8 Hal yang Nggak Kamu Disadari Fungsinya Sudah Digantikan Smartphone

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Monday, 21 August 2017, 11:00
Ternyata ada banyak benda-benda yang fungsinya telah diambil alih oleh smartphone. Sehingga secara tidak langsung, 8 hal hal berikut sudah tidak dibutuhkan lagi karena fungsinya telah tergantikan smartphone.

Seiring dengan perkembangan teknologi pada smartphone, banyak hal baru yang dapat dilakukan oleh ponsel pintar saat ini. Kemampuannya yang makin canggih juga berpengaruh pula pada kehidupan kita.

Mulai dari sebagai pusat hiburan, seperti mendengarkan musik, menonton video, bermain game favorit, memotret momen penting, hingga mengerjakan pekerjaan kantor.

Akibatnya, ternyata ada banyak benda-benda yang fungsinya telah diambil alih oleh smartphone. Sehingga secara tidak langsung, 8 hal hal berikut sudah tidak dibutuhkan lagi karena fungsinya telah tergantikan smartphone.

BACA JUGA

    8 Hal yang Tidak Disadari Fungsinya Sudah Digantikan Smartphone

    1. Dompet

    Ketinggalan dompet, kini bukan lagi merupakan masalah besar buat kamu. Pasalnya sudah banyak aplikasi berbasis keuangan, UangKu misalnya. Aplikasi yang satu ini memungkinkan kamu melakukan pembayaran di merchant-merchant offline seperti restoran, kafe, dan toko hanya dengan men-scan kode QR di struk pembayaran dengan smartphone kamu.

    2. Scanner

    Pada kondisi tertentu ada kalanya kita harus melakukan scanning dokumen. Kalau dulu kita harus ke tukang fotokopi, sekarang kamu nggak perlu repot-repot lagi.

    Pasalnya, sekarang kamu bisa menggunakan aplikasi Android. Ini dia CamScanner, aplikasi yang sangat berguna dan kaya fitur yang memungkinkan kamu melakukan scan dokumen, bahkan membuat file PDF.

    3. Recorder

    Kamu seorang jurnalis atau Blogger? Tentunya sering banget melakukan wawancara, kamu nggak harus banget beli recorder atau perekam suara yang harganya lumayan mahal. Pasalnya, smartphone zaman sekarang sudah dibekali perekam suara dengan kualitas yang lumayan baik.

    4. Penghitung Kalori

    Kamu lagi diet? Tentunya kamu sering menahan diri terhadap makanan enak yang ada di sekitar kamu. Nah kamu tak perlu khawatir, karena ada aplikasi di smartphone yang memungkinkan kamu untuk menghitung kalori dari makanan di Google Play Store.

    ADVERTISEMENT

    Cukup potret makanan tersebut, aplikasi akan secara otomatis menghitung jumlah kalori yang terkandung di makanan.

    5. Karaoke

    Buat kamu yang hobi bernyanyi, tentunya kamu sudah tau aplikasi yang bernama Smule. Aplikasi yang satu ini memungkinkan kamu dengan bebas karaoke-an, bahkan duet dengan orang lain di mana saja melalui smartphone.

    Jadi kalau nggak ada teman nongkrong, kamu tetap bisa karaoke-an lewat smartphone. Untuk menjadikan lagu favorit kamu menjadi lagu karaoke, tutorial-nya bisa kamu baca di artikel berikut.

    Cara Membuat Lagu Favorit Menjadi Lagu Karaoke dengan Audacity
    Buat kamu yang hobi bernyanyi, tentunya karaoke menjadi salah satu cara untuk menyalurkan hobi tersebut. Maka dari itu, berikut cara membuat lagu favorit kamu menjadi lagu karaoke.
    LIHAT ARTIKEL

    6. TV

    Di kost-an nggak ada TV? Kamu nggak bakal ''mati" kebosanan kok, pasalnya kamu dapat menonton video atau film di YouTube. Kamu juga bisa berlangganan aplikasi TV digital seperti NetFlix.

    Netflix 7.48.0
    Apps Entertainment Netflix, Inc.
    DOWNLOAD

    7. Kamera Saku

    Tidak berlebihan rasanya, kalau kita bilang tidak lagi membutuhkan kamera saku. Kecuali pekerjaan kamu adalah fotografer atau tuntutan kerja lainnya seperti jurnalis. Namun jika kamu membutuhkan foto untuk menangkap momen sehari-hari untuk di-post ke media sosial, smartphone sudah cukup.

    8. Peta Jalan-jalan

    Ingin pergi ke suatu tempat? Nggak tau jalan kesananya, kamu nggak akan menghabiskan waktu untuk mencari alamat dan tanya sana-sini karena kamu tak tahu jalan.

    Sekarang ada banyak pilihan aplikasi peta dan navigasi yang bisa kamu pakai untuk membantu perjalanan kamu. Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah Google Maps.

    5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menambahkan Lokasi dan Share di Google Maps
    Sekarang kamu dapat membuat daftar tempat-tempat favorit yang kamu kunjungi dan berbagi daftar tersebut dengan teman-teman kamu. Berikut 5 alasan untuk membuat dan berbagi daftar tempat di Google Maps.
    LIHAT ARTIKEL

    Aplikasi ini akan membantumu mencari alamat yang kamu akan tuju, sekaligus memberikan informasi kepada kamu berapa lama waktu tempuh yang kamu butuhkan dan kondisi lalu lintas.

    Dengan Google Maps, kamu juga bisa menemukan tempat-tempat baru yang istimewa, baik itu tempat makan, hingga tempat nongkrong yang seru.

    Kesimpulan

    Itu beberapa contoh hal-hal yang tidak kamu duga telah digantikan fungsinya oleh smartphone. Tentunya ada banyak lagi, share di kolom komentar ya.

    Baca juga artikel seputar Smartphone atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

    ARTIKEL TERKAIT

    15+ HP Anti Air & Tahan Debu Paling Murah 2021, Tangguh dan Awet!

    APPS TERKAIT
    Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
    Games Moonton
    JalanTikus 2.5.2
    Apps JalanTikus.com
    Babe - Baca Berita 7.6.2
    Apps Mainspring
    Kembali Keatas