LUAR BIASA! Orang Ini Lebih Cepat Dari Kecepatan Suara, Siapa Dia?

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 16 September 2016, 13:00
Ada seseorang yang berhasil melampaui kecepatan suara. Ia bernama Joseph William Kittinger II

Seperti yang kita ketahui, kecepatan suara dan cahaya sangatlah cepat. Jika dipikir-pikir, sangat tidak mungkin seseorang dapat melampaui kecepatan suara maupun cahaya.

Namun, ada seseorang yang berhasil melampaui kecepatan suara. Ia bernama Joseph William Kittinger II. Joseph lahir pada tahun 1928 (umur 88 tahun), yang merupakan seorang pensiunan Perwira Angkatan Udara Amerika Serikat dan Komando Pilot USAF.

BACA JUGA
  • TELKOMSEL atau XL? Inilah Operator dengan Kecepatan 4G LTE Tercepat di Indonesia
  • Pesawat Jet Militer Amerika Bisa Terbang Hingga Lima Kali Kecepatan Suara, Indonesia Kapan?
  • Kecepatan Internet Indonesia Ada di Peringkat 122 Dunia

Joseph William Kittinger II Lebih Cepat Dari Suara

Pada saat itu, Ia ditugaskan di pesawat tempur dan berpartisipasi dalam Project Manhigh dan Project Excelsior pada tahun 1960, sekaligus menetapkan rekor dunia untuk skydive tertinggi dari ketinggian lebih dari 19 mil (31 kilometer).

Perlu kamu ketahui, bahwa satuan kecepatan yang digunakan untuk mengekspresikan kecepatan suatu pesawat terbang relatif terhadap kecepatan suara disebut Mach. Satuan biasanya ditempatkan sebelum angka pengukurannya. Misalkan, Mach 1.0 untuk satu kali kecepatan suara, Mach 2.0 untuk dua kali kecepatan suara, dan seterusnya.

Dan sebenarnya, angka kecepatan suara juga tergantung pada tingkat tekanan dan suhu atmosfer. Misal, pada suhu 0 derajat Celcius dan tekanan udara 1 Atmosphere (atm), kecepatan suaranya adalah 1.088 ft/s atau 331.6 m/s atau 748 mi/h (pada ketinggian 2-3 kilometer). Tak lupa juga, bahwa kecepatan suara akan semakin mengecil bila jarak antara suara dan permukaan bumi (tinggi) semakin besar.

Joseph ditetapkan sebagai orang yang melampaui kecepatan suara pada saat ia melakukan terjun bebas dengan kecepatan 614 mph (988 km/jam).

Ternyata, aksi yang dilakukan Joseph bukanlah bertujuan untuk menembus kecepatan suara. Fungsi dari terjun bebas tersebut semata-mata hanya untuk menguji rancangan baju luar angkasa generasi baru. Baju yang diuji ini dirancang khusus untuk melindungi si penerjun dari temperatur dan tekanan udara rendah serta tekanan gelombang kejut saat ia menembus dinding suara. Selain itu, penerjunan ini dilakukan juga untuk mengembangkan metode penyelamatan diri astronot yang mengalami masalah ketinggian ekstrem.

Bagi kamu yang penasaran dengan aksi Joseph William Kittinget II, kamu bisa tonton langsung videonya di bawah ini.

Nah, itulah orang pertama yang pernah menembus kecepatan suara. Gimana? Super sekali kan? Hal yang dilakukan Joseph ini sebenarnya bukanlah hal yang benar-benar aman meskipun Joseph merupakan seorang penerbang profesional. Dan juga, aksi penerjunan ini sudah banyak makan korban loh, jadi bagi kamu yang sudah bosan hidup bisa daftar langsung ke USAF, hehe. Sekian dari artikel ini dan jangan lupa tulis pendapat kamu di kolom komentar ya.

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mempercepat Internet Dengan Hack DNS (10x Lebih Cepat)

Ayo, Tes Kecepatan Mata dan Otak Kamu Lewat Permainan Ini!

VIDEO: Uji Kecepatan Nokia 3310 VS iPhone 6, Nokia 3310 Terbukti Lebih Cepat

Einstein Kalah oleh Orang Indonesia, Ini 10 Orang Dengan IQ Tertinggi di Dunia!

16 Foto Lucu Hasil Ketidaksengajaan Dari Manusia

APPS TERKAIT
Fast & Furious 6: The Game 4.1.1
Games Kabam
CM Browser - Fast & Secure 5.20.02
Apps Cheetah Mobile Inc
Faster Internet 2x 1.5.5
Apps Marvin Apps
Speed Car Fast Racing 1.2
Games Christianv2luv
undefined
Kembali Keatas