7 Film dengan Teori Sains Paling Akurat, Plotnya Kelewat Jenius!

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 09 Mei 2021, 21:25
Ada beberapa film Hollywood yang ngawur dan asal-asalan saat menerapkan teori sains. Namun, ternyata ada juga film dengan teori sains yang akurat!

Alur cerita dalam film tidak boleh dibuat asal-asalan. Semua hal harus dipertimbangkan agar ceritanya masuk akal dan bisa dipahami oleh penonton.

Tentunya, membuat cerita di film pun tidak mudah, terlebih jika film tersebut memasukkan teori ilmiah. Kalau ngaco, bisa-bisa dihujat para ilmuwan!

Ya, hingga saat ini ada beberapa film yang ngawur dalam menerapkan teori sains. Namun, ada juga yang menggunakan teori sains dengan cukup akurat.

Nah, kali ini Jaka bakal membahas deretan film dengan teori sains paling akurat. Yuk, langsung simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Hingga kini, teori sains sudah banyak diselipkan dalam berbagai film, terutama film bergenre sci-fi. Hanya saja, tidak semua film berhasil menerapkan sains dengan tepat.

Hanya beberapa film saja yang dianggap akurat dalam menerapkan teori sains seperti deretan film yang akan Jaka bahas di bawah ini. Penasaran?

1. "Gattaca" (1997)

Sebagian besar manusia direkayasa di dalam tabung agar memiliki kecerdasan dan kesehatan yang prima. Hal ini digambarkan oleh seorang dokter di awal film "Gattaca".

Sementara mereka yang bukan bayi tabung disebut invalids. Mereka dianggap tidak sempurna dan akan menjadi orang dewasa yang harus melakukan pekerjaan kasar selama hidupnya.

ADVERTISEMENT

Seolah memprediksi teknologi, kini orang tua bisa memilih jenis kelamin bayi mereka. Direktur The Fertility Institutes, Jeffrey Steinberg, bahkan menawarkan pilihan tersebut.

Steinberg juga menyebutkan bahwa dalam waktu dekat para orang tua akan dapat memilih warna kulit, rambut, dan mata bayi mereka sendiri. Hmm, cerita yang awalnya cuma fiksi sekarang benar-benar bisa di lakukan, ya!

2. "Apollo 13" (1995)

Narasi "Apollo 13" berpusat pada penerbangan NASA di tahun 1970 yang sayangnya berakhir naas. Film ini termasuk film Hollywood berdasarkan dari kisah nyata.

Sutradara Ron Howard dan para aktornya tidak hanya berfokus pada fakta sejarah, tapi juga berusaha untuk membahas perjalanan luar angkasa seakurat mungkin.

Coba saja lihat adegan yang menggambarkan gravitasi nol di dalam "Apollo 13", terlihat sangat nyata, bukan?

Untuk membuat adegan itu, Howard sampai meyakinkan NASA untuk melakukan produksi film di dalam sebuah pesawat anti-gravitasi yang disebut Vomit Comet. Totalitas tanpa batas!

3. "Arrival" (2016)

"Arrival" menceritakan pesawat alien misterius mendarat di dua belas lokasi berbeda di seluruh dunia. Tidak ada yang tahu alasan dan tujuan mereka.

Untuk itu, seorang ahli bahasa bernama Dr. Louise Banks dibawa ke salah satu pesawat untuk mencoba berkomunikasi dengan para alien tersebut.

Menurut astrofisikawan Andy Howell, film alien terbaik ini memiliki banyak teori sains yang tepat. Ia juga menjelaskan garis tipis antara unsur hiburan dan akurasi ilmiah.

4. "Planet of the Apes" (1968)

Plot "Planet of the Apes" berfokus pada seorang astronot yang terdampar di sebuah planet. Di sana, terdapat para kera yang memerintah dan manusia menjadi budaknya.

Ahli astrofisika dan cinephile, Neil deGrasse Tyson memuji film sci-fi terbaik tanpa CGI ini. Menurutnya, film ini menggambarkan hirarki yang selalu ada di setiap zaman.

Dalam film ini, simpanse menjadi akademisi, babun menjadi tentara, dan orang utan menjadi diplomat. Film ini seolah menggambarkan sejarah dan peradaban manusia

5. "2001: A Space Odyssey" (1968)

"2001: A Space Odyssey" menceritakan tahapan evolusi manusia yang dimulai sejak jutaan tahun yang lalu, yang selalu digambarkan dengan penempatan sebuah monolit.

Sebagai salah satu sutradara legendaris, Stanley Kubrick memang dikenal perfeksionis dalam proses pembuatan film, termasuk dalam film sci-fi terbaik ini.

Bahkan, sinematografi film ini mendahului pencapaian NASA pada saat itu. Tidak heran jika film ini mendapat pujian dari Neil deGrasse Tyson.

Fakta menarik lainnya, manusia belum menginjakkan kaki di bulan sampai tahun 1969, satu tahun setelah film "2001: A Space Odyssey" dirilis.

6. "Interstellar" (2014)

"Interstellar" mengisahkan umat manusia yang menghadapi kepunahan. Sekelompok penjelajah luar angkasa ditugaskan menemukan planet yang cocok untuk kehidupan manusia.

Saat membuat film luar angkasa paling akurat ini, Christopher Nolan bekerja sama dengan astrofisikawan bernama Kip Thorne untuk memastikan akurasi sains di dalamnya.

Banyak pengamat film dan ahli sains yang menilai Gargantua di film "Interstellar" sebagai gambaran lubang hitam yang paling realistis dalam sejarah perfilman.

Fakta lainnya, ada laporan yang menyebutkan bahwa lubang hitam di dalam film ini sangat mirip dengan penemuan saintifik yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

7. "The Martian" (2015)

Disutradai Ridley Scott, "The Martian" berfokus pada astronot Mark Watney yang terdampar sendirian di Mars setelah menerjang sebuah badai kosmik.

Untuk bertahan hidup, Watney mencoba berbagai cara untuk menghubungi NASA sambil menanam bahan makanan di planet merah tersebut.

Banyak ilmuwan yang berpendapat bahwa "The Martian" adalah salah satu film fiksi ilmiah paling realistis yang pernah dibuat.

Pasalnya, sebagian besar ilmu botani digambarkan dengan benar. Penggambaran planet Mars dalam film survival terbaik ini juga dinilai sangat tepat.

Akhir Kata

Nah, itu tadi 7 film dengan teori sains paling akurat. Saking apiknya, film-film tadi sampai menuai banyak pujian dari berbagai pihak, loh!

Bahkan, beberapa film yang Jaka jelaskan tadi seperti sudah meramalkan kejadian di masa mendatang yang ternyata benar-benar terjadi. Jenius!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT

Kelakuannya Bejat Sampai Ditangkap Aparat! 7 Aktor Ini Menghancurkan Karier Sendiri

7 Aktor Rupawan yang Ternyata Bau Badan, Jorok & Jarang Mandi!

7 Adegan Film & Serial TV yang Sindir Indonesia, Rusak Citra Bangsa!

7 Seleb dengan Asuransi Tubuh Termahal, Biar Gak Diculik Alien!

7 Aktor Ini Pernah Merenggut Nyawa Orang Lain, Aktor Marvel Termasuk!

undefined
Kembali Keatas