10 Film yang Dilarang Tayang di Indonesia Terbaru 2022, Banyak Adegan Jorok?

Ditulis oleh Jaka - Senin, 21 Maret 2022, 18:00
Tergolong memiliki kebijakan sensor film yang sangat ketat, beberapa film Hollywood ini dilarang tayang di Indonesia. (Update 2022).

Film Hollywood yang dilarang tayang di Indonesia ini punya berbagai alasan, geng! Sebagian besar, alasan pencekalannya adalah soal kontroversi dan menyangkut hal-hal sensual.

Film yang dilarang tayang ini juga berdasarkan keputusan dan pengawasan dari Lembaga Sensor Film yang ketat. Pelarangan tersebut juga terjadi karena adegan filmnya yang mengandung unsur vulgar hingga brutal sehingga tak lulus sensor.

Ada film yang secara khusus dicekal di Indonesia, ada juga yang dicekal di bioskop seluruh dunia. Akhirnya, beberapa film merilisnya secara terbatas di berbagai platform streaming film.

Mau tahu apa saja film Hollywood yang dilarang tayang di Indonesia? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel selengkapnya berikut ini.

1. Annihilation

Sumber foto: Paramount

Annihilation adalah salah film Hollywood 2018 yang dilarang tayang di beberapa bioskop seluruh dunia, termasuk Indonesia. Apa yang bikin film ini dilarang di Indonesia? Alasannya, bukan hanya untuk dewasa, tapi juga karena terlalu pintar .

Paramount, studio di balik film fiksi-sains ini kemudian memutuskannya dengan menjual hak rilis international film Annihilation kepada Netflix. Salah satu faktornya adalah hasil test screening yang buruk.

Annihilation berkisah tentang ilmuwan biologi yang memasuki wilayah asing yang bernama X. Terdapat suatu hal yang misterius dan tidak masuk akal di teritori tersebut. Wilayah tersebut dipenuhi kabut.

ADVERTISEMENT

Tak ada yang tahu kabut apa itu, dan apa yang ada di dalamnya. Sejauh yang diketahui, kabut misterius berwarna cemerlang itu hanya terus membesar, dan bisa menelan apa saja di hadapannya.

2. Suspiria

Sumber foto: Amazon Studios

Suspiria adalah film Hollywood 2018 yang dibintangi Dakota Johnson yang dilarang tayang di Indonesia. Alasan film horor ini dicekal adalah menampilkan adegan seksual yang frontal dan mengganggu.

Sinopsis Suspiria adalah kisah seorang penari balet asal Amerika, Susie Bannion (Dakota Johnson), yang melakukan perjalanan ke Berlin, Jerman untuk belajar di Markos Dance Academy di bawah bimbingan Madame Blanc (Tilda Swinton), idolanya.

Di asrama akademi, Susie menemukan berbagai hal aneh yang tak wajar. Susie sempat melihat Patricia (Chloe Grace Moretz) berlari ketakutan hingga hilang dan tewas secara misterius.

3. The Interview

Sumber foto: Colombia Pictures

The Interview menuai protes dari Korea Utara karena ada sosok yang menginterpretasikan Kim Jong Un dalam adegannya. Dari pencekalan tersebut, Pihak Sony akhirnya membatalkan perilisan global.

Hal tersebut karena beberapa bioskop menyatakan enggak berani menayangkan film ini setelah mendapatkan ancaman dari pihak misterius. Film rilisan 2014 ini juga dianggap akan menuai Perang Dunia III.

Sebagai informasi, The Interview adalah film komedi politik yang bercerita tentang rencana interview Kim Jong Un dengan dua pembawa acara favoritnya. Namun, CIA memiliki rencana lain dengan membuat Kim Jong Un mati dalam acara tersebut.

4. Fifty Shades of Grey

Selain Suspiria, ada lagi film Dakota Johnson yang dilarang tayang, yakni Fifty Shades of Grey. Salah satu film populer tersebut disutradarai oleh Sam Taylor-Johnson dan dibintangi oleh Dakota Johnson dan Jamie Dornan.

Sayangnya, ketika diluncurkan pada 2015 lalu film ini justru mengundang banyak sekali kontroversi dan kritik dari para kritikus film lho, geng.

Hal itu dikarenakan Fifty Shades of Grey dinilai terlalu banyak menampilkan adegan dewasa yang terlalu vulgar dan terkesan sadis.

Oleh karena itu juga, film ini akhirnya gagal tayang di bioskop Indonesia karena nggak lulus lembaga sensor, geng.

5. Dirty Grandpa

Dibintangi oleh aktor tampan Zac Efron, film Dirty Grandpa mengisahkan seorang kakek genit yang mengajak cucunya untuk berlibur sebelum cucunya tersebut menikah.

Meskipun Dirty Grandpa merupakan film bergenre komedi, tapi kenyataannya ada banyak unsur-unsur dewasa yang terkandung di dalamnya, geng.

Nggak cuma itu saja, di film ini juga terdapat cukup banyak kata-kata kotor yang menjadi salah satu alasan kenapa akhirnya film ini dilarang tayang di Indonesia.

6. Noah

Sempat menjadi kontroversial ketika awal perilisannya, film Noah ini mengangkat kisah kehidupan Noah atau dalam kitab suci Al-Qur'an umat Islam lebih mengenalnya dengan sebutan Nabi Nuh, geng.

Seperti yang kita ketahui, hal apapun yang menyangkut agama masih menjadi hal sensitif di Indonesia.

Hal itu jadi faktor bahwa film yang dibintangi oleh Russel Crowe dan Emma Watson ini akhirnya dilarang tayang oleh lembaga sensor Indonesia. Film Noah dikhawatirkan akan memicu perdebatan.

7. Evil Dead

Evil Dead adalah film bergenre horor yang merupakan remake dari film berjudul The Evil Dead yang dirilis pada tahun 1981 lalu.

Film ini menceritakan sebuah buku kematian yang bisa mengeluarkan kekuatan jahat kepada siapa pun yang membukanya.

Film Evil Dead ini dilarang tayang di Indonesia karena ceritanya yang dianggap konyol dan terlalu banyak menampilkan adegan sadis dengan pertumpahan darah, geng.

8. Teeth

Teeth merupakan film bergenre horor komedi yang menceritakan seorang gadis yang mengidap kelainan bawaan berupa vagina dentata.

Kelainan itu membuat dirinya memiliki gigi di dalam vaginanya dan membuat pemerkosanya tewas karena alat vitalnya terpotong, geng.

Dengan ceritanya yang sangat vulgar tersebut maka tak heran kalau film ini dilarang tayang di Indonesia, ya, geng.

9. Irreversible

Hampir serupa dengan film Fifty Shades of Grey, film Irreversible dilarang tayang di bioskop Indonesia karena menampilkan adegan vulgar nan sadis yang dianggap terlalu brutal.

Film dengan genre crime dan mystery yang digarap oleh sutradara Gaspar Noe ini menggambarkan bagaimana sang karakter wanita dirudapaksa dan dianiaya dengan sadis, geng.

Saking brutalnya, film ini bukan cuma dilarang tayang di Indonesia saja tapi juga di negara lainnya seperti Selandia Baru, lho. Sudah bisa bayangin, kan, betapa seramnya cerita film ini?

10. Balibo

Film Balibo menceritakan wartawan senior Australia bernama Roger East dalam perjalanannya ketika mencari kelima koleganya yang hilang di Balibo, Timor Leste.

Film ini berlatar pada tahun 1975 ketika Timor Leste masih menjadi Timor Timur yang merupakan bagian dari Indonesia.

Namun, karena dianggap bisa memicu konflik antara Indonesia dengan Australia, Lembaga Sensor Film akhirnya memutuskan untuk tidak menayangkan film ini di Indonesia, geng.

Rekomendasi Film Hollywood yang Dilarang Tayang Terbaru 2022

  1. Annihilation
  2. Suspiria
  3. The Interview
  4. Fifty Shades of Grey
  5. Dirty Grandpa
  6. Noah
  7. Evil Dead
  8. Teeth
  9. Irreversible
  10. Balibo

Akhir Kata

Itu tadi beberapa film Hollywood yang dilarang tayang di Indonesia karena alasan-alasan tertentu, geng. Daftar film di atas berdasarkan kurasi dari Tim JalanTikus, geng!

Meskipun nggak jadi tayang di bioskop, tapi banyak juga lho orang yang akhirnya menonton film-film terlarang tersebut di situs nonton film di internet.

Baca juga artikel seputar Out of Tech menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

10 Film Animasi yang Diam-Diam Menyelipkan Unsur Pornografi, Banyak Ditonton Anak Kecil?

13 HP vivo RAM 4GB Murah & Terbaik 2022, Harga Mulai Rp1 Jutaan Aja!

10 HP Canggih yang Nggak Masuk Resmi ke Indonesia | RAM-nya 12GB?

10 Negara Dengan Harga Paket Internet Termurah | Indonesia Kemahalan?

China Sudah Siap dengan Jaringan 6G, Indonesia Masih Heboh Sama Segitiga!

10 Film Terbaik yang Dibintangi Dwayne "The Rock" Johnson | Ternyata The Rock Jago Melucu

undefined
Kembali Keatas