REVIEW: Operation Chromite, Kilas Balik Peristiwa Sejarah Battle of Incheon

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Sunday, 18 September 2016, 14:00
Jenderal Amerika, Douglas MacArthur mengirimkan delapan anggota ke Incheon yang dipimpin oleh AL Korea Selatan, Letnan Jang Hak-soo pada misi rahasia untuk melaksanakan Operasi "X-ray"

Industri perfilman Korea mungkin bisa dibilang sedang di atas angin ya. Bagaimana tidak, film-film besutan Negeri Ginseng tersebut telah merambah kancah perfilman internasional dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Sebutlah salah satunya genre K-Drama yang telah banyak menelurkan serial drama terkenal seperti Descendants of the Sun dan The Heirs. Tidak puas dengan genre K-Drama, kali ini Korea kembali memproduksi film bertemakan sejarah yang diadaptasi langsung dari kejadian asli dalam pertempuran Incheon (Battle of Incheon) dengan judul Operation Chromite.

BACA JUGA
  • ONE PIECE FILM: GOLD, Pertaruhan Hidup dan Mati!
  • Bad Moms, Perjuangan Seorang Ibu yang Berusaha Sempurna!

Operation Chromite Mengungkap Kelamnya Incheon Saat Itu

Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris Korea yang telah terkenal di kancah film Internasional; Lee Jung-jae sebagai Jang Hak-soo, Lee Beom-soo sebagai Lim Gye-jin, dan Jin Se-yeon sebagai Han Chae-seon, serta diperkuat oleh aktor papan atas Hollywood, Liam Neeson sebagai Douglas MacArthur, jenderal perang bintang lima AS.

Jenderal Amerika, Douglas MacArthur mengirimkan delapan anggota ke Incheon yang dipimpin oleh AL Korea Selatan, Letnan Jang Hak-soo pada misi rahasia untuk melaksanakan Operasi "X-ray". Operasi rahasia ini harus berhasil sehingga MacArthur dapat meluncurkan Operation Chromite, perang yang digadang-gadangkan akan gagal karena memiliki kemungkinan menang 1:5000.

Code Name dari Battle of Incheon

Operation Chromite adalah code name dari pertempuran Incheon yang pecah pada tanggal 15 September 1950, tidak lama setelah Perang Korea tanggal 25 Juni 1950. Operation Chromite adalah upaya PBB yang dipimpin oleh MacArthur dalam memukul mundur Korea Utara dari pelabuhan Korea Selatan. Operasi ini dilakukan secara mendadak dan menjadi titik balik dimana PBB menyerang Korea Utara yang komunis.

Pada film besutan sutradara John H. Lee ini disisipkan sedikit romansa cinta antara Jang Hak-soo dan Han Chae-seon yang berakhir dengan tragis. Meskipun begitu, tidak nampak penyesalan pada wajah letnan Jang Hak-soo pada detik-detik terakhirnya karena ia yakin, ia telah menyelamatkan ibunya.

Peringkat Pertama Box Office Korea Selatan

Film Operation Chromite berhasil menduduki peringkat pertama Box Office Korea Selatan hanya pada minggu pertama saat dirilisnya film tersebut. Film ini diproduksi oleh CJ Entertainment.

Saran saya jika ingin menikmati film yang sudah tayang mulai 14 September kemarin di seluruh jaringan CGV Blitz Indonesia ini adalah jangan lupa membawa tissue atau saputangan untuk menghapus airmata haru selama penayangan film di bioskop. Jadi, apakah kamu tertarik menontonnya?

ADVERTISEMENT
ARTIKEL TERKAIT

REVIEW: GENIUS, Menguak Pentingnya Menikmati Hidup

APPS TERKAIT
Nonton Film Online 3.0.0
Apps nonton.com
Nonton TV Online 1.3
Apps Aku Cinta Indonesia
IMDb Movies & TV 5.4.1.105410410
Apps IMDb
MoviePop 1.1.7
Games FreshPlanet
Kembali Keatas