7 Iklan Paling Aneh yang Muncul Dalam Video Game

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 27 Juni 2018, 15:00
Dalam beberapa video game kerap muncul iklan-iklan dari berbagai produk, baik itu produk yang berupa makanan, minuman, maupun hal-hal komersial lainnya.

Dalam beberapa video game kerap muncul iklan-iklan dari berbagai produk, baik itu produk yang berupa makanan, minuman, maupun hal-hal komersial lainnya. Alhasil hal tersebut membuat pada gamers kesal dan terganggu, karena mayoritas iklan tersebut menghiasi beberapa scene dalam game, bahkan tak jarang juga ada scene khusus selama beberapa detik yang menampilkan iklan.

Sepanjang kemunculan iklan dalam berbagai video game, tercatat ada beberapa iklan yang paling aneh. Baik itu dalam momen kemunculannya maupun hal-hal lainnya yang tentunya membuat para gamers geram. Seperti yang dilansir dari Lite Verse, berikut ini 7 Iklan Paling Aneh yang Muncul Dalam Video Game.

BACA JUGA
  • Jadul! Begini Tampilan Iklan Gadget Tahun 90-an
  • 10 Iklan Paling Nyeleneh yang Menggunakan Smartphone, No. 9 Ngakak!
  • 4 Tips Memblokir Iklan di Youtube

7 Iklan Paling Aneh yang Muncul Dalam Video Game

1. Kampanye Obama (Burnout Paradise)

Sumber foto: liteverse.com

Dalam kampanye pemilihan presiden 2008, Barck Obama melakukan kampanye dengan cara yang aneh, yakni melalui video game Burnout Paradise yang terdapat dalam 18 pertandingan. Kampanye-kampanye tersebut terlihat dalam beberapa papan iklan diberbagai kota seperti Florida, Iowa, dan Ohio. Cara kampanye seperti ini sangat unik dan bisa jadi mempengaruhi panor Obama yang akhirnya berhasil menjadi presiden.

2. Subway (Counter Strike)

Sumber foto: spacemeat.com.au

Salah satu produk makanan cepat saji, Subway memanfaatkan ketenaran game FPS, Counter Strike untuk memasarkan produknya. Hasilnya di berbagai secene dalam game FPS paling populer tersebut kerap muncul iklan produk-produk Subway yang membuat para gamers terganggu. Hal tersebut sempat menimbulkan permasalahan antara Subway dan Valve selaku developer game, Subway diklaim melanggar perjanjian karena memodifikasi peta untuk tujuan komersial.

3. Doritos, Pepsi dan Axe (Metal Gear Solid)

Sumber foto: kotaku.com

Dalam game Metal Gear Solid versi Jepang, karakter game dapat meminum Pepsi, memakan Doritos, dan menyemprot parfum Axe untuk memulihkan kesehatannya. Selain itu ada juga iklan Sony Walkman yang memungkinkan gamers bisa mendengarkan soundtrack game. Alhasil banyak gamers yang kecewa karena game ini penuh sesak dengan iklan-iklan yang mengganggu, namun pihak developer menanggapinya bahwa mereka melakukan hal itu bertujuan untuk memberi kejutan kepada para gamers.

4. Pizza Hut (Everquest 2)

Sumber foto: allthatnerdystuff.com

Salah satu iklan paling aneh yang pernah muncul dalam video game adalah iklan Pizza Hut dalam game Everquest 2. Dalam game tersebut ada satu fitur khusus dimana para gamers bisa memesan langsung dari game. Dengan mengetik kata "pizza" maka secara otomatis akan dialihkan menuju situs web Pizza Hut, selanjutnya gamers bisa memesan apa pun dan membayarnya melalui tagihan langganan game per bulan.

5. Penguin Biscuit (James Pond 2)

Sumber foto: gregetlagi.com

Penguin Biscuit merupakan produsen yang memprakarsai iklan di dalam sebuah video game, hal itu mereka lakukan saat memasukan iklan dalam game Amiga James Pond II: Codename Robocod. Dalam iklan tersebut Robocod digambarkan sebagai satu-satunya harapan bagi Penguin untuk mendapatkan kembali mainan mereka yang dicuri dari Dr. Maybe. Kemudian tiba-tiba beberapa kemasan Penguin Biscuit jatuh dari langit.

6. Chupa Chups (Zool)

Sumber foto: gamesreplay.net

Permen Chupa Chups juga tak ketinggalan memasukan iklan dalam video game. Kali ini mereka memilih game Zool untuk pemasaran produk mereka, dalam game tersebut para ninja hijau kecil dibekali dengan senjata yang berupa permen untuk mengalahkan para musuhnya. Alhasil sepanjang permainan para gamers akan selalu teringat dengan permen, bahkan pada setiap level juga akan selalu dibiasi dengan logo produk tersebut.

ADVERTISEMENT

7. Coca-Cola (Pepsi Invaders)

Sumber foto: onedio.com

Pepsi Invaders adalah game Atari 2600 yang dipesan khusus oleh Coke sebagai sarana iklan Coca-Cola di awal tahun 80-an. Game ini benar-benar sama dengan Space Invaders, hanya saja para penjajah digantikan oleh huruf dalam kata "Pepsi" dan satu alien tambahan untuk promosi. Bahlan game ini sempat dijual di situs lelang eBay dengan harga $ 2.000 lho.

Akhir Kata

Itulah 7 Iklan Paling Aneh yang Muncul Dalam Video Game. Bahkan berkat munculnya iklan-iklan aneh tersebut, para gamers sampai dibuat kesal dan protes kepada pihak developer game.

ARTIKEL TERKAIT

Bikin Lemot! 10+ Aplikasi Media Sosial Ini Paling Boros RAM

5 Game Paling Dibenci Gamers, Kamu Pernah Main?

100% WORKS! 10 Aplikasi Android Penghasil Uang Terbaru 2018

Cara Jadi Terkenal dan Mendapatkan Uang dari Aplikasi Nonolive

Makin Canggih, 5 Teknologi Ini Akan Hadir di Tahun 2018!

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Angry Birds 2 2.1.1
Games Rovio Entertainment
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
undefined
Kembali Keatas