Duh Ngeri! 7 Black Hat Hacker Ini Terkenal Karena Kejahatannya

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 13 Agustus 2017, 13:00
White hat hacker merupakan para peretas yang melakukan kegiatannya untuk menguji dan merancang keamanan sebuah sistem, sedangkan black hat hacker, melakukan peretasan atau pembobolan suatu sistem yang bertujuan mendapatkan keuntungan untuk

Dalam dunia peretasan, Hacker terbagi menjadi dua kelompok, yaitu white hat hacker dan black hat hacker. White hat hacker merupakan para peretas yang melakukan kegiatannya untuk menguji dan merancang keamanan sebuah sistem, sedangkan black hat hacker, melakukan peretasan atau pembobolan suatu sistem yang bertujuan mendapatkan keuntungan untuk dirinya sendiri atau orang lain.

Dalam dunia black hat hacker, ada beberapa nama peretas yang terkenal paling jahat dalam melakukan aksinya. Jaka telah menyusun 7 Black Hat Hacker Yang Terkenal Paling Jahat. Berikut ulasannya.

BACA JUGA
  • 10 Hacker yang Paling Berbahaya Sepanjang Masa
  • Teman Ditangkap, Hacker Suarakan Ketidakadilan di Indonesia!
  • Biar Aman! Cara Membuat Senjata Flashdisk Penangkal Hacker

Duh Ngeri! 7 Black Hat Hacker Ini Terkenal Karena Kejahatannya

1. Dark Dante

Gambar: Toptenz

Kevin Poulsen atau yang lebih dikenal dengan sebutan Dark Dante, merupakan seorang black hat hacker terkenal pada tahun 80-an. Ia mendapat pengakuan setelah melakukan hacking pada acara undian yang diadakan sebuah stasiun radio, dan memenangkan hadiah mobil mewah.

Setelah itu ia pun terus melakukan kejahatan hacking, hingga akhirnya menjadi buronan FBI. Penipuan, pencucian uang, hingga pencurian data penting FBI, membuat ia dicari - cari oleh kepolisian. Akhirnya ia pun tertangkap dan dijatuhi hukuman penjara selama 4 tahun 3 bulan. Kini Kevin telah bertaubat dan bekerja sebagai editor senior untuk Wired News.

2. Gary McKinnon

Gambar: Alchetron

Tahun 2002, muncul sebuah pesan aneh di layar komputer milik Angkatan Darat Amerika Serikat. Pesan itu berbunyi, _ sistem keamanan anda omong kosong. _ Tak lama kemudian, itu diidentifikasi sebagai ulah dari seorang administrator sistem asal Skotlandia, Gary McKinnon.

Gary McKinnon sendiri mengidap Asperger, yang merupakan bentuk Autisme paling parah. Di mana penderita akan kesulitan dalam hubungan sosial, namun pada suatu topik tertentu memiliki kecerdasan yang luar biasa. Gary tercatat sebagai pelaku tindakan hacking terbesar yang pernah menyerang jaringan komputer pemerintah Amerika Serikat, mulai dari Angkatan Darat, Laut, Udara, dan NASA. Ada sekitar 97 komputer dan menyebabkan kerugian 7 milyar rupiah. Yang menarik adalah motif Gary melakukan peretasan, karena merasa pemerintah Amerika menyembunyikan informasi tentang adanya UFO dan Alien.

3. c0mrade

Gambar: Hackagon

Jonathan James atau yang kebih dikenal dengan nama c0mrade, menjadi remaja pertama yang dipenjara karena kasus peretasan dalam sejarah Amerika Serikat. Pada usia 15 tahun, ia melakukan hacking pada sistem pemerintahan dengan keamanan tingkat tinggi seperti NASA dan Departemen Pertahanan. Ia dilaporkan telah mencuri perangkat lunak bernilai 17 milyar rupiah.

Selain itu ia juga menyusup ke Defence Threat Reduction Agency, dengan mencegat lebih dari 3.000 pesan rahasia karyawan DRTA, sambil mengumpulkan banyak nama pengguna dan kata sandi. Sayangnya pada tahun 2008 di usianya yang ke 25, ia melakukan tindakan bunuh diri.

ADVERTISEMENT

4. Vladimir Levin

Gambar: Bayanbox

Pada tahun 1994 dengan hanya menggunakan sebuah laptop dari kamar apartemennya di Rusia, Vladimir Levin mentransfer uang sebesar 10 milyar rupiah yang berasal dari nasabah Citibank di seluruh dunia, yang ditujukan ke rekening pribadinya. Ia pun akhirnya ditangkap dan dijatuhi hukuman di Amerika Serikat.

Pada masa percobaannya di tahun 1997, Vladimir dikatakan telah mengkoordinasikan serangan hacking pada internet bank untuk pertama kalinya.

5. Robert Morris

Gambar: Washington Post

2 November 1988, Robert Morris merilis virus 'Worm ** yang merusak sepersepuluh dari sistem internet dan melumpuhkan lebih dari **6000 sistem komputer. Setelah itu, tak butuh waktu lama, Morris pun berhasil dilacak dan ditangkap oleh pihak kepolisian.

Morris pun menyesali aksinya, karena telah menyebabkan kerugian hingga 15 milyar rupiah. Ia pun dikenakan undang - undang penipuan dan penyalahgunaan komputer. Namun ia hanya menjalani hukuman bekerja sosial. Kini Morris telah bertaubat dan bekerja di Massachusetts Institute of Technology.

6. Adrian Lamo

Gambar: Wikimedia

Dijuluki sebagai ** hacker tunawisma **, Adrian Lamo menggunakan fasilitas komputer di kedai kopi, perpustakaan, dan kafe internet. Adrian dikenal luas setelah ia melakukan serangan ke beberapa jaringan komputer dengan profil tinggi seperti The New York Times, Microsoft, Yahoo!, dan MCI WorldCom.

Tahun 2002, ia menambahkan namanya ke database internal sumber ahli The New York Times dan memanfaatkan akun LexisNexis untuk melakukan penelitian terhadap subyek berprofil tinggi. Ia pun kemudian ditangkap oleh kepolisian atas tindakannya, dan dijatuhi hukuman tahanan rumah di rumah orang tuanya. Kini Adrian bekerja sebagai analis ancaman keamanan sistem dan menyumbangkan waktu dan keahliannya di sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Sacramento.

7. David Smith

Gambar: Purbat

David Smith, terkenal sebagai pembuat virus e-mail, Melissa. Smith mengklaim bahwa virus Melissa tidak pernah dimaksudkan untuk menyebabkan kerusakan, namun sarana propagasinya sederhana, setiap komputer yang terinfeksi mengirimkan beberapa e-mail yang terinfeksi juga.

Melissa sendiri berasal dari nama seorang penari latar yang ditemui Smith saat melakukan perjalanan ke Florida. Lebih dari 60.000 virus telah ditemukan, dan Smith pun dijebloskan ke penjara federal di Amerika Serikat.

Itulah 7 Black Hat Hacker Yang Terkenal Paling Jahat. Jadi menurutmu yang manakah yang paling jahat? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini ya!

ARTIKEL TERKAIT

Apakah Kamu Bisa Menebak Nama Asli Karakter Superhero Berikut Ini?

22 Ilustrasi Tentang Manusia dan Hewan yang Pasti Bikin Kamu Ketakutan

Ternyata Foto Dalam Air Itu Sudah Ada Sejak 1938, Ini 10 Buktinya!

Bukan Naruto! Ini 5 Live Action Anime yang Paling Ditunggu di Tahun 2017

7 Hoax Video Game Ini Sukses Membodohi Gamer Bertahun-tahun, Kamu Kena Juga?

APPS TERKAIT
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
undefined
Kembali Keatas