah kepemimpinan Muhammad Al-Fatih (Sultan Mehmed II).

Hingga pada akhirnya, mereka mampu menaklukan tembok Konstantinopel yang belum sempat terkalahkan sebelumnya sebab, menurut informasi yang ada di film, tembok tersebut adalah tembok raksasa tiga lapis dan merupakan salah satu tembok yang paling kokoh di dunia.

Semangat penaklukan komando dari Muhammad Al-Fatih juga pernah diriwayatkan oleh hadis Rasulullah kepada Ahmad bin Hambal.

Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.

Judul Fetih 1453
Tayang 25 April 2012
Durasi 2 jam 42 menit
Sutradara Faruk Aksoy
Pemain Devrim Evin, Ibrahim Celikkol, Dilek Serbest
Genre Action, Drama, History
Rating 6.7/10 (IMDb.com)

3. "Men of Anjolos" (1977)

Berlatar belakang kisah di zaman kekuasaan Adrianus, film sejarah Islam "Men of Anjolos" dirilis berseri. Judul aslinya "Ashab-e Kahf", yang menceritakan tentang 7 pemuda kuat, tabah, dan beriman tebal.

Kala itu, mereka hidup di daerah Romawi yang kekuasaannya dipegang oleh raja kafir, Diqyanus, yang ketat memerintahkan seluruh umat yang ada di sana untuk ikut serta mempercayai dan menyembah berhala.

Namun, berkat kekokohan imannya, 7 pemuda ini akhirnya bisa lolos dari kejamnya Raja Diqyanus dengan melarikan diri ke sebuah gua yang dijadikan sebagai tempat persembunyian.

Berkat izin Allah SWT, 7 pemuda tersebut pun berhasil selamat di gua dengan cara ditidurkan selama 309 tahun, dan dibangkitkan kembali ketika daerah yang mereka tinggali berganti raja yang beriman kepada Allah SWT.

Judul Ashab-e Kahf (Men of Anjolos)
Tayang Tahun 1997
Durasi Bervariasi tergantung episode-nya
Sutradara Farajollah Salahshoor
Pemain H seyin Soysalan, Reza Iranmanesh, Jafar Dehghan
Genre Drama, History
Rating 7.0/10 (IMDb.com)

4. "Lion of the Desert" (1981)

Ingatkah kamu dengan julukan Singa Padang Pasir? Dalam film tentang sejarah Islam berjudul "Lion of Desert" ini, julukan tersebut juga digaungkan kepada seorang pahlawan Libya, Omar Mukhtar, yang kala itu sangat berani dan pintar dalam berperang.

Film yang diproduksi Amerika pada tahun 1981 ini disebut-sebut menjadi salah satu dari sekian banyak film tentang sejarah Islam yang menceritakannya secara terang-terangan.

Di dalam salah satu scene, ada kalimat dari sang Singa Padang Pasir yang terkenal sampai saat ini:

Jari telunjuk saya, yang mengakui dalam setiap ibadah bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah, tidak bisa menulis kata-kata dusta, kami tidak menyerah, kami menang atau mati!

Judul Lion of the Desert
Tayang 16 Mei 1981
Durasi 2 jam 53 menit
Sutradara Moustapha Akkad
Pemain Anthony Quinn, Oliver Reed, Rod Steiger
Genre Biography, Drama, History
Rating 8.4/10 (IMDb.com)

5. "Kingdom of Heaven" (2005)

Lagi cari film sejarah Islam perang salib terbaik? Film "Kingdom of Heaven" yang disutradarai oleh Ridley Scott, bersama penulis William Monahan adalah salah satu pilihannya.

Film Hollywood Islami terbaik ini ini dibintangi oleh aktor Hollywood terkenal seperti Orlando Bloom dan Eva Green.

Dalam film ini, kamu bisa melihat situasi Perang Salib di abad ke-12. Berfokus pada sosok Balian of Ibelin yang bertarung ke Jerusalem untuk mempertahankannya dari serbuan Saladin (Salahuddin Ayyubi).

Saladin sendiri sangat terkenal di dunia Islam dan Kristen karena gaya kepemimpinan dan kekuatan militernya yang terbukti menaklukan kota Yerussalem.

Judul Kingdom of Heaven
Tayang 6 Mei 2005
Durasi 2 jam 24 menit
Sutradara Ridley Scott
Pemain Orlando Bloom, Eva Green, Liam Neeson
Genre Action, Adventure, Drama
Rating 7.2/10 (IMDb.com)

6. "Khalid ibn Al-Walid" (2006)

Satu lagi seorang pahlawan muslim yang sangat terkenal sampai sekarang adalah Khalid Bin Walid. Beliau merupakan jenderal terbaik yang nggak bisa dibandingkan dengan yang lainnya.

Film serial "Khalid ibn Al-Walid" ini sendiri mengambil setting waktu sekitar 17 tahun sebelum masa perkembangan Islam.

Di mana, ada begitu banyak sejarah peperangan Islam menarik dan penuh wawasan yang bisa kamu petik dari film series yang diperankan oleh Al-Chamandi dan Aldeen ini.

Judul Khalid ibn Al-Walid
Tayang 2006 - 2007
Durasi Bervariasi tergantung episode-nya
Sutradara Tidak diketahui
Pemain Lama Al-Chamandi, Suzan Najm Aldeen, Khaled Alkeesh
Genre Biography, History
Rating 7.0/10 (IMDb.com)

7. "The Kingdom of Solomon" (2010)

Kisah Nabi Sulaiman AS pastinya sangat familiar. Kalau mau tahu lebih dalam lagi tentang sejarah Islam dari perspektif beliau, kamu wajib nonton "The Kingdom of Solomon".

Film action, drama, dan sejarah ini menceritakan kecerdasan Nabi Sulaiman AS. Walaupun begitu, kecerdasannya ini gak membuat orang-orang di sekitarnya mendengarkan nasihat beliau tentang serangan pasukan jin dan setan ke Bani Israil.

Ceritanya sendiri diambil berdasarkan catatan-catatan Islam tentang kehidupan Nabi Sulaiman AS yang diambil dari Al-Quran.

Judul The Kingdom of Solomon
Tayang 7 Oktober 2010
Durasi 1 jam 50 menit
Sutradara Shahriar Bahrani
Pemain Amin Zendegani, Mahmood Pakniat, Elham Hamidi
Genre Action, Drama, History
Rating 6.3/10 (IMDb.com)

8. "Muhammad: The Messenger of God" (2015)

Judul film sejarah Islam terbaik yang berikutnya yaitu "Muhammad: The Messenger of God" yang mengisahkan tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Di film ini diceritakan secara lengkap mulai dari kelahiran beliau hingga pertemuannya dengan pendeta Buhaira di usia 13 tahun.

Sayangnya, saat dirilis pada tahun 2015 silam, "Muhammad: The Messenger of God" justru menuai kontroversi dan dianggap sebagai salah satu film yang menghina Islam.

Sebagian menilai bahwa film tersebut keluar dari aturan Islam karena menampakkan sosok Baginda Nabi Muhammad.

Meskipun mendapatkan banyak kritik tajam, tapi film ini rupanya cukup membuat penasaran publik terlebih film ini juga disutradarai oleh seorang nominator Oscar dari Iran, Majid Majidi.

Judul Muhammad: The Messenger of God
Tayang 27 Agustus 2015
Durasi 2 jam 42 menit
Sutradara Majid Majidi
Pemain Mahdi Pakdel, Sareh Bayat, Mina Sadati
Genre Biography, Drama, History
Rating 7.5/10 (IMDb.com)

9. "Sang Kiai" (2013)

Sumber foto: TrueID

Berbeda dari yang lain, film tentang sejarah Islam yang satu ini berasal dari Indonesia, geng. Film ini berkisah tentang pejuang kemerdekaan sekaligus salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yakni Hadratussyaikh Kyai Haji Hasyim Asy'ari (Ikranagara).

Berlatar di masa penjajahan Jepang, kondisi Indonesia saat itu justru sama menderitanya dengan masa penjajahan Belanda. Rakyat dipaksa untuk melakukan Seikerei, yakni penghormatan kepada Dewa Matahari yang ditolak karena dianggap menyimpan dari aqidah agama Islam.

Sang Kiai pun ditangkap Jepang. Salah satu santrinya, Harun (Adipati Dolken), berusaha menghimpun kekuatan santri untuk melakukan demo menuntut kebebasan sang guru. Namun cara tersebut salah dan malah menambah korban jiwa.

Film ini benar-benar memberikan ilmu baru mengenai sejarah Islam di Indonesia. Termasuk juga bagaimana para ulama terlibat dalam perjuangan meraih kemerdekaan kita. Bikin terharu!

Saking kerennya, film ini juga terpilih sebagai wakil Indonesia untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik dalam ajang Academy Awards ke-86. Namun sayangnya gak lolos nominasi.

Judul Sang Kiai
Tayang 30 Mei 2013
Durasi 2 jam 16 menit
Sutradara Rako Prijanto
Pemain Ikranagara, Christine Hakim, Adipati Dolken, Agus Kuncoro
Genre Drama, Biography
Rating 6.7/10 (IMDb.com)

10. "Islam: Empire of Faith" (2000)

Sumber foto: MUBI

Film "Islam: Empire of Faith" adalah salah satu seri film dokumenter tentang Islam yang dirilis pada tahun 2000 di PBS.

Serial TV terbaik satu ini dinarasikan oleh Ben Kingsley. Total terbagi dalam 3 episode, episode pertama mengisahkan tentang kehidupan Nabi Muhammad.

Lalu dilanjut dengan episode kedua tentang masa Kekhalifahan awal dan invasi Mongol. Terakhir adalah episode ketiga tentang Ottoman Empire dan dinasti Safavid.

Judul Islam: Empire of Faith
Tayang 2000
Durasi -
Sutradara Robert H. Gardner
Pemain Ben Kingsley (Narator)
Genre Dokumenter
Rating 7.8/10 (IMDb.com)

11. "Free Man" (2011)

Sumber foto: IMDb

Judul film sejarah Islam yang terakhir adalah "Free Man". Sebuah film biografi asal Turki yang ditulis, diproduksi, dan disutradarai oleh Mehmet Tanrisever.

Film ini berkisah tentang ilmuwan Kurdi Muslim bernama Said Nursi. Kisah hidupnya ini dikisahkan dalam tiga fase berbeda, yakni "Old Said", "New Said", dan "Third Said".

Di masa-masa tersebut, ia menulis surat-surat pada murid-muridnya tentang keimanan dan filosofi agamanya. Tulisan itu lantas dikumpulkan jadi buku setebal 6000 halaman berjudul Risele-i Nur Collection.

Film ini sangat populer di Turki, dan sempat menduduki peringkat kedua film terlaris di sana serta memenangkan berbagai penghargaan.

Judul Free Man
Tayang 7 Januari 2011
Durasi 2 jam 43 menit
Sutradara Mehmet Tanrisever
Pemain Mursit Aga Bag, Tarik Tanrisever, Halil Ibrahim Kalaycioglu
Genre Drama, Action
Rating 4.9/10 (IMDb.com)

Daftar Film Sejarah Islam Terbaik

  1. "The Message" (1977)
  2. "Fetih 1453" (2012)
  3. "Men of Anjolos" (1977)
  4. "Lion of the Desert" (1981)
  5. "Kingdom of Heaven" (2005)
  6. "Khalid ibn Al-Walid" (2006)
  7. "The Kingdom of Solomon" (2010)
  8. "Muhammad: The Messenger of God" (2015)
  9. "Sang Kiai" (2013)
  10. "Islam: Empire of Faith" (2000)
  11. "Free Man" (2011)

Akhir Kata

Nah, itu tadi rekomendasi film sejarah Islam terbaik sepanjang masa yang bisa Jaka ulas untuk kamu.

Film-film di atas bisa kamu jadikan alternatif mencari ilmu lebih tentang Islam dengan cara yang menyenangkan. Dijamin lebih seru dan gak membosankan dibanding hanya baca buku sejarah aja, geng.

Apakah kamu punya rekomendasi lain mengenai film yang menceritakan sejarah Islam? Mulai dari Nabi Muhammad, Nabi Isa, Nasi Sulaiman, ataupun sahabat Nabi yang lainnya? Jika ya, jangan lupa sampaikan di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT

11 Aplikasi Islami Android Terbaik di Bulan Ramadan, Insyaallah Nambah Pahala!

15 Film Islami Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Menyentuh!

11 Game Ini Dianggap Telah Menghina Islam! Jangan Mainin Lagi!

9 Film Hollywood Bertema Islam yang Menampilkan Sisi Positif Umat Muslim

7 Film Ini Dianggap Menghina Islam, Keterlaluan dan Banyak yang Nonton!

10 Film Agen Rahasia Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Aksi dan Rahasia!

undefined
Kembali Keatas