Termasuk Internet, Ini 5 Penemuan Paling Sukses Mengubah Hidup Manusia

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 23 September 2017, 17:00
Meski ada penemuan-penemuan yang bisa dibilang gak berguna atau gak berfaedah, gak bisa dipungkiri jika mayoritas penemuan yang ada selama ini berguna bagi manusia. Berikut lima penemuan paling sukses mengubah hidup manusia.

Sejak zaman dulu hingga di era modern ini, udah banyak banget penemuan yang ditemukan dari hasil penelitian para ilmuwan atau dari ketidaksengajaan orang biasa. Meskipun ada juga penemuan-penemuan yang bisa dibilang gak berguna atau gak ada faedahnya, tapi gak bisa dipungkiri jika mayoritas penemuan yang ada selama ini berguna dalam mempermudah kehidupan manusia.

Kali ini, Jaka akan kasih ulasan mengenai penemuan yang paling mengubah hidup manusia di antara jutaan penemuan yang ada selama ini. Apa saja? Berikut lima penemuan paling sukses mengubah hidup manusia:

BACA JUGA
  • 5 Penemuan Terlarang yang Seharusnya Tidak Diciptakan
  • 10 Penemuan Teraneh Ini Ternyata Pernah Ada di Dunia Lho!
  • 10 Penemuan Paling Penting di Bidang Teknologi Hingga Saat Ini

5 Penemuan Paling Sukses Mengubah Hidup Manusia

1. Bohlam Lampu

Pernah membayangkan sepanjang malam di hidup kamu selalu diselimuti kegelapan maha pekat yang tiada tara? Terdengar lebay banget tapi hal itu bisa aja terjadi menimpa kita jika bukan karena penemuan jenius seorang Thomas Alfa Edison.

Meski banyak yang bilang Edison hanya meneruskan percobaan lampu pijar Joseph Wilson Swan di tahun 1860. Namun, bohlam lampu yang ditemukan Edison melalu ribuan kali percobaan inilah yang hingga kini kita gunakan sebagai alat penerang di malam hari.

2. Telepon

Sumber foto: Sumber: Packetworks

Sebagian besar orang pasti setuju jika penemuan yang satu ini disebut sebagai yang paling penting dan mengubah hidup manusia. Ya, Alexander Graham Bell sukses menciptakan telepon di tahun 1876. Hebatnya, Bell sendiri adalah seorang yang mengalami gangguan pendengaran alias tuli.

Sejak saat itu, telepon temuan Bell selalu mengalami perkembangan di setiap tahunnya. Telepon itulah yang kemudian jadi cikal bakal munculnya handphone dan smartphone. Jadi, tanpa adanya penemuan Bell, kita mungkin aja gak bisa merasakan mudah dan asiknya menggunakan smartphone di kehidupan sehari-hari.

3. Kendaraan

Sumber foto: Sumber: Motor Trend

Zaman dulu, manusia biasa berjalan kaki atau menaiki hewan (kebanyakan kuda atau onta) untuk berangkat dari satu tempat ke tempat lain. Bayangkan jika kini kita masih melakukan hal yang sama. Tentu akan sangat melelahkan bukan? Kita patut berterimakasih pada para sosok jenius yang sukses menemukan kendaraan, salah satunya Henry Ford, yang sukses menginisiasi diciptakannya mobil.

Kini, beragam pilihan kendaraan tersedia untuk kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari. Baik kendaraan umum atau pribadi, semuanya tentu membantu kita mencapai tujuan dengan lebih efisien ketimbang berjalan kaki. Sayangnya, saking banyaknya kendaraan yang tersedia malah bikin jalanan jadi super macet.

ADVERTISEMENT

4. Internet

Selain smartphone, temuan yang satu ini juga termasuk dalam "hal yang manusia sekarang gak bisa hidup tanpanya". Ya, tanpa koneksi atau jaringan internet, kita terutama generasi muda rasanya akan mati gaya dan bingung harus melakukan apa.

Maka berterimakasihlah pada Leonard Kleinrock. Ia adalah seorang Sarjana Teknik Elektro dan Ilmu Komputer yang sukses mempelopori jaringan komunikasi digital. Bisa dibilang, Kleinrock merupakan orang yang sukses mencetuskan internet yang digunakan nyaris seluruh masyarakat hingga saat ini.

5. Radio Frequency Identification

Teknologi ini sejatinya belum diterapkan di seluruh dunia. Radio Frequency Identification atau yang dikenal dengan RFID merupakan sebuah microchip pintar yang ditanam di tubuh manusia. Microchip itu kemudian akan memudahkan kita untuk mengakses segala hal seperti membeli sesuatu, informasi data diri, hingga sebagai pelacak lokasi.

Namun, RFID sendiri masih jadi perdebatan akibat beberapa isu kontroversial mengenainya. Kode 666 pada microchip menjadi salah satu hal yang paling dipertanyakan maksudnya, karena mengingatkan pada organisasi atau aliran sesat. Selain itu, menanamkan microchip dalam tubuh manusia dirasa masih berisiko besar dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia itu sendiri.

Akhir Kata

Itulah lima penemuan yang paling sukses mengubah hidup manusia. Penemuan mana yang kamu anggap paling mengubah hidupmu? Lalu setujukah kamu jika suatu saat nanti harus menanamkan microchip di dalam tubuh? Jangan ragu untuk sampaikan pendapatmu lewat kolom komentar di bawah ini ya.

Baca juga artikel seputar Internet atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

10+ Penemuan Teraneh Ini Ternyata Pernah Ada di Dunia Lho! (Part 2)

10 Penemuan Gadget di Masa Lalu Ini Pasti Bikin Kamu Bengong

11 Penemuan Canggih Ini Akan Membawa Kamu ke Masa Depan!

11 Penemuan 'Penting' yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, Nomor 5 Gak Guna Banget!

Ada Iron Man! 5 Teknologi HOAX Ini Pernah Menghebohkan Indonesia

APPS TERKAIT
Real Car:Speed Racing 2.4
Games NovaSky
Phone Tester (hardware info) 2.0.6
Apps Miguel Torres
Radio FM 4.1
Apps RadioFM
Internet Explorer 11.0 Windows 7
Apps Microsoft Corporation
undefined
Kembali Keatas