Jadi Barang Antik, 7 Game Jadul Ini Harganya Bikin Kamu Tercengang

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 08 Juli 2018, 13:00
Salah satugame berjudul Nintendo PowerFest 94 yang dibuat khusus untuk kompetisi video game tahun 1994. Game tersebut pernah terjual dengan harga yang bikin kamu tercengang, yakni senilai $ 12 ribu atau setara dengan Rp170 juta, sebuah harga yang setara dengan sebuah mobil SUV.

Banyak dari game-game antik yang kini kembali menjadi buruan para kolektor game. Namun karena game-game tersebut sudah usang dan umurnya mungkin sudah berpuluh-puluh tahun, membuat beberapa game antik tersebut susah untuk dicari. Jikapun ada yang menjualnya, bisa dipastikan harganya akan melambung tinggi.

Beberapa game antik dari Nintendo kerap menjadi buruan para kolektor, salah satunya adalah game berjudul Nintendo PowerFest 94 yang dibuat khusus untuk kompetisi video game tahun 1994. Game tersebut pernah terjual dengan harga yang bikin kamu tercengang, yakni senilai $ 12 ribu atau setara dengan Rp170 juta, sebuah harga yang setara dengan sebuah mobil SUV.

Namun harga bukanlah masalah berarti bagi para kolektor game, karena mereka akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan game-game jadul nan antik tersebut. Bahkan ada juga sebuah game yang harganya hampir menyentuh satu miliar rupiah lho. Seperti 7 Game Jadul Ini yang Harganya Bikin Kamu Tercengang.

BACA JUGA
  • 12 Game Online Jadul yang Sudah Terlupakan
  • 7 Game Terbaik Untuk Orang Yang Benci Main Game

Jadi Barang Antik, 7 Game Jadul Ini Harganya Bikin Kamu Tercengang

1. Atlantis II ($ 6000)

Sumber foto: atariage.com

Atlantis II sebenarnya tidak jauh berbeda dari Atlantis yang pertama, hanya saja Atlantis II lebih mengoptimalkan agar pemain dapat menghasilkan skor yang lebih tinggi. Dalam game arcade ini kamu ditugaskan untuk melindungi kota Atlantis dari serangan udara dengan menggunakan tiga senjata. Namun akibat tingginya peminat membuat game ini menjadi langka, tak heran jika kala itu harganya sangat wow, yakni mencapai $ 6.000 atau setara dengan Rp85 juta.

2. Red Sea Crossing ($ 10.400)

Sumber foto: 8-bitcentral.com

Dalam game Red Sea Crossing kamu dituntut untuk mengendalikan Moses dari sisi kiri layar ke kanan sambil menghindari rintangan seperti rumput laut, kepiting, ular, dan pemanah dari bawah air. Game yang diciptakan untuk platform Atari 2600, konon menceritakan tentang kisah Nabi Musa yang menyebarangi laut merah, hal tersebut membuat game ini unik dan langka. Bahkan harga untuk satu copy berhasil terjual dengan harga $ 10.400 atau setara dengan Rp148 juta pada tahun 2012 silam.

3. Nintendo PowerFest '94 ($ 12.000)

Sumber foto: classicgamesblog.com retrocollect.com

Nintendo PowerFest '94 adalah game hasil kombinasi dari tiga judul yang berbeda dan diproduksi untuk kompetisi Nintendo PowerFest yang diadakan tahun 1994. Setelah kompetisi berakhir, semua 32 kartrid game tersebut harus dihancurkan, namun ada dua yang tidak dihancurkan dan salah satunya muncul di eBay beberapa tahun yang lalu dengan tawaran awal $ 50.000, tetapi tidak terjual. Kemudian diketahui seorang kolektor memebeli salah satu katrid game tersebut dengan harga $ 12.000 atau setara dengan Rp170 juta.

4. Nintendo World Championship ($ 21.400)

Sumber foto: mouse.latercera.com

Sebenarnya game Nintendo World Championship merupakan game khusus yang diciptakan untuk ajang perlombaan game internasional. Ajang perlombaan tersebut dilakukan di 29 kota dan didukung oleh Universal Studios. Kemudian pemenang mendapatkan katrid eklusif dari game yang tidak dipasarkan secara massal tersebut, bahkan saking langkanya Nintendo World Championships berhasil terjual dengan harga $ 21.400 atau setara dengan Rp304 juta. Dalam sebuah lelang game tersebut juga pernah ditawar dengan harga $ 100.000 lho.

5. Air Raid ($ 33,433)

Sumber foto: retrocollect.com

Air Raid diklaim oleh para kolektor game sebagai video game Atari paling langka yang pernah dibuat. Bahkan hanya ada satu salinan lengkap di dunia yang pernah terjual dengan harga $ 33.433 atau setara dengan Rp474 juta. Penjualannya adalah seorang pria bernama Harv Bennett, yang mendapatkan salinan lengkap game tersebut pada tahun 80-an dari seorang penjual.

ADVERTISEMENT

6. Stadium Events ($ 41,977)

Sumber foto: tunisia-sat.com

Tak hanya harganya yang bikin jantungan, game ini juga merupakan game paling berharga sepanjang masa. Awalnya Human Entertainment, selaku developer mengembangkan Stadium Events untuk Family Fun Fitness Bandai, yakni sebuah aksesori dari Nintendo yang mempromosikan kebugaran dengan mengharuskan pemain untuk berlari dan melompat untuk mengendalikan karakter di layar. Namun rupanya game tersebut dibuat eksklusif sehingga menjadi buruan kolektor dam harganya pun tak tanggung-tanggung, yakni sekiatar $ 42.000 atau setara dengan Rp595 juta.

7. Gamma Attack ($ 50.000)

Sumber foto: atariage.com

Gamma Attack mungkin hanya dimiliki oleh seorang pria bernama Anthony "Phantom" DeNardo. Hal tersebut membuat game ini sangat eklusif, bahkan tahun 2008 DeNardo pernah memasukan game tersebut ke situs eBay seharga $ 500.000 tetapi tidak ada peminat yang berani menawarnya. Racketboy, salah satu otoritas video game terkemuka memperkirakan bahwa harga Gamma Attack bernilai antara $ 20.000 dan $ 50.000 atau setara dengan Rp709 juta.

Akhir Kata

Itulah 7 Game Jadul Ini yang Harganya Bikin Kamu Tercengang. Bayangkan saja, kamu harus mengeluarkan uang sebanyak $ 50 ribu atau setara dengan Rp700 juta hanya untuk sebuab game jadul. Namum bagi para kolektor, nampaknya harga tersebut bukan masalah yang berarti.

ARTIKEL TERKAIT

Makin Canggih, 5 Teknologi Ini Akan Hadir di Tahun 2018!

5 Momen WTF Mobile Legends Paling Ngeselin dan Bikin Ngakak

Super Ngakak! 23 Ilustrasi Jika Superhero Punya Kerja Sampingan

5 Penyebab MOBA Jadi Genre Game Nomor 1 di Kalangan Gamer Saat Ini

Monas Bukan Maskot Jakarta, Cek 5 Fakta Unik Jakarta Ini Yuk!

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Plants vs. Zombies 2 7.9.3
Games EA Swiss Earl
TubeMate YouTube Downloader 3.2.14
Apps Tubemate
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
undefined
Kembali Keatas