Jadi Ansos! 5 Dampak Negatif Ini Kamu Rasakan Jika Terlalu Sering Nonton Anime

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Sunday, 09 July 2017, 12:00
Menonton anime secara berlebihan justru akan memberikan dampak negatif pada diri kalian sendiri. Apa saja dampak negatif dari kebanyakan nonton anime? Berikut ini Jaka kasih tahu ulasannya.

Anime merupakan sebutan untuk serial animasi yang berasal dari Jepang. Anime sangat digemari khususnya oleh para remaja masa kini karena desain karakter dari anime itu sendiri yang terlihat imut, keren, dan cantik menurut mereka.

Hampir di seluruh negara, demam anime ini terus menjamur. Hal tersebut bisa terlihat dengan banyaknya para remaja dan juga orang dewasa yang terus-terusan menonton anime. Sebenarnya menonton anime itu sah-sah saja asalkan jangan berlebihan atau bahkan sampai kecanduan. Sebab menonton anime secara berlebihan justru akan memberikan dampak negatif pada diri kalian sendiri. Apa saja dampak negatif dari kebanyakan nonton anime? Berikut ini Jaka kasih tahu ulasannya.

BACA JUGA
  • 8 Film Animasi Ini Jadi Tanda Kalau Masa Kecil Kamu Bahagia Tanpa Sinetron Cinta-Cintaan

Jadi Ansos! 5 Dampak Negatif Ini Kamu Rasakan Jika Terlalu Sering Nonton Anime

1. Kebanyakan Mengkhayal

Foto: theodysseyonline.com

Salah satu dampak buruk dari kebanyakan nonton anime adalah membuat para penontonnya kebanyakan mengkhayal. Mengkhayal seperti apa? Yah, Jaka sering melihat anak-anak remaja yang bercerita seputar anime kemudian mulai mengkhayalkan jika mereka bisa menjadi seperti karakter anime tersebut, yang sebenarnya tidak mungkin terjadi. Ada pula yang mengkhayal memiliki kekuatan super dan lain sebagainya.

2. Menyebabkan Sifat Anti-Sosial dan Malas

Foto: twitter.com

Dampak lain yang diakibatkan karena terlalu sering menonton anime adalah membuat seseorang cenderung enggan bergaul dan lebih memilih menghabiskan waktu dengan menonton anime. Entah itu di rumah maupun di sekolah atau kampus, mereka lebih memilih menonton anime atau setidaknya membahas anime dengan sesama pencinta anime.

Yang lebih parah, sebagian dari mereka yang terlalu sering menonton anime juga menjadi malas untuk melakukan berbagai hal, mulai dari melakukan kegiatan sederhana seperti olahraga, membantu orang tua di rumah, dan lain sebagainya. Bahkan saat pelajaran atau mata kuliah berlangsung, ada juga yang justru lebih memilih menonton anime dibandingkan memperhatikan apa yang dijelaskan guru atau dosen.

3. Merusak Jam Tidur

Foto: flickr.com

Kebanyakan orang yang menonton anime juga sering sekali menonton anime hingga larut malam dan bahkan ada yang rela begadang semalam suntuk untuk menyelesaikan sebuah seri anime. Tentu saja hal seperti ini dapat merusak jam tidur kalian.

4. Bikin Otak Jadi Ngeres Atau Mesum

Foto: anime.reactor.cc

Salah satu genre anime yang cukup terkenal adalah genre ecchi yang kebanyakan kontennya berisikan adegan atau gambar karakter anime yang seksi dan memancing nafsu pria. Nah, banyak sekali fakta di lapangan yang menunjukkan kalau mereka yang sering menonton genre ecchi ini juga sering mengkhayalkan adegan atau gambar karakter anime yang seksi tersebut. Bahkan ada yang sering kali memandang kaum wanita dengan tatapan mesum atau mengeluarkan kata-kata dengan unsur mesum dan sebagainya.

5. Menyebabkan Alay

Foto: wired.com

Dampak lain yang muncul karena kebanyakan nonton anime adalah perilaku alay. Perilaku alay yang Jaka maksud adalah meniru gerakan-gerakan karakter di anime, seperti lari ala Naruto atau Shingeki no Kyojin agar terlihat keren. Padahal yang seperti justru terlihat aneh jika dilihat dari sudut pandang orang lainnya.

ADVERTISEMENT

Itulah tadi 5 dampak negatif dari menonton anime, semoga bermanfaat dan dapat menjadi bahan introspeksi kita bersama. Menonton anime sebenarnya tidak salah, yang salah adalah jika kalian menonton anime terlalu sering sehingga menyebabkan munculnya dampak negatif seperti yang sudah Jaka jelaskan. Akhir kata, pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar dan share ke teman-teman kalian ya.

ARTIKEL TERKAIT

Meski Kurang Populer, 5 Anime Ini Ternyata Punya Jalan Cerita Yang Bagus Banget

APPS TERKAIT
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Clash of Clans 13.0.31
Games Supercell
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Kembali Keatas