Bukan Benua Primitif! 14 Fakta Ini Bakal Mengubah Pandanganmu Tentang Afrika

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 17 Juni 2022, 15:45
Setelah baca fakta-fakta ini, kamu nggak akan berani meremehkan negara-negara Afrika lagi. Nggak seterbelakang yang dibayangkan, loh!

Benua Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia, dan memiliki penduduk terbanyak setelah Asia. Sering juga disebut sebagai benua hitam, ada banyak hal unik yang gak akan kamu temukan di tempat lain.

Tapi, jangan bayangkan hal-hal terbelakang yang kamu kira masih ada di sana, ya. Benu Afrika bukanlah benua primitif!

Benua Afrika gak hanya terdiri dari penduduk berkulit gelap, alam yang gersang dan keras, serta satwa liar yang tiada duanya.

Faktanya, Afrika jauh lebih istimewa daripada itu. Bahkan, sebagian wilayahnya ada yang sudah sama modernnya dengan negara-negara yang ada di Eropa dan Asia, loh.

Nggak percaya? Sini, Jaka kasih tahu bahwa Afrika jauuuuh lebih keren daripada yang kamu pikirkan sebelumnya!

1. Benua terbesar kedua di dunia

Sumber foto: Wikipedia

Afrika adalah benua terbesar kedua di Bumi setelah benua Asia. Total luas benua ini adalah 30.365.000 km persegi, setara dengan 1/5 luas permukaan Bumi.

Total ada 54 negara yang diakui secara resmi di sana. Negara terbesar adalah Aljazair dan yang terkecil adalah negara kepulauan Seychelles.

Ironisnya, masih banyak orang yang menganggap kalau Afrika adalah sebuah negara. Padahal bukan ya, geng, Afrika adalah sebuah benua besar.

ADVERTISEMENT

2. Suku tertua di Bumi

Sumber foto: Steemit

Tahukah kamu, kalau ada suku Afrika yang dipercaya sebagai salah satu suku tertua di Bumi. Suku tersebut adalah Suku San yang tinggal di negara-negara di bagian selatan Afrika, seperti Botswana, Namibia, Afrika Selatan, dan Angola.

Dipercaya mereka adalah keturunan langsung dari Homo sapiens pertama, dan sudah menetap di wilayah tersebut selama lebih dari 20.000 tahun terakhir.

3. Orang Afrika gaptek

Sumber foto: Africa Tech

Kamu mungkin membayangkan orang-orang Afrika di pedalaman yang belum melek teknologi. Eits, tunggu dulu! Faktanya, mereka sama sekali gak gaptek, loh.

Sekitar 67% penduduk Afrika sudah memiliki ponsel, sementara 27% sudah terhubung ke internet.

Bahkan di negara-negara yang lebih maju seperti Afrika Selatan dan Nigeria, 9 dari 10 orang penduduknya memiliki ponsel canggih. Kenya bahkan sudah menciptakan sistem perbankan yang bisa diakses smartphone.

4. Dihantui penyakit

Sumber foto: FairPlanet

Memang benar, beberapa wilayah di Afrika masih terdapat penyakit berbahaya mengancam nyawa. Di sana juga masih kurang akses terhadap layanan kesehatan, sedikitnya anak yang sudah divaksin juga masih mengkhawatirkan.

Tapi, gak semua negara Afrika terjangkit wabah, kok. Kebanyakan penyakit di sana seperti Ebola, tidak mudah menular sehingga kemungkinan kamu terjangkit penyakit di sana sangat minim, geng.

5. Afrika adalah gurun yang panas

Visualisasi banyak orang tentang Afrika biasanya disertai dengan imej cuaca panas dan padang tandus, garing banget deh pokoknya.

Padahal Afrika juga sama seperti Indonesia yang punya hutan tropis, pegunungan, savana, bahkan puncak gunung bersalju! Komplit banget, kan?

Bahkan air terjun terbesar di dunia saja ada di Afrika, loh, yakni air terjun Victoria yang ada di perbatasan Zambia dan Zimbabwe.

Bahkan, suhu rata-rata Afrika umumnya nggak lebih dari 27 derajat celsius. Lebih panas Indonesia, geng!

6. Cuma orang kulit hitam yang tinggal di Afrika

Berpikir kamu hanya akan menemui orang berkulit hitam saat bertandang ke Afrika adalah salah satu kesalahan terbesar, geng.

Benua ini adalah rumah bagi miliaran orang dari warna kulit dan budaya yang berbeda karena tingginya angka imigran di Eropa dan corak kulit leluhur orang Afrika yang memang berbeda-beda.

Diperkirakan ada lebih dari 3.000 kelompok etnis di Afrika. Yang paling banyak penduduknya ada di Luba dan Mongo di Afrika Tengah, Berber di Afrika Utara, Shona dan Zulu di Afrika Selatan, dan Yoruba serta Igbo di Afrika Barat.

Salah satu negara Afrika dengan penduduk kulit putih terbanyak adalah Afrika Selatan.

Artis Hollywood papan atas Charlize Theron juga berasal dari Afrika Selatan, loh.

7. Hewan-hewan liar berkeliaran di mana-mana

Dari kecil, kita disuguhkan berbagai acara TV, film, hingga kartun yang memperlihatkan bahwa Afrika dihuni oleh binatang buas yang hidup di alam dan dapat dengan mudah menyerang manusia.

Padahal, hewan liar di Afrika saat ini kebanyakan hidup di taman nasional, sama saja seperti di wilayah lain di dunia.

Kasus serangan terhadap manusia juga jarang terjadi, paling-paling karena kecerobohan di kebun binatang atau akibat perburuan liar.

8. Afrika nggak punya warisan budaya

Walau orang-orang lebih sering membayangkan Afrika yang primitif dengan budaya yang tidak berkembang, nyatanya benua ini adalah tempat berkembangnya peradaban.

Maka dari itu, banyak warisan budaya seperti bangunan tua dan monumen bersejarah yang dilindungi tersebar di wilayah Afrika.

Sebagai contoh, Kenya memiliki lebih dari 200 monumen arsitektural. Keren, kan?

9. Seluruh Afrika masih diselimuti kemiskinan

Saat ingin bepergian ke Afrika, kebanyakan orang sudah mempersiapkan diri untuk melihat kemiskinan di benua hitam secara langsung.

Nggak salah sih, karena memang ada negara-negara Afrika yang hidup di bawah garis kemiskinan - tapi jumlahnya nggak sebanyak yang orang-orang pikirkan.

Banyak juga negara Afrika yang berinvestasi di sektor pariwisata dengan membangun hotel dan tempat rekreasi yang nyaman bagi turis. Tenang aja, geng!

10. Orang Afrika tinggal di gubuk

Entah ini imajinasi dari tahun berapa, karena nyatanya banyak kota-kota besar di Afrika juga punya gedung apartemen, gedung pencakar langit, dan pusat bisnis.

Arsitektur dan infrastruktur yang terus berkembang juga menjadikan kota-kota di berbagai negara Afrika memiliki pembangunan yang progresif.

Lantas, ada nggak orang Afrika yang masih tinggal di gubuk? Jawabannya masih, tetapi jumlahnya sangat sedikit dan hanya orang-orang pedalaman saja, geng.

11. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Afrika

Faktanya, bahasa Afrika itu nggak ada. Bahasa-bahasa unik yang dimiliki oleh suku-suku lokal juga mulai menghilang.

Kamu harus tahu bahwa bahasa Inggris, Prancis, Jerman, dan Portugis adalah bahasa-bahasa yang digunakan secara luas di Afrika sebagai dampak penjajahan bangsa Eropa dahulu.

Di samping itu, sebenarnya Afrika memiliki ratusan bahasa berbeda yang digunakan di masing-masing negara. Di Namibia saja, ada 20 bahasa yang digunakan. Sementara di Nigeria, ada 520 bahasa berbeda.

Sementara jumlah total bahasa pribumi yang diucapkan di Afrika diperkirakan ada sekitar 1.500 - 2.000 bahasa.

12. Orang kulit putih dibenci di Afrika

Mitos yang satu ini muncul setelah era perbudakan dan penjajahan, yaitu ketika daerah-daerah Afrika yang bebas mengusir orang Eropa dan mendapatkan kembali kedaulatannya.

Saat ini, nggak ada hal-hal seperti itu karena orang kulit putih sudah menjadi bagian dari penduduk Afrika sama seperti kulit hitam.

Asalkan nggak diprovokasi atau diajak ribut, orang Afrika santuy bergaul sama siapa aja, termasuk orang kulit putih.

13. Nggak ada air minum di Afrika

Tak bisa dipungkiri bahwa kelangkaan air minum memang ada dan parah banget di beberapa bagian Afrika, tapi bukan berarti nggak ada sama sekali.

Kamu yang ingin bepergian ke Afrika juga nggak perlu khawatir karena bisa dijamin kamu dapat menemukan air mineral kemasan di mana saja.

Bukan cuma air mineral, berbagai merek minuman populer seperti Coca Cola juga tersedia di hampir seluruh wilayah, bahkan di pedesaan terpencil sekalipun.

14. Anak muda Afrika nggak gaul

Waduh, jangan remehkan gaulnya anak muda Afrika, geng. Bahkan mereka mungkin lebih gaul dari kamu!

Pastinya kamu juga tahu kalau banyak anak zaman now Afrika yang eksis di Facebook dan media sosial lainnya, mereka juga suka traveling ke luar negeri dan ikut acara-acara internasional, loh.

Tak sedikit pula yang tergabung dalam platform Couchsurfing mengingat orang Afrika dikenal lebih ramah daripada orang Eropa. Asik, deh!

Akhir Kata

Nah, itu tadi deretan fakta seputar benua Afrika. Jaka jamin, setelah baca ini pandanganmu terhadap benua hitam ini bakalan berubah.

Afrika bukan lagi benua penuh kemiskinan dan konflik, ya. Tapi hartanya jauh lebih banyak dari itu. Afrika lebih cocok disebut eksotis dibandingkan terbelakang. Gak beda jauh dengan Indonesia dan sama luar biasanya kayak benua-benua lain yang katanya lebih "maju". Jadi, gak perlu ragu nih buat caw liburan ke sana. Beneran keren banget!

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

9 Unsur Indonesia di Film Raya and the Last Dragon | Bikin Bangga Kita Semua!

5 Netflix Luncurkan Fast Laugh Untuk Ngakak Instan, Tampilannya (Lagi-lagi) Mirip TikTok!

Waduh! Roket SpaceX untuk ke Mars Meledak saat Mendarat, Elon Musk Gagal?

Orangutan Sumatera yang Terancam Punah, Dikabarkan Melahirkan di AS!

ARTIKEL TERKAIT

10 Pemimpin Negara Terkaya di Dunia, Banyak dari Negara Berkembang!

Inilah 10 Negara Teraman dan Terdamai di Dunia, Indonesia Lebih Aman dari Amerika!

Inilah 10 Negara Paling Berbahaya di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

7 Destinasi Wisata Paling Berbahaya di Dunia, di Indonesia Juga Ada!

undefined
Kembali Keatas