Ustadz Jaka: Tetap Lanjut Makan Setelah Imsak, Bolehkah?

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 20 Juni 2015, 11:31
Karena ada yang bilang tidak boleh makan lagi setelah Imsak, namun ketika saya telat bangun, orang tua saya menyuruh untuk menyantap sahur padahal waktu itu sudah masuk Imsak.

Pertanyaan

Assalamualaikum Ustadz, Saya masih bingung tentang pembatasan antara waktu Imsak dan waktu Subuh. Karena ada yang bilang tidak boleh makan lagi setelah Imsak, namun ketika saya telat bangun, orang tua saya menyuruh untuk menyantap sahur padahal waktu itu sudah masuk Imsak. Mohon jawabannya

Suherlan, 18 Tahun

Jawaban

Waalaikumsallam, W.W.

Jadi teringat waktu Ustadz masih kecil dulu oleh Ayahanda tercinta agar berhenti makan dan minum ketika tanda Imsak telah tiba. Namun pada pemahaman sebenarnya, waktu Imsak hanyalah sebagai pembatas bagi seseorang untuk menghentikan aktivitas makan-minumnya dan bergegas untuk melaksanakan sholat Shubuh.

APA ITU IMSAK?

Imsak, yang berarti Menahan Diri dan merupakan salah satu Rukun Puasa. Lalu, kapan batas waktu untuk ber-imsak? Di Indonesia sendiri batas waktu Imsak adalah 10 Menit sebelum waktu Shubuh.

LALU, BOLEHKAH MAKAN SETELAH WAKTU IMSAK?

"Makan dan minumlah hingga Ibnu Ummi Maktum mengumandangkan Adzan, karena dia tidak akan mengumandangkannya jika fajar belum terbit." (HR. Bukhari Muslim, an-Nasa'i, Ahmad, Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah). Dengan melihat hadist berikut maka bisa dipastikan bahwa (melanjutkan) makan dan minum setelah waktu Imsak ialah diperbolehkan, jadi jangan khawatir jika kamu telat bangun ketika waktu makan sahur.
Internet Download Manager 6.38 Build 2
Apps Downloader & Plugin Tonec Inc.
DOWNLOAD

Tanya Jawab Lainnya

undefined
Kembali Keatas