Sampai Milyaran! Ini 7 Item Termahal yang Pernah Dijual dalam Game

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Sunday, 15 October 2017, 15:00
Dari banyaknya game yang ada di dunia, beberapa di antaranya memiliki item berbayar yang berharga cukup fantastis. Apa saja? Simak yuk!

Bagi kamu yang hobi bermain game, pasti koleksi kamu bukan hanya video game saja. Tak hanya game saja, beberapa aksesori berupa merchandise hingga item terkait game juga diperjualbelikan.

Dari banyaknya game yang ada di dunia, beberapa di antaranya memiliki item berbayar yang berharga cukup fantastis. Jaka telah menyusun 7 item termahal yang pernah dijual dalam game. Berikut ulasannya.

BACA JUGA

    7 Item Termahal yang Pernah Dijual Dalam Game

    1. Club Neverdie - Entropia Universe (Rp 8,2 Miliar)

    Entropia Universe adalah game bergenre MMO-VU atau Massively Multiplayer Online Virtual Universe, yang dirilis pada 2003. Permainan ini memiliki nilai tukar tersendiri yang disebut Project Entropia Dollars atau PED, dan setiap dolar Amerika bernilai $10 PED.

    Hal ini memungkinkan orang untuk membeli atau menjual barang dan bahkan properti dalam permainan. Jadi jika seorang pemain mengunjungi wilayah pemain lain atau sebaliknya, akan menghasilkan uang dalam game, yang dapat dikonversi menjadi uang sungguhan.

    Beberapa pembelian dalam game termahal pernah ditemukan di sini. Salah satunya adalah Club Neverdie. Club Neverdie terletak di Asteroid yang mengorbit di sekitar Planet Calypso. Asteroid tersebut dibeli pada 2005 oleh salah satu pemain terkenal, Neverdie, alias Jon Jacobs.

    Di asteroid, Jacobs membangun bioteknologi, klub malam, stadion, dan mal. Pada puncaknya, Club Neverdie menghasilkan Rp 2,6 milyar dalam setahun. Akhirnya, Jacobs pun menjualnya dalam lima bagian. Total dari penjualannya, ia menghasilkan Rp 8,2 miliar lebih.

    2. The Crystal Palace Space Station - Entropia Universe (Rp 4,2 Miliar)

    Masih dalam game Entropia, Pembelian besar lainnya dalam permainan tersebut adalah Crystal Palace Space Station. Crystal Palace memulai debutnya pada 2004 dan merupakan salah satu dari dua stasiun luar angkasa yang mengorbit disekitar planet pertama game ini, Calypso.

    Pada 2009, stasiun ini pun dilelang kepada para pemain lainnya. Yang berhasil mendapatkannya adalah orang asal Kanada bernama Erik Novak, alias 'Buzz Erik Lightyear', yang menghabiskan dana sebesar Rp 4,2 miliar.

    ADVERTISEMENT

    3. Monria - Entropia Universe (Rp 1,9 Miliar)

    Karena sistem perekonomian yang unik di Entropia Universe, jual beli dengan uang sungguhan pun mencetak harga-harga yang cukup fantastis, seperti halnya Monria. Monria merupakan nama salah satu Bulan di game ini. Pada April 2013, Monria akhrinya berhasil dijual. Nominalnya juga tak kalah mengagetkan, seharga Rp 1,9 miliar.

    4. Amsterdam - Second Life (Rp 650 Juta)

    Second Life memulai debutnya pada 2003, dan pembuatnya mengklaim kalau ini bukanlah sebuah game, melainkan kehidupan kedua secara virtual. Pemain, yang disebut warga, melakukan hal-hal yang persis seperti di dunia nyata, seperti bermain ski atau menonton konser.

    Secara total, pada 2017, ada lebih dari 23.000 wilayah dalam permainan, seluas 595 mil persegi. Salah satu daerah yang paling populer dalam permainan ini adalah Amsterdam. Di sini pemain dapat mengunjungi tempat-tempat wisata yang populer, seperti Rijksmuseum dan Museum Van Gogh. Ada juga rumah bordil yang menawarkan cybersex.

    Pada 2007, Amsterdam pernah dijual oleh pemilik sebelumnya di toko online e-Bay. Nominal harga yang ditawarkan sebesar Rp 650 juta. Setidaknya kita mendapatkan satu kota dibanding sebuah rumah di dunia nyata.

    5. Pink Ethereal Flame War Dog Courier - DOTA 2 (Rp 494 Juta)

    Defense of the Ancients 2 atau yang lebih dikenal dengan nama DOTA 2, adalah game MOBA yang dirilis pada 2013, melanjutkan seri sebelumnya. Tentu hampir semua orang tahu game ini dan sudah banyak turnamen dunia yang mempertandingkan game tersebut.

    Karena merupakan game terkenal, DOTA 2 memiliki salah satu item dengan harga yang cukup membuat pemain tercengang. Pink Ethereal Flame War Dog Courier dijual dengan harga Rp 494 juta pada 2013. Saat itu, hanya ada empat pemain yang memilikinya.

    Salah satu alasan mengapa item tersebut begitu mahal, bukan karena fungsinya semata, melainkan karena warnanya. Ironis, kini item tersebut turun harga secara drastis ketika update baru untuk game muncul.

    Update tersebut membuat Pink Ethereal Flame War Dog Courier dapat diubah warna sesuai kesukaan kita, tentu membuatnya menjadi tidak eksklusif lagi. Kini harganya cuma sekitar Rp 52 juta saja.

    6. Karambit Crimson Web - Counter-Strike: Global Offensive (Rp 390 Juta)

    Dalam Counter-Strike: Global Offensive, warna dan desain sebuah skin sangat menaikkan 'derajat' sebuah senjata. Karena terlihat keren, skin mahal juga membantu menaikkan pamor seorang pemain.

    Menurut sebuah saluran YouTube yang didedikasikan untuk CS:GO, McSkillet, skin termahal yang pernah dijual adalah keluaran baru untuk senjata Karambit Crimson Web Knife, yang dijual seharga Rp 390 juta. Atau, kamu bisa bandingkan harganya untuk sebuah mobil baru.

    7. StarTrak M9 Bayonet Crimson Web Factory New - Counter-Strike: Global Offensive (Rp 310 Juta)

    Terakhir, masih datang dari game FPS terkenal di dunia, CS:GO. Item skin termahal lainnya juga datang untuk senjata pisau, yaitu StarTrak M9 bayonet Crimson Web.

    Pada 2014 seorang membeli skin tersebut dengan harga yang cukup fantastis. Mahar sebesar Rp 310 juta berhasil digelontorkan untuk membeli skin baru tersebut.

    Itulah 7 item termahal yang pernah dijual dalam game. Jadi yang mana yang ingin kalian beli? Tuliskan di kolom komentar di bawah ini ya!

    ARTIKEL TERKAIT

    15 Meme Poster Pengabdi Setan yang Gak Seram, Malah Kocak Abis!

    APPS TERKAIT
    JalanTikus 2.5.2
    Apps JalanTikus.com
    Babe - Baca Berita 7.6.2
    Apps Mainspring
    LINE Komputer 4.8.3.1128
    Apps Naver
    YouTube 15.11.34
    Apps Google Inc.
    Kembali Keatas