Inilah 10 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 14 Oktober 2016, 14:00
Tingkat pendidikan itu memang penting banget, apalagi buat masa depan. Inilah 10 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan seseorang di masa depan. Memang tingkat pendidikan tidak menjamin kesuksesan seseorang, tapi setidaknya membuka lebih banyak peluang. Maka dari itu, pemerintah pun senantiasa meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Nah, tingkat pendidikan juga menjadi salah satu faktor yang diukur dalam survei daya saing global yang dirilis oleh World Economic Forum (WEF). Setiap negara yang disurvei diberikan nilai dengan rentang 1 hingga 7 berdasarkan jumlah penduduk yang mendapat pendidikan layak. Semakin tinggi skornya, semakin baik pula tingkat pendidikan di negara tersebut.

BACA JUGA
  • 10 Negara Dengan Jaringan Internet 4G LTE Tercepat di Dunia
  • 10 Super Komputer Paling Cepat dan Tercanggih di Dunia 2016
  • Bukan AS atau India, Inilah Negara Dengan Programmer Terbaik di Dunia

Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Negara-negara Eropa berhasil mendominasi daftar negara dengan tingkat pendidikan paling baik di dunia. Namun, tahukah kamu bahwa negara dengan tingkat pendidikan terbaik berasal dari benua Asia. Dilansir dari Business Insider, berikut 10 negara dengan sistem terbaik di dunia.

1. Singapura - Nilai 6.3

Ya, negara tetangga kita yakni Singapura menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia dengan nilai 6.3 dari 7. Sistem pendidikan di negara ini dinilai sangat kompetitif di dunia. Lulusan dari sekolah di Singapura banyak yang menuai kesuksesan besar dalam karier. Negara singa ini dikenal dengan sistem pendidikan yang dikenal dengan istilah "pressure cooker".

2. Finlandia - Nilai 6.2

Sudah banyak yang mengakui bahwa tempat lahirnya merek ponsel Nokia yaitu Finlandia, memiliki sistem pendidikan yang terbaik dan terkenal akan keunikannya. Untuk menjadi guru di Finlandia tidaklah sembarangan, mereka diharuskan menempuh pendidikan minimal hingga S2.

3. Belanda - Nilai 6.1

Pada peringkat ketika ditempati oleh Netherlands alias Belanda dengan nilai 6.1. Belanda memang meraih peringkat tinggi di berbagai bidang pendidikan. Sepertiga dari penduduk Belanda yang berusia 25-64 tahun, rata-rata berhasil menyelesaikan pendidikan hingga perguruan tinggi. Jumlah ini 24 persen lebih tinggi dibanding negara Eropa lainnya.

4. Swiss - Nilai 6.0

Sebagian besar penduduk Swiss, 86 persen dari usia 25-64 tahun setidaknya menempuh pendidikan hingga sekolah tinggi (SMA). Pemerintah Swiss juga memberikan subsidi pendidikan cukup besar bagi tiap pelajar yang belajar di negara tersebut dibandingkan dengan negara-negara di Uni Eropa lainnya.

5. Belgia - Nilai 6.0

Di Belgia, bagi mereka yang menamatkan pendidikan hingga tingkat perguruan tinggi, diklaim pemerintah Belgia pasti mendapat pekerjaan. Terbukti, tingkat pengangguran orang yang berpendidikan tinggi hanya sebesar 3 persen. Angka ini lebih rendah dibanding negara lain di Eropa. Selain itu, guru menjadi profesi yang dibayar mahal di negara ini.

ADVERTISEMENT

6. Denmark - Nilai 5.9

Denmark menjadi salah satu negara dengan sistem terbaik di dunia dengan menduduki peringkat ke-6. Negara di Benua Eropa ini menghabiskan sebagian besar kekayaan mereka untuk bidang pendidikan. Persentase subsidi pemerintah dalam bidang pendidikan mencapai 7,9 persen dari total PDB. Pendidikan adalah prioritas utama di negara ini.

7. Norwegia - Nilai 5.9

Pendidikan juga menjadi prioritas utama di Norwegia. Pemerintah menggelontorkan dana yang besar untuk berinvestasi di bidang pendidikan, mulai dari siswa SD hingga perguruan tinggi disubsidi oleh pemerintah. Norwegia pun menjadi negara ketiga yang menghabiskan kekayaan mereka untuk pendidikan di kawasan Eropa.

8. Amerika Serikat - Nilai 5.9

Amerika Serikat tercatat sebagai salah satu negara di peringkat ke-5 di dunia yang paling banyak mengalokasikan dana untuk pendidikan menurut Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD). Sebagian besar orang dewasa di Amerika, sebanyak 43 persennya telah menempuh pendidikan hingga ke tingkat universitas.

9. Australia - Nilai 5.9

Australia memang terkenal akan percampuran budaya yang tinggi, dan soal pendidikan juga salah satu yang terbaik di dunia. Menariknya, Australia merupakan salah satu negara dengan persentase pelajar asing terbesar seperti halnya Kanada, Jepang, Israel, Korea, Amerika Serikat, dan Inggris.

10. Selandia Baru - Nilai 5.9

Sistem pendidikan di Selandia Baru memiliki tiga tingkatan yakni pendidikan anak usia dini, sekolah menengah, dan pendidikan tinggi. Di mana siswa dapat mengikuti berbagai jalur yang fleksibel. Bahkan belum lama ini pemerintah memperkenalkan program pendidikan online, di mana siswa tidak diharuskan untuk menghadiri sekolah pada hari-hari tertentu dalam seminggu.

Itulah 10 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Sayangnya, Indonesia belum masuk dalam daftar. Mari bersama kita mendukung sistem pendidikan yang lebih baik dan menyadari betapa pentingnya pendidikan. Bagaimana pendapat kamu?

ARTIKEL TERKAIT

Apakah Kamu Termasuk Orang yang Selalu Berpikir Positif atau Negatif?

Bukan Bill Gates atau Mark Zuckerberg, Inilah 5 Orang Terkaya di Dunia!

Dari Anti Basah Hingga Ber-LED, Inilah 5 Pakaian Unik dan Berteknologi Canggih Saat Ini

26 Foto Fantastis yang Sudah Keren Tanpa Harus Diedit

Berapa Banyak Pointer Laser yang Dibutuhkan untuk Membunuh Manusia?

APPS TERKAIT
Google Drive for Android 2.20.101.09.40
Apps Google
OneDrive for Android 2.9.5
Apps Microsoft Corporation
Microsoft Word 16.0.7729.1000
Apps Microsoft Corporation
WPS Office 12.8
Apps Kingsoft Office Software Corporation Limited
undefined
Kembali Keatas