10 Negara dengan Sensor Internet Paling Ketat di Dunia

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 25 November 2016, 16:30
Di Indonesia, penggunaan Internet bisa kita nikmati oleh semua kalangan. Namun, tidak semua negara membebaskan warganya menggunakan Internet secara leluasa. Berikut 10 negara dengan sensor Internet paling ketat di dunia.

Di Indonesia, penggunaan Internet bisa kita nikmati oleh semua kalangan. Namun tahukah kamu, tidak semua negara membebaskan warganya menggunakan Internet secara leluasa.

Ya, sensor Internet memang menjadi topik hangat yang mencuri perhatian dunia. Pasalnya, kebebasan rakyat terus menurun setiap tahunnya untuk mendapatkan informasi dan menyuarakan pendapat mereka melalui Internet.

Di beberapa negara, pemerintah membatasi warganya untuk mengakses Internet dengan penerapan sensor Internet yang sangat tinggi. Penasaran? Berikut 10 negara dengan sensor Internet paling ketat di dunia 2016.

BACA JUGA
  • Inilah 10 Negara dengan IQ Tertinggi di Dunia Tahun 2016!
  • Inilah 10 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia
  • 10 Negara dengan Internet Paling Cepat di Dunia Tahun 2016

Negara dengan Sensor Internet Paling Tinggi di Dunia

Sensor yang dilakukan tidak hanya sebatas memblokir situs-situs yang dianggap anti-pemerintah atau situs berbahaya. Namun, platform media sosial seperti Facebook dan Twitter juga menjadi sasaran utama pemblokiran.

Begitu juga dengan platform instant messaging seperti WhatsApp dan Telegram. Mereka juga menjadi korban pemblokiran karena mengusung fitur enkripsi sehingga pemerintah tidak bisa mengintip isi dari pesan yang dikirim.

Dilansir dari FossBytes, berikut 10 negara dengan sensor Internet paling ketat di dunia 2016 versi Freedom House.

Nomor Negara Skor FOTN
1 China 88
2 Syria 87
3 Iran 87
4 Ethiopia 83
5 Uzbekistan 79
6 Cuba 79
7 Vietnam 76
8 Saudi Arabia 72
9 Bahrain 71
10 Pakistan 69

Setiap negara memang memiliki tingkat sensor Internet yang berbeda. Namun yang paling ekstrem adalah China, bahkan raksasa Internet seperti Google tidak punya tempat di negara ini.

Rilis terbaru dari Freedom on the Net 2016 (FOTN) berdasarkan laporan Freedom House ini menggambarkan kebebasan Internet di berbagai belahan dunia. Menurutnya, sebesar 67 persen dari populasi Internet di seluruh dunia menggunakan Internet yang telah disensor dalam berbagai bentuk.

ADVERTISEMENT

Jika kita melihat peta dunia, tampak bahwa populasi Internet di Asia menggunakan lebih banyak Internet yang telah disensor dibandingkan benua Amerika Utara dan Selatan. Sementara di Eropa, sebagian besar Internet bebas dari sensor.

Asia menyumbang sebagian besar dari populasi Internet, seperti China, India, Turki, Pakistan, Jepang, Korea Selatan, Rusia, dan lainnya. Negara-negara dengan sensor yang tinggi seperti China, Ethiopia, Iran, dan Suriah memiliki skor FOTN tinggi di atas 80.

Di sisi lain, negara-negara seperti Estonia, Islandia, Kanada, AS, Jerman adalah negara dengan skor FOTN terendah. Indonesia sendiri, ternyata meraih skor FOTN 44. Lebih lanjut, kamu dapat melihat laporan Freedom on the Net 2016.

Banner: img.iisp.com

ARTIKEL TERKAIT

Charge HP 5 Menit Bisa Dipakai 5 Jam, Ini Keunggulan Quick Charge 4.0

11 Kebiasaan yang Bisa Membuat Gadget Cepat Rusak

10 Laptop Asus dengan Intel Core i5 Terbaru & Terbaik Januari 2020 | VivoBook Paling Populer!

Daftar Paket Internet Unlimited Semua Operator, Update Oktober 2022

Cara Mengatur Volume Suara Secara Otomatis di Android

APPS TERKAIT
Design Home 1.00.34
Apps Crowdstar Inc
Baby Translate 1.0
Apps ATXproIT
Tracker 1.0 (Beta Tester)
Apps Max Optimized
Hola Launcher 3.0.4
Apps Holaverse
undefined
Kembali Keatas