Gak Cuma Barang Elektronik, Makanan dan Minuman Ini Juga Dipalsukan di China

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Sunday, 08 July 2018, 14:00
Namun berbeda dari barang elektronik palsu yang masih memberikan manfaat bagi masyarakat, seperti harganya yang lebih murah. Hal tersebut tidak berlaku bagi makanan maupun minuman palsu, karena meskipun harganya juga cenderung lebih murah namun jelas akan merugikan kesehatan bagi para konsumennya.

Barang elektronik palsu ataupun tiruan dari China memang sangat mudah ditemui, namun tak jarang juga lho barang tiruan tersebut lebih baik dan lebih terkenal dibanding produk dari merek aslinya. Namun berkat kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat, kini tak hanya barang elektronik saja yang dipalsukan oleh oknum-oknum di China, melainkan makanan dan minuman pun tak luput dari hal tersebut.

Namun berbeda dari barang elektronik palsu yang masih memberikan manfaat bagi masyarakat, seperti harganya yang lebih murah. Hal tersebut tidak berlaku bagi makanan maupun minuman palsu, karena meskipun harganya juga cenderung lebih murah namun jelas akan merugikan kesehatan bagi para konsumennya.

Dalam beberapa tahun yang lalu, masalah pemalsuan makanan seperti ini mulai banyak terbongkar. Hasilnya pihak berwenang di China menemukan fakta-fakta yang mengejutkan. Biar kamu gak semakin penasaran, berikut ini deretan makanan dan minuman palsu dari China yang menghebohkan dunia.

BACA JUGA
  • Awas Tercyduk! 7 Aplikasi Pembuat Identitas Palsu di Android

Gak Cuma Barang Elektronik, Makanan dan Minuman Ini Juga Dipalsukan di China

1. Tahu

Sumber foto: fjnews.jp

Sejatinya tahu merupakan makanan yang harganya masih cukup terjamu, namun hal ini justru membuat dua pabrik tahu di China nekat memalsukan tahu tersebut dengan membuatnya dari bahan kimia. Mereka membuat tahu dengan campuran bahan protein kedelai dan juga zat kimia bernama rongalite yang diketahui dapat menyebabkan kanker.

2. Daging kambing

Sumber foto: boonsupermarket.com

Daging kambing juga menjadi sasaran pemalsuan oknum nakal di China, mereka memalsukan daging kambing dengan daging tikus dan berbagai hewan yang tidak lazim untuk dikonsumsi. Mereka mencampurkan bahan kimia seperti asam nitrat, gelatin dan pewarna untuk membuat daging semakin mirip dengan daging kambing. Namun ada perbedaan mencolok antara daging kambing asli dan tiruan, yakni pada daging kambing asli bagian daging merah dan putih tidak akan terpisah saat daging direbus, sedangkan hal sebaliknya terjadi pada daging palsu.

3. Madu

Sumber foto: lanelamani.com

Kasus madu palsu ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, karena di China hal ini juga sudah menjadi masalah tersendiri. Madu palsu buatan China sama sekali tidak terbuat dari madu, melainkan dari campuran air, pewarna makanan, tawas dan pewarna buatan. Namun ada juga madu asli yang dicampur dengan berbagi campuran bahan berbahaya yang tentunya sama sekali tidak sehat untuk dikonsumsi.

4. Susu

Sumber foto: dairyv.com

Pada tahun 2009 dilaporkan ada lebih dari 50.000 balita keracunan susu palsu di China. Konon para oknum nakal di China membuat susu palsu ini dengan campuran melamin agar protein dalam susu meningkat, dan juga untuk menekan biaya produksi. Untung saja produksi susu palsu ini segera terungkap dan polisi berhasil mengamankan ratusan ribu kaleng susu palsu.

5. Beras

Sumber foto: dawn.com

Kasus beras palsu ini juga pernah sampai ke Indonesia, beras yang dibuat dengan campuran kentang dan resin ini akan tetap keras dan cenderung tidak mengembang saat sudah dimasak. Bahkan tak hanya itu, efeknya pun sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi, karena selain sulit untuk dicerna, beras palsu tersebut juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius.

ADVERTISEMENT

6. Telur

Sumber foto: banglainsider.com

Bisa dibilang para oknum nakal China memang sangat pintar untuk menipu para konsumennya, mereka membuat telur palsu yang sulit dibedakan dengan yang asli. Mereka membuat putih telur dengan gelatin, tawas, dan benzoat yang dicampurkan dengan air. Sedangkan untuk kuning telur mereka membuatnya dengan kalsium klorida dan pewarna makanan. Penampilan cangkangnya pun sangat mirip yang membuat telur palsu sulit dibedakan oleh orang awam.

7. Bakpao

Sumber foto: br.pinterest.com

Jika biasanya bakpao berisi daging, kacang hijau dan lain sebagainya, sebagian pedagang bakpao di China membuat bakpao palsu yang berisi campuran daging dan kardus. Campuran daging dan kardus tersebut dibuat dengan campuran perisa daging babi sehingga rasa dan aromanya akan sangat mirip dengan daging babi, alhasil konsumen pun sulit untuk membedakannya.

Akhir Kata

Itulah 7 Makanan dan Minuman Palsu dari China yang Pernah Menghebohkan Dunia. Bahkan ada beberapa diantaranya yang sempat menghebohkan Indonesia, seperti beras palsu dan telur palsu, untungnya kini peredaran makanan dan minuman palsu tersebut telah terbongkar.

ARTIKEL TERKAIT

HP Error Perangkat Anda Tidak Kompatibel dengan Versi Ini? Berikut 7 Cara Mudah Mengatasinya!

3 Cara Update Google Play Store ke Versi Terbaru, Mudah & Cepat!

APPS TERKAIT
TERMINATOR GENISYS: REVOLUTION 1.0.2
Games Glu
Dragon Ball Z - Dokkan Battle
Games BANDAI NAMCO Entertainment Inc.
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Kembali Keatas