7 Aktor yang Sukses Banting Setir Jadi Sutradara, Cari Tantangan Baru?

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 06 Pebruari 2022, 13:00
Karir dalam dunia akting saja ternyata tidak membuat para aktor ini puas. Setelah banting setir jadi sutradara, mereka malah jadi lebih sukses.

Perkembangan dunia film masa kini sudah semakin pesat. Demi bersaing di industri yang terus berkembang, para pegiat industri bekerja keras untuk menjadi nomor satu.

Banyak banget usaha yang mereka lakukan demi meraih popularitas. Mulai dari hal yang positif sampai hal yang negatif dengan membuat kontroversi.

Di antara aktor-aktor tersebut, ternyata banyak, lho, yang banting setir menjadi sutradara. Nggak nanggung-nanggung, mereka juga meraih prestasi sebagai sutradara.

Dalam artikel ini, Jaka bakal mengulas tentang beberapa aktor yang nggak cuma sukses dalam karir beraktingnya.

Mereka juga berhasil meraih penghargaan-penghargaan bergengsi untuk peran mereka sebagai sutradara, lho.

Aktor siapa sajakah yang juga sukses jadi sutradara? Simak terus di artikel berikut ini ya, geng!

1. Mel Gibson

Mel Gibson merupakan aktor yang mencapai masa kejayaannya di era '80-an lewat franchise Lethal Weapon dan Mad Max.

Karirnya yang sempat meredup membuatnya banting setir menjadi sutradara. Banyak banget film-film arahannya yang laris.

ADVERTISEMENT

Salah satunya adalah Braveheart, film biopik yang berhasil meraih Best Picture di Oscar dan Best Director di Golden globe.

2. Ben Stiller

Kalau kamu sering menyaksikan film komedi Hollywood tahun 2000-an, mungkin kamu sudah tidak asing dengan nama Ben Stiller.

Ben Stiller merupakan anak dari pasangan aktor komedi Hollywood terkenal di zamannya. Nggak heran kalau Ben juga sukses berperan dalam film-film komedi.

Dalam film Tropic Thunder, Ben Stiller sukses mengarahkan sekaligus membintangi tokoh utama dalam film ini.

3. Ben Affleck

Ben Affleck merupakan salah satu aktor kawakan yang populer banget berkat perannya dalam film Armageddon dan Shakespeare in Love.

Meskipun begitu, karir akting Ben Affleck nggak selalu berjalan mulus. Ia pernah bermain di Gigli, salah satu film romantis terburuk di dunia.

Nggak cuma itu, ia juga berperan sebagai Bruce Wayne dalam Batman v Superman, salah satu film superhero terburuk sepanjang masa.

Setelah banting setir menjadi sutradara, ia berhasil meraih 2 piala Oscar melalui 2 film yang ia arahkan, Argo dan Good Will Hunting.

4. Sofia Coppola

Sofia Coppola adalah putri dari sutradara legendaris, Francis Ford Coppola; yang sukses membuat masterpiece "The Godfather".

Banyak yang memprediksi kalau karir Sofia cuma mendompleng nama ayahnya saja. Namun, semua prediksi tersebut salah, geng.

Ketika banting setir menjadi sutradara, Sofia berhasil menyutradarai beberapa film keren. Salah satunya adalah Lost in Translation yang memenangkan piala Oscar.

5. Clint Eastwood

Usia Clint Eastwood kini sudah mencapai kepala 9, namun ia nampaknya nggak pernah mundur dari industri film.

Memulai karirnya sebagai bintang serial TV berjudul Rawhide di tahun '50-an, nama Clint meroket berkat perannya dalam trilogi Dollars.

Kini, ia adalah sutradara dengan banyak penghargaan. Ia sudah meraih 4 piala Oscar dan juga 5 Golden Globe.

6. Charlie Chaplin

Charlie Chaplin merupakan salah satu figur komedi paling legendaris dalam dunia perfilman. Tanpa berbicara pun, Chaplin dapat menghibur jutaan orang.

Salah satu karya penyutradaraannya yang paling sukses adalah film Modern Times dan City Lights yang dirilis pada era '30-an.

Sayangnya, film The Great Dictator menghancurkan karirnya karena dianggap terlibat dalam gerakan komunis.

7. Woody Allen

Sebelum namanya tercatat menjadi salah satu sutradara paling berprestasi di Hollywood, Woody Allen bekerja sebagai aktor.

Di era '60-an, nama Woody Allen melejit berkat perannya dalam film Casino Royale dan What's New Pussycat. Nggak lama, ia mencoba menyutradarai film buatannya sendiri.

Kini, nama Woody Allen terukir selamanya dalam daftar sutradara terbaik berkat 3 film buatannya yang telah meraih piala Oscar.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 aktor yang sukses banting setir menjadi sutradara. Bahkan, karir mereka sebagai sutradara jauh lebih sukses dibanding ketika mereka jadi aktor.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah tersedia ya, geng.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT

10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata

10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!

10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata | No. 9 Ngerampok Rumah Artis Paris Hilton!

15 Film Gangster Terbaik dan Terbaru 2022, Penuh Aksi Baku Tembak!

10 Film Fiksi Terbaik yang Harus Kamu Tonton, Mindblowing!

undefined
Kembali Keatas