Perbandingan Penglihatan Mata Normal dan Buta Warna

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 06 November 2016, 14:00
Seperti apa perbedaan dari ketiga jenis buta warna saat melihat hal yang ada di sekitarnya? Inilah perbandingan antara penglihatan mata normal dan buta warna.

Memiliki mata yang sehat adalah impian bagi banyak orang. Meski begitu, tidak sedikit dari kita yang memiliki penglihatan kurang bagus, salah satu contohnya adalah masalah buta warna. Orang yang memiliki penglihatan buta warna, mereka tidak bisa menentukan warna-warna tertentu secara jelas.

Buta warna sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya Deutranomalia, Protanopia dan Protanopia. Seperti apa perbedaan dari ketiga jenis tersebut saat melihat hal yang ada di sekitarnya? Dilansir dari BrightSide, inilah perbandingan antara penglihatan mata normal dan buta warna.

BACA JUGA
  • Ini Dia Alasannya Kenapa Terjadi Efek Mata Merah Saat Difoto
  • 7 Tips Agar Mata Tidak Rusak Ketika Berada di Depan Komputer
  • Atasi Bahaya Mata Lelah Karena Radiasi HP Dengan 5 Aplikasi Ini

Perbandingan Mata Normal dan Buta Warna

Mata Normal

Deutranomalia

Deutranomalia adalah salah satu jenis kebutaan warna yang paling sering ditemui. Hampir 4,63% pria menderita namun tidak sedikit yang tidak menyadari terkena Deutronomali. Buta warna Deutronomali sendiri disebabkan oleh kelainan bentuk pigmen middle-wavelenght (green). Beberapa warna yang lebih cerah terutama hijau dan merah tidak terlalu jelas dilihat.

Protanopia

Protanopia adalah tipe anomalous trichromacy di mana terjadi kelainan long-wavelenght (red) pigmen. Hal ini menyebabkan rendahnya sensitivitas terhadap warna merah. Sedangkan untuk warna biru dan kuning tidak terlalu berubah.

Tritanopia

Tritanopia adalah keadaan di mana seseorang tidak memiliki short-wavelength cone. Orang yang mengalami Tritanopia kesulitan untuk membedakan warna biru dan kuning.

Buta Warna Total

Semua warna menghilang. Penyakit buta warna total ini sangat jarang terjadi, perbandingannya hanya 0.00003% dari total populasi manusia di dunia.

Berikut ini perbandingan penglihatan mata normal, Deutranomalia, Protanopia, Tritanopia terhadap beberapa objek seperti buah-buahan, pelangi, logo pepsi, dan lainnya.

1. Buah-buahan

2. Lampu Lalu Lintas

3. Logo Pepsi

4. Pelangi

5. Jalanan Kota

6. Foto Portrait

Itulah beragam perbandingan penglihatan mata normal dan buta warna. Jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan matamu agar tetap bisa melihat beragam keindahan yang ada di dunia ini. Kamu juga bisa menguji kesehatan mata dengan tes mata gratis berikut ini.

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT

Canggih! Galaxy S8 Dilengkapi Asisten AI Bixby ala Google Assistant

Haruskah Saya Mencabut Baterai Dari Laptop Agar Lebih Awet?

Selama 2016, Facebook Mendapatkan 91 Triliun Rupiah Lebih

Apa Saja Isi Tas Hacker Mr. Robot Elliot Alderson? Berikut Daftarnya!

10 Aplikasi Launcher Android Paling Keren

APPS TERKAIT
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Clash of Clans 13.0.31
Games Supercell
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
undefined
Kembali Keatas