Jangan Dibaca! 5 Fenomena Aneh Ini Pasti Belum Kamu Mengerti

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Sunday, 19 November 2017, 11:00
Banyak kejadian atau fenomena aneh sering dialami manusia, namun belum bisa dijelaskan hingga sekarang. Berikut Jaka ulas 5 fenomena aneh tersebut.

Dunia ini memang penuh dengan misteri. Berbagai kejadian atau fenomena aneh kerap terjadi dan menimpa siapa aja, termasuk diri kita. Bahkan, hingga memasuki tahun 2017 masih banyak fenomena-fenomena aneh yang belum terungkap kebenarannya.

Selama hidup, kamu tentunya pernah mengalami kejadian aneh yang kamu rasa berhubungan sama hal-hal gaib. Misalnya seperti mengalami kejadian yang kamu ingat pernah kamu alami sebelumnya. Momen itu pasti jadi terasa aneh bahkan cenderung menyeramkan buat beberapa orang.

Selain kejadian di atas, masih banyak lagi kejadian atau fenomena aneh yang terjadi di dunia ini lho. Berikut Jaka ulas lime fenomena aneh yang sering dialami orang namun belum dimengerti penyebab pastinya dan bagaimana proses terjadinya.

BACA JUGA
  • 5 Fenomena Internet Ini Sering Banget Bikin Kontroversi, Tapi Masih Aja Dilakuin
  • BBM Siap Antisipasi Fenomena 'Dark Social Sharing'

5 Fenomena Aneh yang Pasti Belum Kamu Mengerti

1. Deja Vu

Deja Vu. Itulah nama kejadian yang tadi sempat Jaka jadikan contoh. Deja Vu adalah keadaan di mana kamu seperti mengalami kejadian yang sama persis untuk kedua kalinya. Gak perlu takut saat kamu mengalaminya karena hal ini ternyata termasuk umum terjadi.

Berdasarkan penelitian di Inggris, dua dari tiga orang pasti pernah mengalami Deja Vu. Untuk dampaknya bagi kesehatan, belum ditemukan fakta ilmiah yang menunjukkan kalau orang yang mengalami Deja Vu terjangkit atau mengalami gejala penyakit tertentu.

2. Paradoks

Paradoks adalah sebuah istilah untuk menyebut sebuah kejadian yang tak berujung alias bagai rantaian yang gak ada habisnya. Intinya adalah, kamu terus mengalami kejadian yang sama secara berulang dengan hasil yang sama pula.

Hingga kini, belum ada penelitian yang bisa menjelaskan secara pasti mengenai paradoks. Hanya sebuah etimologi yang menyebutkan bahwa paradoks gak bisa dianggap benar atau salah. Dengan kata lain, seseorang yang mengalami kejadian berulang-ulang harus mengintrospeksi diri jika ingin merubah nasibnya.

3. Ketindihan

Kejadian atau fenomena aneh ini sering dan pasti dikaitkan dengan hal mistis atau gaib. Seseorang yang mengalami ketindihan biasanya dianggap kalau tidurnya diganggu makhluk halus. Makhluk tersebut menindih tubuhnya sehingga orang itu gak bisa bangun, bahkan membuka mata.

ADVERTISEMENT

Fenomena yang juga sering disebut lucid dream ini ternyata disebabkan murni karena orang itu sedang kelelahan alias kecapekan. Rasa lelah itu bikin otak dan jiwa gak sinkron. Hal itulah yang bikin orang itu terbangun, namun tubuhnya gak bisa bergerak sama sekali. Orang itu seakan bisa membuka mata dan melihat hal-hal aneh. Padahal, keadaan aslinya adalah matanya masih tertutup alias merem.

4. Inception

Mendengar kata di atas kamu pasti terbayang sebuah judul film, kan? Film karya Christopher Nolan ini memang cukup populer karena mengungkap sebuah fenomena aneh. Inception sendiri adalah momen di mana seseorang ingin menaruh pola pemikiran kepada orang lain melalui metode mimpi.

Cara yang paling sering kita lihat adalah hipnotis. Meski masih banyak yang meragukan kebenarannya, nyatanya terapi pemberian sugesti dan pengulangan kata-kata hingga masuk ke alam bawah sadar memang bisa terjadi dan dijelaskan secara ilmiah.

5. Karma dan Butterfly Effect

Kamu pasti sering mendengar istilah yang satu ini, kan? Karma dan butterfly effect memang istilah yang berbeda, namun punya makna yang sama. Inti dari dua istilah ini adalah jika kamu pernah berbuat jahat pada orang lain, maka kamu akan dijahati oleh orang lain suatu saat nanti. Pun begitu jika kamu berbuat kebaikan pada orang lain.

Butterfly effect sendiri nyaris serupa, namun punya skala lebih besar. Satu contoh misalnya seorang penyebar berita hoax mengenai terorisme yang kemudian di penjara karena beritanya viral. Setelah bebas dari hukuman, orang itu malah benar-benar jadi seorang teroris. Dampak yang bertumbuh bagaikan kupu-kupu itulah kenapa fenomena ini disebut butterfly effect.

Akhir Kata

Itulah lima kejadian atau fenomena aneh yang hingga kini masih jadi misteri. Meskipun beberapa diantaranya sudah diungkap oleh penelitian, tapi masih ada fenomena lainnya yang masih jadi perdebatan banyak orang. Kamu pernah mengalami salah satu dari fenomena di atas? Atau justru kelima-limanya? Sampaikan di kolom komentar ya.

Baca juga artikel seputar Aneh atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

Ternyata Ini 5 Game Paling FENOMENAL di Indonesia, Ada Favoritmu?

Jadi Fenomenal, 5 Video Game Ini Berubah Drastis Selama Perkembangannya

APPS TERKAIT
Simajo: The Travel Mystery
Games Ardik Didianto
Wakie: Talk to Strangers, Chat 4.3.5
Apps Wakie
The Silent Dark - Horror Game 2
Games
Horror in the Darkness 1.4.1
Games Karmic Shift Studios
Kembali Keatas