11 Hal Ngangein Saat Sebelum Ada Internet, Cek Nomor 9!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Wednesday, 01 November 2017, 08:00
Kebayang gak bagaimana bedanya kehidupan sehari-hari sebelum ada internet dulu? Nah, ini 11 hal yang akan kamu rindukan pada zaman sebelum ada internet.

Kamu merasa nggak bahwa selain banyaknya barang-barang yang mulai tergantikan fungsinya oleh smartphone, dunia juga semakin gila internet! Kebayang nggak bagaimana bedanya kehidupan sehari-hari sebelum ada internet dulu?

Memang sih teknologi makin lama makin canggih. Menurut kamu, bergerak ke arah yang lebih baik atau lebih buruk? Tentu saja kita semua butuh teknologi, namun berikut ini adalah 11 hal yang akan kamu rindukan pada zaman sebelum ada internet.

BACA JUGA

    Kemarin Jaka pernah dapat undangan ke acara seorang teman. Bukannya menjamu dengan acara atau hidangan istimewa, yang istimewa dari acara yang diselenggarakannya adalah gratis WiFi!

    11 Hal Yang Akan Kamu Rindukan Pada Zaman Sebelum Ada Internet

    Yakin kamu gak merindukan hal-hal yang terjadi di kehidupan kamu saat sebelum ada internet dan teknologi smartphone? Coba ingat-ingat lagi.

    1. Kita beraktifitas di luar

    Masih ingat saat-saat menghabiskan waktu di luar menikmati sinar matahari di pagi hari, menghirup udara segar dan berlari di lapangan untuk berolahraga? Sekarang boro-boro. Kamu pasti lebih milih cek notifikasi smartphone pas bangun tidur, buka Instagram untuk cuci mata dan berbalas komentar di Facebook sebagai olahraga jari. Gara-gara internet.

    Belanja? Banyak toko online di Instagram, Facebook, hingga web yang khusus untuk mempermudah berbelanja. Mau transfer uang? Semua sudah ada di smartphone. Terus kapan jalan ke luar dan menikmati sengatan sinar mataharinya?

    2. Berinteraksi langsung dengan orang

    Masih ingat berapa banyak teman yang kamu miliki dulu sebelum kenal internet? Sedikit teman, tapi mereka menjadi teman terbaik kamu, bukan? Kamu jadi menghargai pertemanan dengan janjian, bertemu langsung dan beraktifitas bersama mereka.

    Berkat internet nambah teman sangat mudah. Kamu hanya perlu menekan tombol Tambah Sebagai Teman di Facebook, atau ikuti akun Twitternya, maka jadilah kamu berteman dengan 'orang' yang tidak kamu kenal sebelumnya. Tapi pernah gak kamu berinteraksi langsung dengan banyak orang yang kamu tambahkan atau ikuti tersebut?

    ADVERTISEMENT

    3. Tidak suka? Ngomong langsung lebih sopan

    Perbedaan pendapat dengan teman itu biasa, dan kamu bisa menyelesaikannya secara langsung dengan membicarakannya bersama teman kamu tanpa harus melibatkan orang lain. Tapi sekarang? Internet membawa kebebasan berpendapat ke tingkatan yang berbeda.

    Tidak suka terhadap sesuatu atau seseorang? Posting di Facebook, Path atau Twitter, lalu biarkan semua orang tahu kamu tidak suka terhadap seseorang. Untuk apa hal itu dilakukan? Tidak sopan. Kemana ya sopan santun seperti itu sejak ada internet?

    4. Buku telepon dan Yellow Pages

    Mengingat handphone zaman dulu hanya mampu menyimpan sedikit kontak, buku telepon sangat bermanfaat. Perlu nomer telepon bisa cek buku telepon atau Yellow Pages. Tapi sekarang semua nomer penting bisa dicek dan serba ada di Google. Apa kabar ya para penerbit Yellow Pages?

    5. Kita beli majalah

    Siapa di sini yang dulu sering berburu poster spesial yang dimuat oleh majalah atau tabloid? Jaka sering melakukannya. Bahkan mungkin kamu juga termasuk orang yang menempelkan beberapa potongan menarik baik itu gambar atau artikel dari majalah atau tabloid di tembok atau buku. Seru bukan? Bahkan kamu pasti bangga jika memiliki banyak koleksi majalah di rumah. Sejak ada internet, Jaka tidak pernah beli majalah. Jadi gak ada hal-hal seru yang bisa digunting dan koleksi yang dibanggakan di dalam kamar.

    6. Nonton TV bareng keluarga

    Pasti dulu pernah kamu alami, saat akhir pekan atau libur sekolah berkumpul bersama keluarga untuk menonton TV di ruang keluarga. Moment seperti ini akan membuat ikatan dengan keluarga semakin erat, karena bisa bercanda dan tertawa oleh hiburan yang dilihat bersama-sama. Sekarang? Alih-alih nonton TV bersama keluarga, mungkin kamu lebih suka streaming konten dari channel favorit kamu di YouTube. Jika pun nonton TV bareng keluarga, kamu pasti sibuk mengecek Facebook, posting di Path, atau berbalas pesan BBM, LINE, dan WhatsApp.

    7. Menunggu Pak Pos mengantar surat

    Dulu, saat akan mengirim surat, kamu harus pergi ke kantor pos, menutup amplop dengan lem dan membasahi perangko dengan menjilatnya. Setelah mengirim surat, kamu berhari-hari bahkan hingga berbulan-bulan menunggu balasan. Tidak kah kamu rindu aktifitas menunggu surat balasan yang diantarkan oleh Pak Pos? Kini semua surat bisa dibalas cepat lewat email. Bagi pelaku hobi korespondensi dan filateli, hal itu pasti sangat dirindukan.

    8. Jalan-jalan ke perpustakaan

    Sebelum ada internet, aroma khas dari perpustakaan akan menjadi sahabat khas bagi kamu saat harus mengerjakan tugas dari guru. Apalagi tuntutan tugas akhir yang banyak pasti akan membuatmu harus berlama-lama di perpustakaan untuk mencari banyak materi. Sebelum ada Google di era internet sekarang, ensiklopedia adalah buku hebat yang tahu segalanya. Kamu, kapan terakhir kali ke perpustakaan?

    9. Minta lagu di radio

    Sampe sekarang, masih banyak memang radio yang melayani aktifitas memutar lagu permintaan pendengarnya, namun tidak seasyik dulu. Sebelum ada internet, untuk mendengarkan lagu favorit, kamu bisa memintanya diputarkan di internet. Saat lagunya diputarkan dan salam-salam yang kamu titipkan dibacakan, rasanya seneng banget kan? Tapi sekarang, lagu favorit kamu bisa langsung diakses di YouTube atau men-download-nya, dan salam kamu bisa langsung disampaikan via Facebook atau Twitter.

    10. Konten khusus dewasa

    Apa kamu masih ingat dengan film dan buku yang hanya bisa dibeli jika kamu telah berumur 17 tahun ke atas? Film dan buku tersebut seolah eksklusif, sehingga harus keluar uang banyak jika ingin memilikinya. Sekarang, sejak ada internet kamu bisa mengakses konten khusus dewasa kapanpun dimanapun tanpa harus peduli dengan batasan umur.

    11. Ejaan yang benar

    Zaman sekolah dulu, kamu mungkin pernah belajar tentang Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Dan kamu pasti akan menggunakan ilmu yang kamu dapatkan dengan benar pada surat yang kamu tulis. Tapi sejak ada internet, selain meninggalkan aktifitas surat menyurat, ternyata muncul juga ejaan-ejaan baru yang mengikuti gaya dan kebutuhan komunikasi di internet.

    Singkatan baru banyak bermuculan sejak Twitter memperkenalkan batasan posting dalam 140 karakter. Apa kamu juga termasuk orang yang menyingkat "Sempat" menjadi "S4", dan "Setuju" menjadi "Se7"?

    Dari 11 aktifitas tersebut di atas, mana kah yang paling kamu rindukan? Jika kamu merindukannya juga, selamat datang di era Internet of Things.

    ARTIKEL TERKAIT

    JalanTikus Bagi-bagi Smartphone dan Uang Jutaan, Yuk Ikutan!

    APPS TERKAIT
    BlackBerry Messenger
    Apps BlackBerry
    LINE for Android 10.0.2
    Apps Naver
    Facebook 259.0.0.36.115
    Apps Facebook, Inc.
    Instagram 127.0.0.30.121
    Apps Instagram
    Kembali Keatas