Bisa Bikin Nuklir?! Ini 6 Hal Super Canggih yang Bisa Dilakukan Saat Punya Super Komputer

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 15 Juni 2017, 16:00
Komputer yang ada di rumah-rumah, biasanya memiliki spesifikasi yang biasa-biasa saja. Paling tinggi adalah komputer _gaming_. Namun, tahukah kamu kalau ada yang namanya **superkomputer**?

Komputer yang ada di rumah-rumah, biasanya memiliki spesifikasi yang biasa-biasa saja. Paling tinggi adalah komputer gaming. Namun, tahukah kamu kalau ada yang namanya superkomputer? Superkomputer adalah komputer dengan spesifikasi yang sangat tinggi, biasanya dibuat dengan tujuan untuk penelitian.

Sekarang kamu mungkin bertanya-tanya, memangnya apa saja sih yang bisa dilakukan oleh superkomputer? Banyak sekali hal yang bisa dilakukan dengan superkomputer, yang tidak bisa dilakukan oleh komputer biasa. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan jika punya superkomputer di rumah.

BACA JUGA
  • Apakah Mungkin Menjalankan Komputer Tanpa Harddisk?
  • Begini Cara Mencuri Password Komputer dengan USB!
  • Cara Shutdown Komputer Otomatis Tanpa Software Tambahan

Ini 6 Hal Super Canggih yang Bisa Dilakukan Saat Punya Super Komputer

1. Memecahkan Sandi dan Enkripsi

Salah satu cara paling efektif untuk memecahkan enkripsi adalah dengan metode Brute force . Cara kerja metode ini adalah dengan mencoba semua kemungkinan kombinasi kata/angka/simbol yang ada di wordlist .

Jika menggunakan komputer biasa, maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Terlebih lagi jika algoritma enkripsi yang digunakan sangat sulit dipecahkan. Dengan kecepatan komputasinya yang sangat tinggi, superkomputer akan bisa melakukannya dengan sangat cepat untuk kamu.

2. Membuat simulasi aktivitas otak manusia

Otak manusia adalah salah satu organ yang paling rumit cara kerjanya, sangat kompleks. Bahkan dari hasil penelitian, rata-rata otak manusia bisa menyimpan data lebih dari 1000 TB.

Apakah superkomputer bisa meniru cara kerja otak manusia? K-supercomputer (superkomputer paling canggih ke-5 di dunia) adalah superkomputer pertama yang digunakan untuk simulasi aktivitas otak manusia. Luar biasa bukan?

3. Membuat simulasi senjata nuklir

Senjata nuklir adalah salah satu senjata paling mematikan di dunia. Bukan hanya saat digunakan, namun dalam proses pembuatannya pun tidak kalah membahayakan.

Karenanya, banyak penelitian lebih memilih menggunakan superkomputer untuk membuat simulasi senjata nuklir. Mulai dari pembuatan, sampai dengan meledakan senjata nuklir tersebut, semuanya dilakukan melalui simulasi dengan superkomputer.

4. Menguji khasiat obat-obatan baru

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini masih banyak penyakit yang belum ditemukan obatnya, biasanya adalah penyakit langka dan mematikan. Ilmuwan masih banyak yang bekerja keras meneliti dan mencari obat untuk suatu penyakit.

Menguji obat baru langsung kepada manusia adalah hal yang sangat berbahaya dan juga dilarang. Karenanya, superkomputer digunakan untuk membuat simulasi bagaimana efek dari suatu obat terhadap tubuh manusia.

5. Mendesain kapal/pesawat/tank dan kendaraan-kendaraan besar lainnya

Kamu mungkin akan langsung protes membaca poin ini kalau cuma desain, bukannya pakai komputer biasa juga bisa? . Memang. Tapi, superkomputer bisa melakukan lebih dari itu.

Superkomputer bisa menguji performa desain dari kendaraan-kendaraan besar tersebut dalam berbagai kondisi, seperti ketika hujan, berawan, sampai dengan badai. Jadi nantinya produk yang dihasilkan bisa lebih baik.

6. Mendesain bangunan/gedung yang lebih aman

Karena kemampuan komputasinya yang sangat tinggi, superkomputer dapat mensimulasikan physical systems . Hal ini sering dimanfaatkan untuk mendesain bangunan/gedung yang lebih aman.

Ketika bangunan/gedung yang di desain ternyata memiliki bagian-bagian yang tidak aman (berpotensi roboh, retak, dan sebagainya), superkomputer dapat mengetahuinya. Sehingga bisa di perbaiki agar lebih aman.

ADVERTISEMENT

Kesimpulan

Itu dia tadi hal-hal keren yang bisa kamu lakukan jika punya superkomputer di rumah. Komputer adalah alat yang sangat luar biasa. Namun, yang perlu diperhatikan adalah komputer hanya alat. Alat akan menjadi berguna jika kita sebagai manusia bisa memanfaatkannya dengan baik.

Bagaimana menurut kamu? Silakan komentar dan share di bawah ini ya.

ARTIKEL TERKAIT

5 Efek Negatif dari Penggunaan Internet Sehari-hari

Benarkah DEEP WEB Itu Sangat Luas? Ternyata... (Part 1)

Manakah Yang Lebih Seram, Deep Web Atau Surface Web?

5 Fakta Mengejutkan Tentang Bahaya USB Type-C

APPS TERKAIT
Internet Download Manager 6.38 Build 2
Apps Tonec Inc.
Internet Speed Test 3G,4G,Wifi 2.0.9
Apps Optimal Software s.r.o.
Rocket VPN - Internet Freedom 1.4.1
Apps Liquidum Limited
Marbel Panduan Puasa 1.2.1
Apps Educa Studio
undefined
Kembali Keatas