Cangkir dan Pesawat Anti Gravitasi Ini Pasti Akan Membuat Kamu Melongo!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 06 September 2016, 13:00
Ada beberapa benda yang dibuat khusus untuk menentang hukum alam ini. Benda-benda tersebut dapat melayang atau sama sekali tidak tertarik gaya gravitasi. Penasaran? Ini dia karya-karya anti gravitasi.

Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta, contohnya di Bumi. Sejak kecil, kita pasti sudah diajari bahwa bagaimana cara kerja gravitasi yang ada di Bumi. Setiap kita melempar suatu benda atau melepaskan benda dari ketinggian tertentu, benda tersebut pasti akan jatuh karena adanya gaya gravitasi.

Mungkin sebagian besar dari kamu berpikir bahwa tidak ada yang bisa menentang gaya gravitasi. Tapi, ada beberapa benda yang dibuat khusus untuk menentang hukum alam ini. Benda-benda tersebut dapat melayang atau sama sekali tidak tertarik gaya gravitasi. Penasaran? Ini dia karya-karya anti gravitasi.

BACA JUGA
  • Video Musik Anti-Gravitasi Pertama di Dunia Ini Pasti Bikin Kamu Tercengang!
  • 25 Hasil Foto Editan 'Anti Gravitasi' Menakjubkan Karya Master Photoshop Indonesia
  • VIDEO Unik Ini Menunjukkan Betapa Kerennya Ilusi Gravitasi

6 Karya Unik Anti Gravitasi

1. Zero Gravity Cup

Pernahkah kamu mendengar cangkir anti gravitasi atau cangkir berdiri miring? Ini buka sulap bukan sihir. Cangkir ini memang dapat berdiri miring hingga kemiringan 30 derajat. Kenapa ya bisa begitu? Ternyata cangkir ini menggunakan suspensi elektromagnetik. Agar cangkir dapat melayang, terdapat kekuatan magnet yang ada di antara cangkir dan alas cangkir itu sendiri. Magnet yang ada di bawah cangkir akan saling tolak menolak. Itulah kenapa cangkir bisa melayang seperti itu. Keren ya.

2. Zero Gravity House

Rumah ini bukanlah sembarangan rumah. Rumah ini dibuat dan didesain tanpa menganut hukum gravitasi. Rumah anti gravitasi ini dapat berputar setiap jamnya. Bahkan, ketika kamu masuk kamu tidak akan tahu mana yang bawah mana yang atas. Kamu akan merasakan posisi yang berbeda dan berjatuhan satu sama lainnya di rumah ini. Ide rumah anti gravitasi ini dibuat oleh seorang arsitektur Jimenez Lai yang terinspirasi dari salah satu komiknya sendiri, Phalanstery Module. Disarankan jangan membawa makanan dan minuman terbuka ke rumah ini ya.

3. Sepatu Michael Jackson

Siapa yang tidak tahu Michael Jackson? Ia terkenal sebagai 'King of Pop' pada masanya hingga sekarang. Salah satu andalannya ketika manggung ialah berdansa moonwalk dan berdiri dengan kemiringan 45 derajat. Mungkin di antara kamu masih bingung gimana sih cara Michael Jackson bisa berdiri sampai kemiringan 45 derajat. Jawabannya bukanlah kemampuan atau teknik dirinya sendiri, melainkan dari sepatunya.

Bagaimana cara kerjanya? Jadi, bagian tapak sol belakang ada celah yang dapat tersambung dengan lantai panggung. Michael Jackson harus memajukan sepatunya sambil sedikit menekannya. Setelah otomatis terkunci, Michael Jackson dapat mencondongkan tubuhnya sampai 45 derajat tanpa takut terjatuh. Dan saat ingin melepaskannya, Michael Jackson cukup menggeser sedikit sepatu ke belakang. Tentu saja penggunaan sepatu anti gravitasi ini harus sesuai dengan desain lantai panggung yang sudah disiapkan sebelumnya.

4. Ilusi Optik Anti Gravitasi

Sebuah ilusi optik anti gravitasi yang diciptakan Koukichi Sugihara dari Institut Meiji, Jepang. Ilusi optik yang sekaligus menjadi terlihat seperti melawan gaya gravitasi ini memperlihatkan beberapa buah kelereng yang terlihat naik. Padahal, sebenarnya benda tersebut hanya memainkan ilusi kita jika dilihat dari sudut tertentu. Untuk lebih jelasnya kamu bisa tonton video di bawah ini.

5. Kendaraan Anti Gravitasi

Kita mungkin sering melihat kendaraan melayang tanpa roda di kartun-kartun Jepang, contohnya Doraemon. Mungkin saja kita berpendapat, ah cuma film kartun. Tapi, akhir-akhir ini telah ditemukan inovasi baru dalam dunia otomotif, yaitu mobil melayang atau anti gravitasi. Konsep mobil ini diciptakan salah satu produsen mobil asal Jerman, Volkswagen. Mobil ini diberi nama Hover Car. Mobil luar biasa tersebut merupakan hasil akhir dari kontes China dimana mereka para peserta diminta untuk membuat suatu karya baru tentang 'mobil rakyat' yang sempurna.

Hover Car mampu melayang setinggi 0,2 sampai 0,5 meter di atas permukaan tanah. Mobil ini mampu melayang karena menggunakan jaringan jalan elektromagnetik dengan prinsip gaya magnet tolak-menolak ketika berhadapan dengan kutub yang sama. Sayangnya, Hover Car hanya mampu digunakan dan melayang di jalan-jalan tertentu yang sudah diberi jaringan elektromagnetik sebelumnya. Namun, hal ini bisa menjadi lompatan besar untuk menggapai impian kendaraan melayang dengan sempurna.

6. Zero Gravity Plane

Zero Gravity Corporation (ZERO-G) adalah perusahaan produsen pesawat komersial asal Amerika yang bertempat di Arlington, Virginia, formerly of Fort Lauderdale, Florida. Pesawat ini sangat berbeda dari pesawat pada umumnya. Zero-G merupakan satu-satunya pesawat tanpa gravitasi. Jika kamu berada dalam pesawat ini, kamu akan melayang-layang seperti di luar angkasa.

Bagaimana cara kerjanya? Jadi, pertama-tama pesawat ini akan terbang naik sampai ketinggian 34.000 kaki. Setelah itu, pesawat akan turun menukik dengan sudut kemiringan hingga 42 derajat. Nah, pada saat itulah gravitasi di pesawat akan mendekati 0 (nol) atau mendekati 0 (nol).

Itulah beberapa karya unik anti gravitasi yang melawan hukum alam di Bumi ini. Keren ya. Jangan lupa juga tulis pendapat kamu di kolom komentar tentang karya-karya di atas ya.

ADVERTISEMENT
ARTIKEL TERKAIT

NGERI! Inilah 7 Lubang Misterius yang Ada di Muka Bumi!

Satelit Facebook Meledak, Ini Penyebabnya

10+ Hal GRATIS di Internet yang Harus Kamu Coba!

Inilah 10 Smartphone Android yang Dibuat Khusus untuk Game Berat

5 Merek Smartphone yang Paling Diminati di Asia Tenggara

APPS TERKAIT
GravityBox (JB) 3.4.0
Apps C3C076
Gravity Screen - On / Off 2.3.1
Apps Plexnor
Gravity Guy 2 1.0.2
Games Miniclip.com
Google Earth for Android 8.0.2.2334
Apps Google Inc.
undefined
Kembali Keatas