7 Fakta Menarik Tentang Harbolnas, Penunggu Tanggal Cantik Wajib Tahu!

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 12 Desember 2021, 11:00
Kamu pasti tidak asing lagi dengan Harbolnas, geng. Tapi, apakah kamu tahu sejumlah fakta menarik tentang Harbolnas? Kalau belum, yuk, baca artikel ini!

Siapa di sini yang selalu nungguin tanggal cantik supaya bisa belanja online sepuasnya? Yup, hampir semua e-commerce biasanya memang mengadakan diskon besar-besaran setiap tanggal cantik ini, geng.

Puncaknya sendiri akan terjadi setiap tanggal 12 Desember atau yang kerap disebut 12.12. Sebab, pada tanggal tersebut akan dirayakan yang namanya Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional.

Meski begitu, perayaan Harbolnas kini tak hanya terpaku setiap 12 Desember saja, lho. Beberapa e-commerce bahkan selalu mengadakan Harbolnas setiap tanggal cantik lain seperti 4.4, 9.9, 11.11, dan sebagainya.

Nah, mungkin kamu masih banyak yang belum tahu bahwa sebenarnya ada sejumlah fakta menarik tentang Harbolnas, lho. Apa saja fakta-faktanya? Yuk, simak di bawah ini!

1. Pertama Kali Dirayakan Pada Tahun 2012

Sumber foto: Shutterstock

Siapa sangka, perayaan Harbolnas di Indonesia ternyata sudah berlangsung selama sembilan tahun lamanya, geng.

Pasalnya, Harbolnas sendiri pertama kali digelar pada tahun 2012 atau lebih tepatnya pada tanggal 12 Desember 2012.

Tujuan dari adanya perayaan ini pada dasarnya adalah untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat tentang kemudahan berbelanja secara daring.

ADVERTISEMENT

Adapun perayaan pertama pada 12.12 kala itu diikuti sebanyak 7 e-commerce, masing-masing adalah Lazada, Bilna, Zalora, Berrybenka, PinkEmma, Traveloka, dan Luxola.

2. Terinspirasi dari Negara Luar

Sumber foto: Business Insider

Sebelum marak di Indonesia, Harbolnas sebenarnya sudah ada di sejumlah negara lain, geng. Bedanya, negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Jerman kerap menyebutnya dengan istilah Cyber Monday.

Di AS sendiri, istilah ini kemudian berubah menjadi Black Friday, di mana banyak toko yang memberikan diskon besar-besaran sehingga pengunjung jadi lebih antusias untuk berbelanja di tokonya.

Harbolnas di Indonesia pun demikian, geng. Pada hari itu, para pemilik toko online biasanya mengadakan potongan harga besar-besaran demi menarik minat konsumen.

Hal ini sekaligus untuk mengedukasi masyarakat tentang kemudahan dan kenyamanan berbelanja barang secara online. Maklum, pada saat itu, minat berbelanja online di Indonesia masih tergolong rendah.

3. Pesanan Melonjak Hingga 200 Persen

Sumber foto: Thinkstock

Pada akhirnya, kehadiran Harbolnas sukses menarik minat konsumen untuk berbelanja online. Dengan adanya perayaan ini, transaksi pada hari Harbolnas bisa meningkat hingga 200 persen, lho.

Pada tahun 2019 misalnya, di mana survei dari Nileson Indonesia berhasil mencatatkan nilai transkaksi Harbolnas yang mencapai angka Rp9 triliun.

Sementara pada tahun 2021 ini, pemerintah menargetkan nilai transaksi Harbolnas yang jauh lebih tinggi, yakni mencapai Rp 20 triliun.

Dengan kata lain, Harbolnas diharapkan dapat membantu usaha lokal dan UMKM untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Dalam hal ini, Harbolnas bisa meningkatkan perekonomian negara, geng.

4. Meningkatnya Tren Belanja Online di Luar Pulau Jawa

Sumber foto: Shutterstock

Menariknya, festival belanja online besar-besaran ini ikut menumbuhkan transaksi yang signifikan di luar Pulau Jawa, geng.

Pada tahun 2020 misalnya, data Sirclo menunjukkan bahwa jumlah transaksi dari luar Pulau Jawa meningkat empat kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Itu artinya, tren berbelanja online di Indonesia semakin menyebar luas bahkan hingga ke daerah-daerah lain di luar Pulau Jawa, terutama di tengah situasi pandemi seperti ini.

Lebih lanjut, hasil riset Sirclo bahkan menunjukkan adanya 12 juta pengguna e-commerce baru sejak pandemi Covid-19 berlangsung di Indonesia.

5. Dompet Digital Jadi Semakin Populer

Sumber foto: Shutterstock

Semakin hari, ada banyak sekali jenis dompet digital yang bisa dipilih sebagai alat pembayaran transaksi di e-commerce, geng.

Tidak hanya itu, dompet digital juga menawarkan berbagai penawaran yang menarik bagi konsumen seperti dalam bentuk diskon, voucher, gratis biaya administrasi, dan sebagainya.

Begitu juga saat Harbolnas berlangsung, para perusahaan dompet digital pun tak mau kalah untuk memberikan penawaran terbaik mereka kepada para pengguna e-commerce.

Survei Snaprcart menunjukkan bahwa ShopeePay kini menjadi dompet digital yang paling digemari masyarakat untuk belanja online pada saat Harbolnas, kemudian diikuti oleh OVO dan Gopay di urutan selanjutnya.

6. Fashion Menjadi Kategori Paling Laris

Sumber foto: Shutterstock

Menurut survei dari Nielsen, kategori fashion adalah kategori yang paling laris terjual pada saat Harbolnas berlangsung, kemudian diikuti dengan gadget dan perlengkapan elektronik rumah.

Namun bagi konsumen perempuan, kategori yang paling favorit justru adalah perawatan diri. Sementara bagi konsumen pria, kategori elektronik masih menjadi yang nomor satu.

Nah, jika dilihat dari sisi demografi, konsumen Harbolnas kebanyakan berada di rentang usia 25-44 tahun dengan pendapatan rata-rata mulai dari Rp4 jutaan. Apakah kamu salah satunya?

7. Masih Mengandalkan Iklan TV

Sumber foto: Business Insider

Menjelang perayaan Harbolnas, para perusahaan e-commerce biasanya akan semakin sering menampilkan iklan mereka di televisi.

Meski begitu, iklan di televisi biasanya lebih ditujukan bagi konsumen berusia tua dan masyarakat yang tinggal di area rural. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan TV masih sangat berpengaruh sebagai media promosi e-commerce, geng.

Akhir Kata

Jadi, itulah tadi sejumlah fakta menarik terkait perayaan Harbolnas, geng. Siapa tahu, masih banyak di antara kamu yang belum mengetahui fakta-fakta tersebut.

Oh, iya, untuk Harbolnas tahun ini, kamu mau beli barang apa aja, nih, geng? Jangan lupa disesuaikan dengan kondisi dompet masing-masing, ya.

Baca juga artikel seputar Fakta Unik atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

Bikin Merinding, Rumah Ini Tetap Kokoh dan Selamat dari Ganasnya Erupsi Semeru

6 Fakta Tersembunyi John Lennon, Ingin Bercinta dengan Pria Hingga Merasa Dirinya Tuhan

11 Potret Orang yang Nggak Paham Menggunakan Barang, yang Emosian Dilarang Masuk!

7 Artis ini Bicara Soal Masuk Neraka, Nikita Mirzani: Bisa Ketemu Michael Jackson!

12 Potret Terbaru Aprilio Manganang, Makin Macho Setelah Resmi Jadi Pria

Duka Paling Mendalam, 12 Artis Ini Harus Kehilangan Anak untuk Selamanya

ARTIKEL TERKAIT

10 Anak Artis Ini Dapat Uang Jajan Berlimpah | Bisa Jajan Saham dan Properti!

10 Potret Anak Artis yang Cerdas dan Berprestasi, Bikin Bangga Orang Tua dan Negara!

20 Potret Anak Artis Indonesia yang Jarang Tersorot, Good Looking dan Berprestasi Semua!

5 Anak Artis Indonesia yang Jadi Artis Cilik | Kecipratan Tenar Orang Tuanya!

5 Sekolah Favorit Anak Artis Indonesia, Biayanya Bisa Buat DP Rumah!

undefined
Kembali Keatas