10 Negara yang Memblokir YouTube dengan Alasan Terkonyol

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 02 Juni 2018, 10:00
YouTube kini sudah jadi pusat pencarian berbagai video di internet. Tapi beberapa negara ternyata malah memblokir YouTube lho. Berikut 10 negara yang memblokir YouTube beserta alasannya.

YouTube hingga kini jadi salah satu sarana buat siapa saja mencari dan menyaksikan video apapun. Rasanya sulit membayangkan internet atau dunia maya tanpa adanya YouTube.

Jangan salah, ternyata ada lho beberapa negara yang gak memperbolehkan adanya YouTube. Berikut sepuluh negara yang memblokir YouTube beserta alasannya.

BACA JUGA
  • Cara Tetap Bisa Chat Orang yang Blokir WhatsApp Kita
  • 5 Emoji Terlarang Ini Ternyata Diblokir di Berbagai Negara!
  • 5 Bencana yang Terjadi Jika Facebook DIBLOKIR di Indonesia

10 Negara yang Memblokir YouTube dengan Alasan Terkonyol

Pada sebuah video yang diunggah oleh YouTube channel bernama Alltime10s terdapat nama-nama kesepuluh negara yang memblokir YouTube dengan alasannya masing-masing.

1. Brasil

Sumber foto: Wikimedia

Rakyat Brasil harus rela merasakan internetan tanpa YouTube di negara mereka. Ya, sebuah kasus beredarnya video skandal seorang model ternama negeri Samba, Daniela Cicarelli, membuat pemerintah kemudian memutuskan untuk memblokir situs dan aplikasi YouTube.

2. Turki

Sumber foto: Times

Turki jadi salah satu negara yang menerapkan kebijakan tanpa YouTube karena sempat viralnya sebuah video yang menggugat pemerintah karena kasus korupsi besar-besaran. Dianggap jadi sarana pemicu perpecahan, YouTube kemudian diblokir.

3. Jerman

Jerman jadi satu-satunya negara elite Eropa yang (atau setidaknya pernah) memblokir YouTube lho. Hal itu terjadi karena pemerintah melarang berdarnya video musik dengan embel-embel label rekaman baik berbentuk video klip maupun live concert.

4. Libia

Sumber foto: Fortune

Pemerintah Libia juga memblokir warganya mengakses YouTube karena beredarnya beberapa video anti pemerintah yang tentu berisi konten ketidaksukaan pihak-pihak tertentu terhadap kebijakan pemerintahan.

5. Thailand

Sumber foto: Asia Times

Thailand jadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang pernah memblokir YouTube lho. Kasus beredarnya video berbentuk slide show berisi penghinaan terhadap wajah raja Thailand membuat pemerintah memblokir YouTube selama lima bulan di tahun 2007.

ADVERTISEMENT
Buka Video YouTube yang Diblokir dengan Cara Ini
Cara membuka YouTube yang diblokir server ternyata gampang loh! Bisa tanpa aplikasi atau program khusus. Yuk, langsung cek aja caranya di sini!
LIHAT ARTIKEL

6. Turkmenistan

Tanpa alasan resmi, pemerintah Turkmenistan memblokir YouTube untuk warganya lho. Meski begitu, mereka gak 100% memblokir akses YouTube. Buat warganya yang ingin mengakses YouTube di tempat umum, mereka harus menunjukkan paspor mereka ke pengelola tempat atau penyedia jaringan.

7. Cina

Rasanya gak perlu dipertanyakan lagi alasan Cina memblokir YouTube. Dikenal dengan protokol ketat seputar internet, Cina memblokir situs-situs tertentu, termasuk YouTube, untuk diakses warganya.

YouTube 15.11.34
Apps Video & Audio Google Inc.
DOWNLOAD

8. Korea Utara

Sumber foto: Gizmodo

Selain Cina, Korea Utara juga termasuk negara yang menerapkan aturan ketat seputar internet lho. Kim Jong Un selaku kepala negara menerapkan aturan bahwa hanya orang-orang atau elite-elite tertentu yang mendapatkan akses YouTube. Untuk warganya, pemerintah menyediakan situs sendiri yang mirip YouTube bernama Kwangmyong.

9. Iran

Sumber foto: The Nation

Kisruh yang sempat terjadi di Iran membuat pemerintah mereka memblokir YouTube. Ya, protes akibat pemilu tahun 2009 dan viralnya beberapa video di YouTube membuat pemerintah mengambil tindakan tegas dengan memblokir situs tersebut.

10. Pakistan

Sumber foto: Vox

Sebuah video "Innocence of Muslims" yang terbilang provokatif membuat pemerintah Pakistan memblokir YouTube di negaranya. Selain provokatif, video tersebut dianggap bisa menimbulkan perpecahan bahkan peperangan jika isinya dianut oleh masyarakat yang menyaksikan.

Akhir Kata

Itulah sepuluh negara yang memblokir alias gak memperbolehkan YouTube diakses oleh warganya. Layakkah YouTube diblokir dengan alasan-alasan di atas? Gimana menurut kamu jika Indonesia juga jadi salah satu negara yang juga memblokir YouTube? Sampaikan pendapat kamu di kolom komentar ya.

Baca juga artikel seputar YouTube atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mudah Membuka Video YouTube yang Diblokir Server dengan Mudah

10+ Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi, 100% Works!

10 Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik di Android 2018

Tawuran Merajalela! 5 Kekacauan Ini Akan Terjadi Jika Mobile Legends Diblokir

6 Aplikasi Android Kontroversial yang Diblokir Google Play Store

APPS TERKAIT
TubeMate YouTube Downloader 3.2.14
Apps Tubemate
YMusic - YouTube Music Player & Downloader 3.1.3
Apps Garent Games
Youtube Promoter 1.0
Apps
YouTube Vanced 13.12.60
Apps
undefined
Kembali Keatas