Dari Butut Sampai Keren! Ini 15 Sejarah Logo Unik dari Perusahaan Populer

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Thursday, 04 January 2018, 10:00
Logo merupakan simbol yang mewakili nama sebuah perusahaan. Logo dianggap sangat penting karena dengan melihat logo saja, kita sudah bisa mengetahui merek dari suatu produk.

Logo merupakan simbol yang mewakili nama sebuah perusahaan. Logo dianggap sangat penting karena dengan melihat logo saja, kita sudah bisa mengetahui merek dari suatu produk. Hampir semua perusahaan di seluruh dunia bekerja keras untuk merancang logo paling unik dan paling bagus.

Jadi, jangan heran ya Sob kalau proses pembuatan logo ini memakan waktu yang cukup lama. Di antara perusahaan paling populer di seluruh dunia, 15 logo berikut ini mempunyai sejarah unik Sob! Yuk, langsung kita bahas.

BACA JUGA
  • 15 Logo Terburuk Sepanjang Sejarah Umat Manusia

Dari Butut Sampai Keren! Ini 15 Sejarah Logo Unik dari Perusahaan Populer

1. Google

Sumber foto: Sumber: Rasiva Nadila

Siapa sih yang nggak kenal sama mbah Google? Selama kurang lebih 17 tahun, perusahaan ini tetap menggunakan logo yang sama. Tapi, pada tahun 2015 lalu, perusahaan ini berhasil mengganti logo perusahaannya jadi lebih eye catching.

2. Johnnie Walker

Sumber foto: Sumber: haberdashdesign.com

Sobat yang suka minum-minuman beralkohol pasti nggak asing dengan merek minuman Johnnie Walker. Perusahaan alkohol terbesar ini telah berhasil mengganti logo miliknya jadi lebih eye catching. Mulai dari ukuran orangnya yang diperkecil, hingga bentuk tulisannya yang memakai huruf kapital.

3. Google Ventures

Sumber foto: Sumber: AOL.com

Beberapa tahun lalu, Google Ventures memakai logo tulisan sesuai dengan nama perusahaannya. Kalau dilihat-lihat, logo lamanya memang terlalu biasa . Jadi wajar saja jika perusahaan mengubah logo tersebut menjadi GV yang lebih solid dan elegan.

4. Ritz-Carlton

Sumber foto: Sumber: haberdashdesign.com

Salah satu hotel yang populer di kalangan ekonomi kelas atas, Ritz-Carlton juga pernah mengubah logo miliknya. Dibandingkan logo sebelumnya, ukuran font pada logo Ritz-Carlton yang sekarang lebih tebal, dan juga diperbesar sedikit.

5. Emerald Nuts

Sumber foto: Sumber: The Independent

Pada tahun 2015 silam, Emerald Nuts juga melakukan perubahan pada logo miliknya. Salah satu alasan kenapa perusahaan ini mengubah logo adalah karena logo yang lama sudah ketinggalan zaman, terlalu tua, dan tidak eye catching lagi. Apalagi di era seperti sekarang yang semuanya sudah serba canggih.

6. Microsoft

Sumber foto: Sumber: twitter.com

Logo Microsoft yang kita lihat sekarang merupakan hasil perombakan yang terjadi di tahun 2012 silam. Selama proses perubahan logo ini, perusahaan Microsoft tidak mengeluarkan biaya sepeser pun. Kenapa? Karena yang mengerjakan logo ini adalah pihak internal perusahaan, jadi nggak perlu dibayar!

ADVERTISEMENT

7. Twitter

Sumber foto: Sumber: Gawker

Twitter menjadi media sosial yang sangat populer di seluruh dunia. Tau nggak Sob kalau logo Twitter yang sekarang itu dulunya hanya dihargai sekitar $15. Kalau ditukarkan ke rupiah, harganya cuma 200 ribuan, lho! Murah, kan? Inilah yang menjadi keuntungan pihak Twitter hingga sekarang.

8. Nike

Sumber foto: Sumber: The BLU Group

Siapa yang nggak kenal sama sepatu sport Nike? Bisa jadi kamu yang baca artikel ini adalah salah satu pecinta produk Nike. Dari segi hasil produksi, Nike bisa dibilang masih lebih unggul dibandingkan pesaingnya.

Di balik suksesnya penjualan produk Nike di dunia, ternyata logo _ centang _ Nike yang kita kenal sekarang hanya dihargai sekitar $35! Kalau ditukarkan ke kurs rupiah, harganya sekitar 470 ribu rupiah aja. Gila nggak, tuh?

9. Coca Cola

Sumber foto: Sumber: UPrinting.com

Frank M. Robinson adalah orang yang mendesain logo Coca Cola. Bersama dengan rekan kerjanya, Spencerian Script, Frank berusaha untuk mendesain logo yang unik. Dan hasilnya adalah logo Coca Cola yang kita kenal sekarang.

Dari dulu hingga sekarang, logo Coca Cola sudah mengalami perubahan. Namun, perubahannya tidak terlalu signifikan. Jadi tidak terlalu kelihatan ya, Sob!

10. Apple

Sumber foto: Sumber: magical-marketing.com

Apple, perusahaan gadget raksasa ini pertama kali meluncurkan logo miliknya di tahun 1976 silam. Kalau dibandingkan antara logo Apple tahun 1976 dengan sekarang, ada banyak sekali perubahan. Logo yang dulunya hitam putih dan sangat rumit, kini telah berubah menjadi logo yang lebih eye catching.

11. IBM

Sumber foto: Sumber: twitter.com

IBM yang kita kenal sekarang dulunya bernama International Time Recording Company. Perusahaan yang muncul tahun 1888 ini kemudian mengganti nama menjadi IBM (International Business Machines) beserta logo barunya di tahun 1924.

12. Canon

Sumber foto: Sumber: EDGE Creative

Perusahaan Canon yang kita kenal sekarang pertama kali didirikan oleh dua ilmuwan dari Jepang. Pada tahun 1934 silam (saat perusahaan pertama kali diperkenalkan), perusahaan ini diberi nama Kwanon, yang merupakan nama salah satu dewi di agama Buddha. Namun, nama Kwanon sedikit sulit dieja makanya kemudian diganti menjadi Canon, seperti yang kita kenal hingga sekarang.

13. Motorola

Sumber foto: Sumber: The Delve Group

Galvin Manufacturing Corporation yang berbasis di Chicago merupakan perusahaan berbasis telekomunikasi. Salah satu produk yang berhasil dirilisnya yaitu radio Motorola pada tahun 1930 silam. Nama "Motorola" pun diambil dari dua kata yaitu ** motor ** dan ** ola **.

14. Nokia

Sumber foto: Sumber: 8-Digital

Perusahaan Nokia dulunya bukan perusahaan smartphone seperti yang kita kenal sekarang ya, Sob! Tetapi perusahaan kayu sukses asal Finlandia yang berhasil diperkenalkan di abad 19 silam. Nama Nokia diambil dari Bahasa Finlandia yang artinya gelap dan berbulu musang. Makanya nggak heran kalau akhirnya logo Nokia mirip seperti logo musang.

Tapi, perusahaan ini resmi mengganti logo perusahaan di tahun 1967. Perusahaan baru ini dianggap lebih modern dibandingkan perusahaan lamanya.

15. Xerox

Sumber foto: Sumber: Product Service Innovation

Perusahaan ini dimulai sebagai perusahaan Haloid di tahun 1906. Xerox menjadi produsen terkenal penghasil kertas dan peralatan fotografi. Sekitar tahun 1926-an, perusahaan ini berhasil dirayu oleh investor bernama Chester Carlson sehingga Chester bisa menanamkan modalnya di perusahaan Xerox.

Hingga tahun 1959, perusahaan Xerox resmi merilis mesin fotokopi pertama yang diberi nama the Haloid Xerox 914. Suksesnya penjualan yang diraih membuat perusahaan ini mengganti nama serta logo perusahannya.

Itulah 15 nama perusahaan populer yang sudah sekian kali mengganti logo perusahaannya hingga jadi lebih menarik dan eye catching seperti yang kita kenal sekarang.

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
ArtFlow || Paint & Sketchbook 1.5.262
Apps Artflow Studio
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Kembali Keatas