Video: Ilmuwan Gokil Ini Menciptakan Api Berbagai Warna yang Keren Abis

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Saturday, 25 July 2015, 13:00
Ternyata api bisa dibuat dengan berbagai warna, loh! Caranya bisa kamu lihat di video: ilmuwan gokil ciptakan api warna-warni yang keren abis.

Api merupakan hal yang sangat berguna bagi kehidupan. Api digunakan sebagai sumber cahaya, memasak makanan, pengolahan barang-barang industri, dan berbagai hal lainnya. Kamu pasti sudah akrab dengan api berwarna biru atau kuning kemerahan. Namun, ternyata api bisa dibuat dengan berbagai warna, loh! Mulai dari biru, merah, kuning, oranye, hijau, bahkan ungu. Kalau mau tahu caranya, kamu bisa lihat di video: ilmuwan gokil ciptakan api warna-warni yang keren abis.

Baca juga: Pyro Fireshooter, Alat Pelontar Api Langsung Dari Tangan Kamu

Video berikut dibuat oleh Backyard Scientist, sebuah akun Youtube yang setiap minggunya selalu menampilkan aksi-aksi sains yang menakjubkan. Bukan hanya sekedar menjelaskan reaksi kimia secara ilmiah seperti guru sekolah. Mereka lebih banyak melakukan percobaan-percobaan unik dan seru. Seperti salah satunya membuat penyemprot api berwarna-warni. Berbagai warna yang muncul terbentuk dari campuran metanol dengan bahan-bahan kimia lain. Warna biru adalah warna asli hasil pembakaran metanol. Warna merah terbentuk dari campuran metanol dan litium. Warna oranye dari metanol dan kalsium klorida. Warna kuning dari campuran sodium dan metanol. Warna hijau dari metanol dan asam borat. Serta warna ungu cantik yang terbentuk dari campuran metanol dan kalium. Kamu penasaran bagaimana hasilnya? Kayak gini nih videonya.

Gokil dan keren banget, kan? Kalau mau jadi ilmuwan keren kayak Backyard Scientist, harusnya kamu merhatiin dengan serius waktu guru kimia di sekolah lagi ngajar. Hehehe... Dengan arahan dari video di atas, kamu bisa coba-coba sendiri di rumah bikin api warna-warni. Bahan-bahannya juga bisa dibeli di toko kimia. Tapi pastikan kalau kamu melakukannya dengan berbagai perlengkapan yang aman, ya! Kamu juga harus serius dan nggak sembarangan. Jaka nggak tanggung jawab kalau rumah kamu kebakaran, loh. Soalnya Jaka hanya sekedar berbagi informasi. Jangan lupa bagi-bagi pendapat kamu lewat kolom comment di bawah ini ya!

Artikel Menarik Lainnya

Kembali Keatas