15 Film Jepang Terbaik & Terbaru 2022, Menyentuh & Penuh Makna!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 11 Maret 2022, 18:00
Rekomendasi film Jepang terbaik sepanjang masa dari berbagai genre, dari komedi, romantis, horor, hingga survival! (Update 2022)

Film Jepang terbaik ternyata berhasil jadi salah satu kekuatan besar di industri film Asia loh.

Perkembangan film-film Jepang memang cukup pesat. Terlebih di tahun 2022 ini, banyak film Jepang terbaru yang muncul dan berhasil meraih popularitas tinggi baik di kalangan kritikus maupun penonton.

Kamu mungkin sudah dengar tentang film Drive My Car yang berhasil meraih nominasi Best International Film dan Best Picture di ajang Academy Awards 2022. Bisakah film ini mengulang kesuksesan film Parasite (2019)?

Selain itu, masih ada banyak film Jepang terbaik sepanjang masa dari berbagai genre seperti komedi, romantis, action, horor, hingga survival yang wajib banget kamu tonton setidaknya sekali seumur hidup.

Gak usah bingung mencari-cari, karena Jaka sudah menyediakan rekomendasi film Jepang terbaru dan terbaik 2022 hanya buat kamu. Simak artikel berikut ini sampai habis ya!

1. Love Like the Falling Petals (2022)

Pertama ada film original Netflix terbaru, yakni Love Like the Falling Petals. Film drama romantis ini diadaptasi dari novel berjudul "Sakura no Yona Boku no Koibito" karya Keisuke Uyama.

Berkisah tentang Haruto Asakura (Kento Nakajima), seorang fotografer yang jatuh cinta pada penata rambut bernama Misaki Ariake (Honoka Matsumoto).

ADVERTISEMENT

Haruto pun mengajak Misaki berkencan dan mereka berpacaran dengan bahagia. Namun tragedi menerpa ketika Misaki didiagnosis sebuah penyakit langka.

Penyakit tersebut menyebabkan Misaki menua 10 kali lebih cepat dari orang normal. Haruto pun harus melihat orang yang ia cintai menderita. Bisakah keduanya memanfaatkan waktu yang ada untuk hidup bahagia?

Film tragedi romantis yang pastinya bakal bikin kamu nangis ini dijadwalkan rilis di Netflix per 24 Maret 2022.

Judul Love Like the Falling Petals
Tayang 11 Februari 2021
Durasi 2 jam 8 menit
Distribusi Netflix
Sutradara Yoshihiro Fukagawa
Cast Kento Nakajima, Honoka Matsumoto
Genre Drama, Romantis
Rating TBA (RottenTomatoes.com)

TBA (IMDb.com)

2. Wheel of Fortune and Fantasy (2022)

Selanjutnya ada film antologi drama romantis berjudul Wheel of Fortune. Film yang disutradarai sama Ryusuke Hamaguchi ini berhasil meraih pujian dari kritikus. Rating di RottenTomatoes saja mencapai 99%, geng!

Berkisah tentang tiga wanita yang harus berurusan dengan masalah-masalah hubungan percintaan di dunia modern. Ketiganya sedang berada di situasi yang berbeda.

Ada seorang wanita muda yang temannya jatuh cinta pada mantan si wanita tersebut. Kemudian seorang siswa sinis yang meminta pasangannya untuk menjebak profesornya. Serta dua orang teman lama yang kembali bertemu setelah 20 tahun terpisah.

Film ini dirilis terbatas di beberapa festival dunia dan berhasil meraih penghargaan. Seperti Berlin International Film Festival dan Buenos Aires International Independent Film Festival.

Judul Wheel of Fortune and Fantasy
Tayang 17 Desember 2021 (Jepang)
Durasi 2 jam 6 menit
Produksi Neopa, Fictive
Sutradara Ryusuke Hamaguchi
Cast Kotone Furukawa, Ayumu Nakajima, Hyunri, Kiyohiko Shibukawa, dkk
Genre Antologi, Drama, Romantis
Rating 99% (RottenTomatoes.com)

7.6/10 (IMDb.com)

3. Drive My Car (2021)

Lalu ada perwakilan resmi Jepang yang berhasil masuk nominasi Best International Film dan juga Best Picture di ajang Oscars 2022. Drive My Car yang juga disutradarai sama Ryusuke Hamaguchi.

Film drama perjalanan ini terinspirasi dari cerita pendek karya Haruki Murakami berjudul sama yang ada di koleksi "Men Without Women" dan rilis pada 2014 lalu.

Film dengan judul asli Doraibu Mai Ka ini mengisahkan seorang sutradara teater bernama Yusuke Kafuku (Hidetoshi Nishijima) yang baru saja kehilangan sang istri.

Ia lalu mencari seorang supir untuk mengantarnya ke sebuah festival teater di Hiroshima. Supir tersebut adalah Misaki Watari (Toko Miura).

Film ini mengisahkan tentang perjalanan mereka. Bagaimana hubungan yang hangat di antara keduanya mulai terbentuk walaupun mereka tidak memiliki kesamaan sifat. Serta upaya Yusuke serta Misaki merelakan masa lalu.

Judul Drive My Car
Tayang 20 Agustus 2021
Durasi 2 jam59 menit
Produksi C&I Entertainment, Culture Entertainment,

Bitters End, Nekojarashi, Quaras, Nippon Shuppan Hanbai,

Bungeishunju, L'Espace Vision, The Asahi Shinbun Company
Sutradara Ryusuke Hamaguchi
Cast Hidetoshi Nishijima, Toko Miura, Reika Kirishima, dkk
Genre Drama, Road trip
Rating 98% (RottenTomatoes.com)

7.7/10 (IMDb.com)

4. Under the Open Sky (2021)

Under the Open Sky adalah salah satu film Jepang terbaik 2021 menurut Jaka. Film ini sebelumnya sempat tayang secara online di Japanese Film Festival 2022 pada Februari 2022 lalu.

Berkisah tentang Masao Mikami, seorang mantan anggota Yakuza yang berusaha untuk hidup normal setelah bebas dari penjara selama 13 tahun. Tentunya hal itu gak mudah.

Kehadirannya gak diterima dengan baik oleh masyarakat. Untungnya, ia bertemu dengan orang-orang baik di sepanjang jalan yang mengubah hidupnya.

Hati-hati, geng, film yang disutradarai sama Miwa Nishikawa dan dibintangi oleh Koji Yakusho serta Taiga Nakano ini bakal bikin kamu gak bisa berhenti nangis. Saking bagusnya, film ini berhasil meraih rating 100%!

Judul Under the Open Sky
Tayang 11 Februari 2021
Durasi 2 jam 6 menit
Produksi AOI Pro.
Sutradara Miwa Nishikawa
Cast Isao Hashizume, Meiko Kaji, Yukiya Kitamura, dkk
Genre Crime
Rating 100% (RottenTomatoes.com)

7.3/10 (IMDb.com)

5. Umibe No Kanojotachi (2020)

Umibe No Kanojotachi atau Along The Sea berfokus pada konflik eksploitasi pekerja asing tidak berdokumen yang datang ke Jepang.

Film ini mengisahkan perjalanan tiga wanita Vietnam yang berjuang dan saling peduli antara satu sama lain dalam mencari kehidupan yang lebih baik di negara asing.

Film ini disutradarai oleh Akio Fujimoto dan diperankan oleh bintang Vietnam seperti Phuong Hoang, Anh Huynh Tuyet, dan Nhu Quynh Nguyen Linh.

Judul Umibe No Kanojotachi
Tayang 19 September 2020
Durasi 1 jam 28 menit
Produksi E.x.N K.K., Ever Rolling Films)
Sutradara Akio Fujimoto
Cast Phuong Hoang, Anh Huynh Tuyet, Nhu Quynh Nguyen Linh, dkk
Genre Drama
Rating 7.0/10 (IMDb.com)

6. Tenki no Ko (2019)

Film Jepang rekomendasi selanjutnya adalah Weathering with You atau bahasa Jepangnya Tenki no Ko. Wajib banget kamu saksikan karena nilai-nilai hidup yang luar biasa banyak di sini.

Anime movie terbaik yang rilis pada 2019 ini mengisahkan seorang anak laki-laki yang kabur ke Tokyo. Di sana, ia bertemu dengan seorang gadis cantik yang mampu melakukan hal-hal ajaib.

Salah satunya, ia mampu memanipulasi cuaca menjadi cerah ataupun hujan. Hanya saja, ada konsekuensi yang harus dirasakan sang gadis. Apakah itu? Lalu apa pengaruhnya pada hubungan mereka?

Judul Weathering with You
Tayang 21 Agustus 2019
Durasi 1 jam 52 menit
Produksi Beijing Enlight Pictures, China Film Group Corporation (CFGC)
Sutradara Makoto Shinkai
Cast Kotaro Daigo, Nana Mori, Shun Oguri, dkk
Genre Animation, Drama, Family
Rating 91% (RottenTomatoes.com)

7.6/10 (IMDb.com)

7. One Week Friends (2017)

Buat pecinta film romantis, kamu harus menonton Ishuukan Friends alias One Week Friends. Ceritanya diangkat dari seri manga dan anime garapan Matcha Hazuki.

Nah, film Jepang romantis yang satu ini mengisahkan persahabatan sekaligus percintaan antara Yuki Hase dan Kaori Fujimiya.

Sayangnya, niatan Yuki harus terhalang karena penyakit langka yang diidap Kaori. Penyakit ini bakal bikin Kaori lupa tentang segala hal yang dilakukan teman-temannya setiap hari Senin.

Judul One Week Friends (Ishuukan Friends)
Tayang 18 Februari 2017
Durasi 120 menit
Produksi Asmik Ace Entertainment, Fuji Creative (FCC), Ken-On Group
Sutradara Shosuke Murakami
Cast Haruna Kawaguchi, Kento Yamazaki, Seika Furuhata, dkk
Genre Teen, Romance
Rating 7.1/10 (IMDb.com)

8. You Lie in April (2016)

Bagi kamu penggemar seri manga dan anime, Shigatsu wa Kimi no Uso atau juga dikenal dengan judul You Lie in April mungkin sudah sangat familiar.

Film ini mengisahkan seorang pianis berbakat bernama Arima Kousei. Di balik bakatnya yang cemerlang, ia memutuskan berhenti mengikuti perlombaan karena kematian ibunya.

Semua berubah saat Kaori Miyazono, seorang pemain biola berbakat bersama teman-temannya menghibur dia. Film ini wajib kamu tonton karena nilai-nilainya yang begitu dalam.

Judul You Lie in April (Shigatsu wa Kimi no Uso)
Tayang 10 September 2016
Durasi 122 menit
Produksi C&I Entertainment
Sutradara Takehiko Shinjo
Cast Kento Yamazaki, Suzu Hirose, Anna Ishii, dkk
Genre Teen, Romance, Music
Rating 7.0/10 (IMDb.com)

Film Jepang Terbaik Lainnya...

9. Kimi no Na wa (Your Name) (2016)

Rekomendasi selanjutnya adalah Kimi no Na wa. Bergenre romantis komedi fantasi, film ini hingga kini masih memuncaki jajaran anime terbaik sepanjang masa.

Your Name mengisahkan tentang Mitsuha Miyamizu, seorang anak perempuan yang secara mendadak bertukar tubuh dan nasib dengan anak lelaki bernama Taki Tachibana.

Taki tinggal di Tokyo, sementara Miyamizu hanyalah anak desa biasa. Karena inilah, keduanya mulai melakukan pencarian diri satu sama lain.

Judul Kimi no Na wa.
Jadwal Tayang 26 Agustus 2016
Durasi 1 jam 46 menit
Produksi CoMix Wave Films
Sutradara Makoto Shinkai
Cast Ryunosuke Kamiki, Mone Kamishiraishi, Ryo Narita, dkk
Genre Animation, Drama, Fantasy
Rating 98% (RottenTomatoes.com)

8.4/10 (IMDb.com)

10. 13 Assassins (2010)

Salah satu film samurai terbaik sepanjang masa yang harus kamu tonton adalah 13 Assassins. Film ini berlatar Kekaisaran Jepang pada masa Shogun Tokugawa tahun 1844.

Nah yang unik dari film Jepang samurai ini, perkumpulan 13 Assassins dibentuk dari sekelompok pembunuh bayaran. Mereka dituduh melakukan pembunuhan berencana terhadap saudara Sang Shogun.

Padahal, pelakunya adalah orang kepercayaan Sang Shogun sendiri. Selain menyaksikan perjuangan mereka menyingkap kebenaran, kamu bakal terhibur dengan aksi pertarungan dan koreografi hebat!

Judul J san-nin no shikaku
Tayang 25 September 2010
Durasi 2 jam 34 menit
Produksi Sedic International, Recorded Picture Company (RPC), Asahi Broadcasting Corporation (ABC)
Sutradara Takashi Miike
Cast K ji Yakusho, Takayuki Yamada, Y suke Iseya, dkk
Genre Action, Adventure, Drama
Rating 95% (RottenTomatoes.com)

7.6/10 (IMDb.com)

11. Kamisama no Iutoori (2014)

Dirilis pada 2014, Kamisama no Iutoori yang juga dikenal dengan judul As The God Will mengisahkan suatu kelas di sekolah Jepang yang terjebak dalam permainan battle royale mematikan.

Sudah ditebak, namanya aja battle royale, tiap anggota kelas harus saling membunuh atas perintah boneka daruma. Kalau nggak mau nurut, hukuman mengerikan bakal mereka hadapi.

Biarpun bukan film Jepang tentang perjodohan, tapi sensasi yang ngeri-ngeri sedap membuat film Kamisama no Iutoori ini sangat wajib kamu tonton!

Judul Kamisama no Iutoori
Tayang 15 November 2014
Durasi 1 jam 57 menit
Produksi Oriental Light and Magic (OLM), Toho Company, Toho Pictures
Sutradara Takashi Miike
Cast Ryunosuke Kamiki, Lily Franky, Sota Fukushi, dkk
Genre Adventure, Horror, Sci-Fi
Rating 6.5/10 (IMDb.com)

12. Rurouni Kenshin (2013)

Rurouni Kenshin menjadi salah satu anime live action terbaik yang diangkat dari serial anime terkenal berjudul sama.

Dirilis pada 2013, film ini mengisahkan seorang mantan samurai legendaris yang ingin pensiun, hidup normal seperti manusia kebanyakan, dan menjadi guru ahli pedang yang low profile.

Sayangnya, suatu pembunuhan dan konflik mengerikan terjadi di tempatnya mengajar. Mau nggak mau, ia harus bertarung untuk mencari apa yang sesungguhnya terjadi.

Judul Rurouni Kenshin: Meiji kenkaku roman tan
Tayang 4 Oktober 2013
Durasi 2 jam 14 menit
Produksi C&I Entertainment, IMJ Entertainment, RoC Works Co.
Sutradara Keishi Ohtomo
Cast Takeru Satoh, Tatsuya Fujiwara, Emi Takei, dkk
Genre Action, Drama, History
Rating 84% (RottenTomatoes.com)

7.5/10 (IMDb.com)

13. From Me to You (2010)

From Me to You atau dalam bahasa Jepang disebut Kimi ni Todoke merupakan serial anime romantis yang kemudian dibuat versi live action-nya pada 2010.

Film Jepang romantis komedi ini mengisahkan tentang seorang gadis pemalu bernama Kuronuma Sawako. Ia sulit bergaul karena penampilannya yang mirip dengan hantu Sadako.

Tak lama, perjumpaannya dengan Kazehaya Shouta, seorang laki-laki paling populer di kelasnya jadi kisah tersendiri yang menarik buat diikuti. Bagaimana kelanjutannya?

Judul From Me to You
Tayang 25 September 2010
Durasi 2 jam 8 menit
Produksi Amuse, Chubu-nippon Broadcasting Company (CBC)
Sutradara Naoto Kumazawa
Cast Mikako Tabe, Haruma Miura, Misako Renbutsu, dkk
Genre Drama, Romance
Rating 68% (RottenTomatoes.com)

7.1/10 (IMDb.com)

14. Battle Royale (2000)

Nggak bisa dipungkiri bahwa film Jepang ini menciptakan sejarah baru. Bahkan, film ini berhasil menciptakan genre baru dinamakan battle royale, seperti judul filmnya.

Film bertema battle royale ini berhasil menginspirasi film sekelas Hunger Games. Mengisahkan tentang 42 murid sekolah yang dikirim ke pulau terpencil di wilayah Jepang.

Di sana, mereka diberikan makanan, peta, dan senjata. Tapi, mereka juga diberi sebuah kalung yang dipasangkan di leher mereka masing-masing.

Kalung tersebut nggak bisa dilepaskan secara manual dan bakal meledak kalau mereka melanggar perintah. Selain harus bunuh-bunuhan, kamu bakal melihat adegan kepala meledak!

Judul Battle Royale
Tayang 4 September 2001
Durasi 1 jam 54 menit
Produksi Toho Company, AM Associates, Fukasaku-gumi
Sutradara Kinji Fukasaku
Cast Tatsuya Fujiwara, Aki Maeda, Taro Yamamoto, dkk
Genre Action, Adventure, Drama
Rating 88% (RottenTomatoes.com)

7.6/10 (IMDb.com)

15. Ring (1998)

Pastinya kamu tahu kisah hantu Jepang yang legendaris bernama Sadako, bukan? Nah, film horor Jepang ini bakal memberi kamu gambaran jelas tentang kisah asli di baliknya.

Film Ring mengisahkan sebuah video misterius yang menyimpan kutukan mengerikan. Konon katanya, siapapun yang menonton video itu bakal mati seminggu setelahnya.

Saking bagusnya, film ini terus di-remake dengan berbagai judul dan berbagai versi. Tetapi, buat Jaka, film inilah yang paling menyeramkan dan bikin nggak bisa tidur!

Judul Ring
Tayang 18 Agustus 2000
Durasi 1 jam 36 menit
Produksi Basara Pictures, Imagica, Asmik Ace Entertainment
Sutradara Hideo Nakata
Cast Nanako Matsushima, Miki Nakatani, Yoko Takeuchio, dkk
Genre Action, Adventure, Drama
Rating 97% (RottenTomatoes.com)

7.3/10 (IMDb.com)

Akhir Kata

Nah, itu tadi rekomendasi film Jepang terbaik sepanjang masa dari Jaka.

Daftar film di atas membuktikan kalau film-film Jepang juga gak bisa kamu lewatkan nih. Gak kalah seru sama film Korea terbaik atau film Indonesia terbaik.

Kira-kira mana nih film yang membuatmu paling tertarik? Apakah sudah ada yang pernah kamu tonton sebelumnya?=

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT

15+ Situs Download Drama Korea Terbaru 2022, Ada Subtitle Indonesia!

12+ Drakor Action Terbaik dan Terbaru 2021, Tegang Sekaligus Baper!

12 Film Korea Romantis Terbaik Wajib Tonton, Bikin Jomlo Baper!

18 Film Korea Terbaik & Terbaru 2022, Rating Tinggi!

23 Drama Korea Terbaru Tahun 2022, Buat Maraton Drakor Seharian!

7 Film Horror Jepang Terbaik, Sampai Ditiru Hollywood!

undefined
Kembali Keatas