7 Genre Film Paling Aneh yang Belum Pernah Kamu Dengar, Ada yang Khusus Dewasa!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 05 November 2021, 10:55
Genre favoritmu apa nih, geng? Jaka punya daftar genre film paling aneh yang pastinya belum pernah kamu dengar sebelumnya!

Semua orang punya genre film favoritnya masing-masing. Ada yang suka kisah romantis, ada yang suka film dengan segudang aksi, ada juga yang suka film komedi.

Genre-genre tersebut bisa dibilang sangat umum sehingga pasti akan ada film-film terbarunya yang akan tayang di bioskop.

Berbeda dengan 7 genre film paling aneh yang ada di bawah ini, jarang ada sutradara atau produsen film yang mau membuatnya!

Sangat jarang sebuah film hanya mengusung satu genre saja. Pasti mereka akan mengombinasikan beberapa genre.

Tak jarang upaya tersebut menelurkan genre film baru yang berasal dari gabungan beberapa genre. Nah, genre-genre film di bawah ini ada yang tercipta seperti itu.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah daftar genre film paling aneh versi Jaka!

1. Bollywood Horror

Sumber foto: Cinema Thread

Film-film Bollywood adalah salah satu industri terbesar di dunia. Banyak filmnya yang mengimpor genre dari Barat dan memadukannya dengan kearifan lokal.

Salah satu hasil dari asimiliasi budaya ini adalah munculnya genre Bollywood Horror. Genre ini unik karena menggabungkan genre horor dengan adegan musikal ala India.

ADVERTISEMENT

Jadi, jangan heran ketika menonton film horor di mana tiba-tiba ada adegan menari dan menyayinya. Apa hantu dan monsternya akan ikut berdansa?

Contoh Film: Mahal (1949), Bees Saal Baad (1962), Raat (1992)

2. Bruceploitation

Sumber foto: Taste of Cinema

Sesuai dengan namanya, genre Bruceploitation berpusat pada sang legenda Bruce Lee. Genre ini mendadak populer setelah kematiannya.

Banyak rumah produksi yang memanfaatkan ketenaran dan kematian Lee untuk mengeruk keuntungan pribadi melalui film-filmnya.

Akhirnya, mereka mencari aktor lain yang secara fisik terlihat mirip dengannya. Pada tahun 70-an, setidaknya ada seratus film di genre ini.

Biasanya, para aktor KW ini menggunakan kacamata hitam untuk menghilangkan ketidakmiripan dengan Lee. Ciri lain dari genre ini adalah judul filmnya mengandung kata Enter, Dragon, hingga Bruce Lee sendiri.

Contoh Film: Bruce Lee Fights Back From The Grave (1976), Return of The Fists of Fury (1977), The Clones of Bruce Lee (1981)

3. Killer Car

Sumber foto: Sinema Thread

Kita sudah pernah melihat film di mana sebuah truk berubah menjadi robot bernama Optimus Prime. Tapi bagaimana jika truk tersebut menjadi semacam monster mengerikan?

Kurang lebih seperti itulah garis besar genre game Killer Car. Yang menjadi karakter antagonis dari genre film ini adalah sebuah mobil jahat.

Ada mobil yang dikemudikan oleh orang, ada yang memiliki kesadaran sendiri, dan ada yang dirasuki oleh roh jahat. Menurutmu serem enggak, geng?

Contoh Film: Duel (1971), The Car (1977), Maximum Overdrive (1986)

4. Necrorealism

Sumber foto: Taste of Cinema

Necrorealism adalah sebuah genre yang berasal dari Rusia yang cukup menakutkan untuk kamu tonton, geng!

Film ini identik dengan warna hitam-putih, tanpa suara, pengambilan sudut yang aneh, adegan close-up yang ekstrem, dan lain sebagainya.

Genre ini dipelopori oleh Yvegny Yufit ini menggunakan kematian sebagai subyek, sehingga banyak sekali makhluk seperti zombie dengan perlikau aneh yang akan membuatmu merasa tidak nyaman.

Contoh Film: Werewolf-Orderlies (1984), Spring (1987), Suicide Warthogs (1988)

5. Nudist Camp (Khusus Dewasa!)

Sumber foto: Film Talk

Kalau genre aneh yang satu ini cuma boleh ditonton sama orang dewasa aja! Nudist Camp adalah sebuah genre yang mengeksploitasi tubuh manusia.

Banyak film di era 30-an hingga 60-an yang menampilkan genre ini dengan menunjukkan wanita dan pria tanpa sehelai benang pun untuk menutupi tubuh mereka.

Ciri khas lain dari film ini adalah banyaknya adegan permainan bola voli, sehingga genre ini juga memiliki julukan volleyball films.

Contoh Film: Nude on the Moon (1961), Elysia Valley of the Nude (1934), Garden of Eden (1954)

6. Psycho-biddy

Sumber foto: Taste of Cinema

Pada tahun 60-an, banyak aktris Hollywood terkenal yang telah menua memutuskan untuk membintangi film-film horor sebagai karakter yang kejiwaannya terganggu.

Fenomena ini dimulai dari film Whatever Happened to Baby Jane garapan Robert Aldrich. Diproduksi tahun 1962, film ini menggunakan karakter Bette Davies dan Joan Crawford yang sudah berumur.

Film tersebut menjadi film ikonik dan memicu lahirnya genre Psycho-biddy yang menampilkan seorang wanita tua dengan mental kurang stabil dan menebar teror di sekitarnya.

Contoh Film: Whatever Happened to Baby Jane (1962), What s the Matter with Helen? (1972), Hush...Hush, Sweet Charlotte (1964)

7. Sea-Life Sports

Sumber foto: Taste of Cinema

Negara Jepang terkenal karena memilki banyak hal aneh. Salah satunya adalah genre film Sea-Life Sports yang satu ini.

Genre ini pertama kali muncul pada tahun 50-an di Jepang. Di tahun 2000-an, banyak rumah produksi di Inggris yang kembali mempopulerkan genre ini.

Yang menjadi ciri khas dari genre ini adalah munculnya makhluk laut raksasa yang menggemari olahraga. Jaka akui genre film yang satu ini benar-benar absurd!

Contoh Film: Crust (2003), Calamari Wrestler (2004), Crab Goalkeeper (2006)

Akhir Kata

Itulah beberapa genre film aneh yang mungkin belum pernah kamu dengar seumur hidup. Banyak yang unik, bukan?

Apakah kamu punya genre film aneh lain yang belum Jaka sebutkan? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT

7 Film Hollywood Terburuk Sepanjang Masa, Cuma Ngandelin Konten Dewasa?

Siapa Pemeran Spider-Man Terbaik? Tobey Maguire, Andrew Garfield, atau Tom Holland?

Aktor Terkenal yang Bergabung di Cast Game Death Stranding, Bertabur Bintang!

7 Pemeran Joker Terbaik Sepanjang Masa, Siapa yang Aktingnya Paling Total?

7 Aktor yang Menyesali Perannya di Film, Ryan Reynolds Malu Jadi Deadpool?

Penyesalan Terbesar! 7 Aktor Hollywood yang Menolak Peran di Film Terkenal

undefined
Kembali Keatas