Canggih! Robot Cheetah Ini Bisa Melompati Rintangan

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Sunday, 31 May 2015, 07:53
Teknologi sekarang ini semakin canggih. Banyak teknologi baru yang diciptakan oleh ilmuwan di dunia, diantaranya yang satu ini. Universitas riset swasta yang berbasis di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat, yakni Massachusetts Institu

Teknologi sekarang ini semakin canggih. Banyak teknologi baru yang diciptakan oleh ilmuwan di dunia, di antaranya yang satu ini. Universitas riset swasta yang berbasis di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat, yakni Massachusetts Institute of Technology (MIT) menciptakan robot cheetah yang mampu melompati rintangan layaknya kuda yang terlatih.

Dalam video di channel YouTube milik MIT, terlihat robot yang memiliki empat kaki itu berlari dan melompati rintangan yang cukup tinggi, hampir setengah tingginya robot itu sendiri.

Menariknya, saat proses pengujian robot dapat berlari dengan lincah tanpa menggunakan tali atau kontrol apapun yang terhubung ke badannya. Saat melompat dan mendaratkan kakinya kembali ke lantai, robot tidak kehilangan keseimbangan dan dapat berlari kembali dengan lancar.

MIT mengklaim, robot cheetah buatannya merupakan "robot berkaki empat" pertama di dunia yang dapat berlari dan melompati rintangan dengan sendirinya. Diduga, MIT masih akan mengembangkan teknologi robotnya hingga Ia dapat melompati dinding yang lebih tinggi dengan mesin yang lebih canggih.

Terbayang, jika kita dikejar oleh robot cheetah ini dan masuk ke gang, maka kita harus melupakan cara menghalanginya dengan tong sampah, karena itu tidak akan memperlambat dia berlari. Penasaran? Simak videonya di bawah ini:

Artikel Menarik Lainnya:

Kembali Keatas